Diet Sehat untuk Anda yang Bergolongan Darah B

diet-golongan-darah B-doktersehat

DokterSehat.Com – Berbagai macam cara dilakukan seseorang demi menjaga berat badannya agar tetap ideal. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menerapkan diet berdasarkan golongan darah. Bagi Anda yang memiliki golongan darah B, berikut ini adalah cara diet golongan darah B dan pantangan golongan darah B yang harus Anda tahu.

Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Golongan Darah B

Sebelum menjelaskan mengenai diet golongan darah B, perlu diketahui bahwa golongan darah terdiri dari beberapa macam dan setiap orang dengan jenis golongan darah tertentu memiliki karakteristik tubuh yang berbeda-beda, salah satunya adalah mereka yang berdarah B. Golongan darah B merupakan golongan darah universal.

Pada dasarnya, diet golongan darah B tidak memiliki masalah perihal asupan makanan, dengan kata lain golongan darah  ini bisa mengonsumsi makanan atau minuman apa saja.

Selain itu, golongan darah ini juga tidak termasuk jenis darah yang langka serta banyak pantangan. Berikut adalah beberapa makanan yang sebaiknya dikonsumsi dalam menjalankan diet golongan darah B, di antaranya:

1. Daging

Diet golongan darah B tidak sama dengan mereka yang memiliki golongan darah A karena Anda tidak dituntut untuk menghindari daging atau menjadi vegetarian. Anda memang harus mengurangi konsumsi daging ayam, namun daging jenis lainnya juga masih boleh untuk dikonsumsi, hanya saja sebaiknya porsi daging tersebut lebih dibatasi. Makanan untuk golongan darah B adalah daging kambing, daging unggas, daging domba, dan daging kelinci.

baca juga: Golongan Darah Ibu Memengaruhi Kehamilan & Kesehatan Bayi, Benarkah?

2. Makanan laut

Jika pada golongan darah A makanan laut merupakan salah satu jenis makanan yang kurang baik untuk dikonsumsi. Hal yang terjadi justru sebaliknya, makanan laut adalah diet sehat golongan darah B. Ikan sarden, ikan lidah, ikan salem, dan telur ikan juga sangat baik untuk diet golongan darah B.

3. Makanan berprotein

Ketika Anda melaksanakan diet golongan darah B, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan yang banyak mengandung protein dan hanya sedikit konsumsi produk susu. Makanan yang kaya akan protein di antaranya adalah tempe, tahu, dan telur. Sementara itu produk susu yang sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah sedikit adalah susu kambing, yoghurt, susu sapi, keju kambing, keju mozarella, keju india, kefir, dan keju cottage.

4. Kacang-kacangan

Bagi Anda yang sedang menjalankan diet golongan darah B, dianjurkan untuk mengonsumsi kacang-kacangan seperti almon, kedelai, kacang hijau, kacang tanah, dan lain-lain. Selain itu, kue beras, kenari hitam, oatmeal, dan bubur gandum juga bagus untuk kesehatan secara umum.

5. Buah dan sayuran

Beberapa jenis sayur-sayuran yang bagus dikonsumsi bagi Anda yang ingin diet golongan darah B adalah kecambah, bit, kembang kol, wortel, kubis, dan brokoli. Sedangkan untuk buah-buahannya, Anda dapat mengonsumsi pepaya, nanas, plum, pisang, dan anggur.

6. Bumbu masak

Diet golongan darah B juga bisa dilakukan dari bumbu yang Anda gunakan. Minyak zaitun, bubuk cabai dan bumbu kari baik adalah bumbu yang baik untuk kesehatan. Sementara itu, bahan herbal yang sebaiknya dikonsumsi saat menjalani diet golongan darah B adalah jahe, ginseng, pepermin, dan teh hijau.

Nah, itulah diet untuk golongan darah B yang bisa Anda coba.

Pantangan Makan Golongan Darah B

Setelah Anda mengetahui diet golongan darah B, kini saatnya Anda mengetahui pantangan golongan darah B. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa protein laktin berbeda-beda pada setiap golongan darah–di mana protein ini bereaksi dengan jenis makanan yang dikonsumsi dan dapat menimbulkan masalah kesehatan.

baca juga: Benarkah Golongan Darah Menentukan Kepribadian Seseorang?

Adapun untuk golongan darah B memang tidak dianjurkan mengonsumsi ayam terlalu sering karena bisa menyebabkan aglutinasi lektin di jaringan otot sehingga mengakibatkan penyakit autoimun.

Makanan lain yang harus dihindari adalah gandum, jagung, wijen, tomat dan kacang lentil, karena beberapa makanan tersebut mudah mengakibatkan kegemukan dan mengganggu kadar gula darah.

Hal ini tentunya dilakukan dengan moderasi atau penyesuaian jumlah karena tidak berarti konsumsi ayam pada golongan darah B akan langsung menimbulkan masalah pada saat itu juga

Jika Anda ragu menjalankan diet golongan darah B, penting bagi Anda mengonsultasikan diet sehat golongan darah B yang baik dengan ahli gizi.

Bagi Anda yang ingin menjalankan diet berdasarkan golongan darah, Anda perlu mewaspadai diet golongan darah ini pada penderita penyakit ginjal dan diabetes. Pada umumnya, diet golongan darah ini tidak mempertimbangkan kondisi kesehatan secara keseluruhan. Diet golongan darah ini juga tidak mempertimbangkan saat seseorang menderita tekanan darah atau kolesterol tinggi.

Penurunan berat badan dengan diet golongan darah ini besar kemungkinan terjadi karena pembatasan asupan makanan yang kurang sehat. Kondisi inilah yang menurut beberapa pakar kesehatan, menjadikan diet berdasarkan golongan darah hanya dipengaruhi oleh pola makan saja.

Jenis Olahraga yang Sesuai dengan Golongan Darah B

Setelah Anda mengetahui apa saja pantangan golongan darah B dan bagaimana menjalankan diet sehat golongan darah B, hal penting lain yang harus Anda ketahui agar kesehatan tubuh tetap optimal adalah melakukan olahraga yang sesuai dengan golongan darah.

Olahraga yang baik untuk golongan darah B adalah olahraga intensitas sedang, seperti tenis, golf, aerobik, mendaki atau berjalan santai. Pada akhirnya, sebagaimana pengaturan pola makan, olahraga berdasarkan golongan darah pun belum memperoleh dukungan bukti ilmiah yang pasti.

Perlu diketahui, golongan darah B cenderung menghasilkan hormon kortisol yang lebih tinggi dibanding golongan darah lainnya dalam menghadapi stres. Selain itu, karena sensitivitas terhadap lektin spesifik B dalam makanan tertentu, hal itu juga bisa mendatangkan peradangan dan membuat orang dengan golongan darah B rentan terhadap penyakit autoimun.