Polusi Udara Sebabkan Kolesterol Tinggi?

Doktersehat-bahaya-polusi-udara

DokterSehat.Com– Polusi udara ternyata tidak hanya buruk bagi kesehatan paru-paru. Sebuah penelitian yang dilakukan di University of California Los Angeles (UCLA), Amerika Serikat menghasilkan fakta bahwa paparan polusi udara bisa membuat kolesterol baik di dalam tubuh ‘berubah’ menjadi kolesterol jahat. Hal ini akhirnya merusak kesehatan pembuluh darah sekaligus meningkatkan risiko terkena penyakit jantung.

Dalam penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal berjudul Arteriosclerosis, Thrombosis and Vascular Biology ini, disebutkan bahwa tikus percobaan yang sering terpapar asap gas buang kendaraan mengalami kerusakan oksidatif pada liver dan darahnya. Kerusakan ini tidak bisa diperbaiki meskipun tikus ini dipindah ke ruangan dengan udara yang jauh lebih bersih.

Dr. Jesus Araujo dari David Geffen School of Medicine UCLA menyebutkan bahwa polusi udara memang bisa memberikan efek buruk bagi kolesterol baik atau HDL. Polusi udara bisa membuat jalur oksidasi internal tubuh aktif dan akhirnya memicu inflamasi atau pengerasan pembuluh darah arteri.

Partikel gas buang dari asap kendaraan juga disertai dengan bahan kimia berbahaya yang termasuk dalam radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan tubuh karena mampu menyebabkan peradangan dan akhirnya meningkatkan risiko terkena kolesterol tinggi, stroke, dan penyakit jantung.

Ada baiknya memang kita memakai masker saat berada di jalan raya, apalagi jika kita tinggal di kota besar yang penuh dengan polusi udara. Selain itu, selalu terapkan gaya hidup sehat seperti menjaga pola makan dan rajin berolahraga demi menjaga keseimbangan kadar kolesterol dalam tubuh.

Halo, Teman Sehat!

Anda diundang ke #AksiSehatCeria bersama DokterSehat di Ciputra Medical Center, Lotte Shopping Avenue Lt. 5, Jakarta Selatan pada hari Sabtu, 15 September 2018 pukul 10.00 – 13.00 WIB.

Yuk, datang dan ikut donor darah + health talk*, lomba blog berhadiah jutaan rupiah, dan dapatkan merchandise keren. GRATIS!

*Registrasi: http://bit.ly/AksiSehatCeria