Terbit: 4 Desember 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Sudah menjadi rahasia umum jika bermain ponsel sebelum tidur tidak baik bagi kesehatan. Tak hanya bisa mengganggu waktu tidur, pakar kesehatan menyebut hal ini ternyata bisa menyebabkan peningkatan risiko diabetes. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Hobi Bermain Ponsel Sebelum Tidur, Gula Darah Bisa Naik

Dampak Bermain Ponsel Sebelum Tidur

Salah satu pemicu utama dari datangnya diabetes adalah meningkatnya kadar gula darah. Masalahnya adalah gaya hidup yang buruk bisa menjadi pemicu dari hal ini. Tak hanya pola makan yang buruk seperti sering mengonsumsi makanan atau minuman dengan kandungan kalori dan gula tinggi, kebiasaan memainkan ponsel sebelum tidur ternyata juga bisa menyebabkan dampak yang sama. Fakta ini terungkap dari penelitian yang dipublikasikan dalam Medical Daily.

Dalam penelitian yang hasilnya diunggah dalam jurnal Physiology and Behavior ini, disebutkan bahwa paparan cahaya layar ponsel di malam hari atau sebelum tidur bisa menyebabkan peningkatan kadar gula darah dengan signifikan.

“Bahkan, meskipun kita sudah menurunkan level cahayanya sehingga tidak begitu menyilaukan mata, paparan cahaya dari layar peralatan elektronik ini sudah cukup untuk memberikan dampak buruk bagi kondisi kesehatan kita,” ucap salah satu peneliti yang terlibat, Kathryn Russart dari Ohio State University Wexner Medical Center Columbus.

Russart menyebut cahaya layar ponsel di malam hari atau sebelum tidur bisa menyebabkan gangguan endokrin. Hal ini juga akan mengacaukan ritme sirkadian tubuh. Hal ini membuat sistem yang ada di dalam tubuh kebingungan dan akhirnya menurunkan kualitas tidur dengan signifikan. Masalahnya adalah gangguan endokrin juga bisa memicu kenaikan kadar gula darah.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

“Paparan cahaya ponsel atau peralatan elektronik lainnya seperti televisi dan laptop bisa mengacaukan jam biologis tubuh dan akhirnya memicu ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. Hal inilah yang kemudian berimbas menjadi lonjakan kadar gula darah.

Sebaiknya memang kita tak lagi menggunakan ponsel atau peralatan elektronik lainnya beberapa jam sebelum tidur demi mencegah datangnya masalah kesehatan.

Berbagai Dampak Lain yang Bisa Didapatkan Jika Bermain Ponsel Sebelum Tidur

Selain kekacauan kadar gula darah, pakar kesehatan menyebut ada beberapa dampak kesehatan lain yang bisa kita dapatkan jika terbiasa memainkan ponsel sebelum tidur.

Berikut adalah dampak-dampak tersebut.

  1. Otak yang Lelah

Berlebihan memainkan ponsel bisa mempengaruhi kondisi otak dengan signifikan. Otak yang terus dipaksa untuk mengolah informasi saat kita memainkan ponsel akan mengalami kelelahan. Meski kita sudah mematikannya, terjadi kekacauan hormon yang akhirnya membuat kita tidak bisa segera tidur. Otak pun akhirnya kekurangan waktu tidur dan mengalami kelelahan.

  1. Bisa Menyebabkan Gangguan Mata

Sudah menjadi rahasia umum jika berlebihan memainkan ponsel bisa menyebabkan kerusakan mata. Apalagi jika kita memainkannya sebelum waktu tidur dengan cahaya yang cenderung gelap. Hal ini bisa membuat mata menjadi tegang dan akhirnya menyebabkan datangnya gangguan penglihatan seperti rabun atau katarak.

  1. Meningkatkan Risiko Obesitas

Kekacauan waktu tidur akibat terlalu sering menggunakan ponsel di malam hari bisa membuat kita lebih mudah merasa lapar di tengah malam. Jika kita menuruti rasa lapar ini, akan membuat asupan kalori harian menjadi lebih dari yang dibutuhkan dan akhirnya membuat berat badan naik. Risiko untuk terkena masalah obesitas pun akan semakin meningkat.

  1. Menyebabkan Gangguan Saraf

Terlalu sering memainkan ponsel bisa menyebabkan datangnya gangguan saraf, khususnya pada tangan dan mata.

  1. Bisa Memicu Depresi

Penggunaan ponsel dengan berlebihan bisa menyebabkan peningkatan risiko depresi. Jika kita juga kurang tidur, maka risiko untuk mengalami masalah yang sama juga akan semakin meningkat.

 

Sumber:

  1. Malicdem, Darwin. 2019. Using Your Smartphone Before Bedtime Increases Blood Sugar Levels. medicaldaily.com/using-smartphone-bedtime-increases-blood-sugar-levels-446645 (Diakses pada 4 Desember 2019).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi