7 Manfaat Pole Dance, Tarian yang Mirip Striptis

pole-dance-doktersehat

DokterSehat.Com – Anda pasti sudah familiar dengan tari striptis (striptease dance), bukan? Lantas, bagaimana dengan pole dance? Ya, keduanya secara gerakan bisa dibilang mirip, pun medium tumpuannya yang berupa tiang. Sebelum berprasangka negatif, ketahui dulu bahwa pole dancing adalah jenis olahraga yang bermanfaat bagi tubuh. Apa itu pole dance? Apa manfaat pole dance bagi kesehatan tubuh?

Apa Itu Pole Dance?

Pole dance adalah jenis olahraga senam  yang menggunakan medium tiang sebagai tumpuan tubuh saat melakukan gerakan senam.

Sejarah menuliskan bahwa pole dance sudah ada dari sekitar 800 tahun yang lalu, tepatnya di Maharashtra, India. Saat itu, pole dance adalah bagian dari metode latihan para pegulat. Namun alih-alih tiang yang digunakan terbuat dari besi, tiang pole dancing ‘lawas’ yang dikenal dengan sebutan ‘Mallakhamb’ tersebut berbahan kayu dengan diameter kurang lebih 55 sentimeter.

Pole dance adalah olahraga yang memadukan antara gerakan senam, tari, dan juga akrobat. Anggapan banyak orang bahwa pole dancing adalah nama lain dari tari striptis didasari fakta bahwa olahraga ini juga menggunakan tiang untuk tempat bertumpunya tubuh. Pole dance saat ini masuk ke dalam cabang olahraga senam dengan induk organisasi bernama International Pole Dance Fitness Association (IPDFA).

Manfaat Pole Dance bagi Kesehatan Tubuh

Stigma negatif yang melekat pada pole dance membuat banyak orang, terutama kaum wanita, enggan untuk melakukan olahraga yang satu ini. Padahal, ada banyak manfaat yang bisa didapat dari pole dancing.

Berikut adalah sejumlah manfaat pole dance bagi kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Membentuk dan Mengencangkan Otot

Manfaat pole dance yang pertama adalah membentuk dan mengencangkan otot-otot tubuh, terutama otot tangan, perut, dan kaki.

Hal ini tak lain karena saat melakukan pole dance, tangan dituntut untuk menggenggam tiang dengan erat baik saat melakukan gerakan memutar, memanjat, hingga menahan tubuh agar jangan sampai terjatuh.

Seorang instruktur pole dance bernama Tracy Traskos bahkan mengatakan jika olahraga ini lebih berat namun lebih efektif ketimbang latihan untuk membentuk dan mengencangkan otot lainnya, terutama otot bisep.

2. Melatih Kelenturan Tubuh

Selain untuk memperkuat otot tubuh, manfaat pole dance juga untuk melatih kelenturan. Ini karena pole dance juga diisi dengan gerakan senam yang mengharuskan tubuh untuk menekuk dan meliuk-liuk pada tiang sesuai dengan arahan instruktur dan irama musik pengiring.

Bahkan, aktivitas pemanasan sebelum melakukan olahraga ini pun terdiri dari gerakan stretching untuk meregangkan otot-otot tubuh sehingga tubuh bisa bergerak lebih fleksibel.

3. Melatih Koordinasi Tubuh

Semua gerakan pole dancing dilakukan dengan alunan musik pengiring. Anda diharuskan untuk menyesuaikan antara gerakan tubuh dengan irama musik yang diputar oleh instruktur.

Secara tidak sadar, hal ini mendatangkan manfaat pole dance lainnya yang tak kalah penting yaitu melatih dan meningkatkan koordinasi tubuh Anda. Selain gerakan tubuh yang lebih terkoordinasi, tubuh pun diharapkan menjadi lebih lincah pasca melakukan olahraga ini.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang sedang dalam program menurunkan berat badan, salah satu metode latihan yang bisa dilakukan adalah pole dance.

Melakukan pole dance dengan diimbangi oleh sejumlah aktivitas untuk membakar lemak lainnya disebut-sebut efektif membakar sekitar 250 kalori.

Klaim ini bukannya tanpa bukti. Seorang pemilik klub pole dance di Atlanta, AS, bernama Angela Edwards menuturkan jika ada salah satu peserta di klubnya yang berhasil mendapatkan bentuk badan ideal dalam waktu sekitar 8 bulan.

Akan tetapi perlu diingat, efektivitas pole dancing dalam menurunkan berat badan harus ditunjang dengan aktivitas  sehat lainnya mulai dari olahraga jenis lain hingga pola diet sehari-hari.

5. Mengatasi Nyeri Otot

Melakukan pole dance secara rutin juga disebut-sebut dapat membantu Anda dalam mengatasi gejala nyeri pada otot-otot tubuh.

Manfaat dari pole dance ini dikarenakan olahraga tersebut terdiri dari gerakan-gerakan yang berfungsi untuk menguatkan otot tubuh, mulai dari otot inti hingga otot bagian atas dan bawah. Contoh gerakan yang menghasilkan manfaat pole dance untuk mengatasi nyeri tubuh adalah headstand. Gerakan ini diklaim dapat mengatasi nyeri pada area leher.

Klaim manfaat pole dance dalam mengatasi nyeri otot juga didasari oleh kenyataan bahwa ‘saudara’ tari striptis tersebut membuat pegiatnya melakukan banyak variasi gerakan selama latihan berlangsung. Tubuh yang senantiasa aktif bergerak tak hanya membuatnya bugar, namun juga tidak mudah mengalami nyeri otot bahkan terhindar dari radang sendi.

6. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Dari segi mental, manfaat pole dance adalah untuk meningkatkan rasa percaya diri.

Pole dancing sama halnya seperti jenis olahraga lainnya. Melakukan olahraga ini turut membantu pelepasan hormon endorfin di dalam tubuh. Hal ini tentu saja akan menimbulkan perasaan senang pada diri Anda sehingga turut memengaruhi suasana hati.

Selain itu, mengingat gerakan pole dance ini terbilang sulit dan butuh latihan yang cukup keras, maka ketika Anda sudah bisa melakukan seluruh gerakan dengan baik akan timbul perasaan bangga pada diri sendiri.

Perasaan bangga tersebutlah yang lantas berdampak pada meningkatnya rasa percaya diri Anda. Kepercayaan diri sesungguhnya diperlukan guna menunjang pengembangan diri Anda, dan tentunya juga untuk membuat tubuh tampak sehat dan awet muda.

7. Meredakan Stres

Selain meningkatkan rasa percaya diri, manfaat pole dance bagi kesehatan mental lainnya adalah untuk meredakan stres.

Lagi-lagi,  hal ini dikarenakan pole dance membantu pelepasan hormon endorfin atau hormon ‘bahagia’ di dalam tubuh. Tak hanya itu, aktivitas senam yang dilakukan secara bersama-sama dengan peserta lainnya juga akan membuat Anda ceria hingga tak sadar rasa stres hilang begitu saja.

Itu dia informasi mengenai pole dance yang perlu Anda ketahui. Pastikan untuk mengikuti arahan instruktur agar terhindar dari risiko cedera. Pun, imbangi juga pole dancing  dengan aktivitas sehat lainnya agar tubuh semakin bugar. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

 

Sumber:

  1. Anonim. 2017. Health Benefits of Pole Dancing. https://www.polefitfreedom.com/health-benefits-of-pole-dancing/ (Diakses pada 10 September 2019)
  2. Anonim. History of Pole. https://ipdfa.com/about/history-of-pole/ (Diakses pada 10 September 2019)
  3. Borelli, L. 2013. Pole Dancing Fitness: Weight Loss And Other Health Benefits Of Pole Exercises. https://www.medicaldaily.com/pole-dancing-fitness-weight-loss-and-other-health-benefits-pole-exercises-video-249163 (Diakses pada 10 September 2019)
  4. Schroeder, S. 2017. How Pole Dancing Is Helping These Women Heal Their Chronic Pain. https://www.healthline.com/health/chronic-pain/pole-dancing-for-relief#1 (Diakses pada 10 September 2019)