Sederhana! 7 Kebiasaan Mudah Dukung Pola Makan Ramadan Sehat

doktersehat-pola-makan-sehat-ramadan
Photo Credit: Flickr.com/Michael Stern

DokterSehat.Com– Bulan Ramadan sudah hampir memasuki waktu satu minggu, bagaimana kebiasaan atau pola makan Anda selama bulan Ramadan ini?

Berpuasa selama satu bulan penuh tentu harus diiringi dengan pola makan yang juga super sehat, ya. Untuk mewujudkan pola makan sehat tersebut, kita bisa melakukannya dengan menerapkan beberapa kebiasaan sederhana selama Ramadan, lho.

Kebiasaan sederhana yang mendukung pola makan sehat saat Ramadan meliputi pembagian waktu makan yang tepat, pemilihan jenis makanan dan pengaturan porsi makan. Beberapa kebiasaan tersebut bisa kita lakukan dengan:

1. Tidak melewatkan waktu makan utama saat sahur atau berbuka

Saat bulan puasa, waktu makan kita cenderung lebih terbatas, untuk itu makan utama yang lazimnya saat berbuka dan sahur sebaiknya kita manfaatkan dengan maksimal.

Usahakan untuk tidak melewatkan waktu makan sahur agar asupan gizi terpenuhi untuk menjalani puasa dan hindari makan takjil berlebihan yang berisiko membuat kita tidak nafsu makan utama saat berbuka, ya.

2. Tidak bangun terlambat saat sahur

Bangun sahur dua jam sebelum waktu imsak sangat dianjurkan karena dengan kebiasaan ini kita bisa membagi waktu makan dengan lebih baik.

Waktu yang cukup saat sahur akan membuat kita bisa mempersiapkan menu yang tepat saat sahur, mengatur porsi dan makan dengan lebih nikmat karena tidak terburu-buru.

Makan sahur dengan terburu-buru selain tidak nikmat juga akan menyebabkan kita sulit mengatur porsi dan risiko makan berlebihan akan semakin besar.

3. Mengonsumsi air putih terlebih dahulu saat berbuka puasa

Biasakan untuk mengonsumsi air putih terlebih dahulu saat berbuka, hal ini baik untuk menghidrasi tubuh dan mencegah makan berlebihan. Setelah Anda mengonsumsi air putih baru lanjutkan dengan takjil sehat lainnya.

4. Berbuka puasa dengan makanan yang manisnya alami

Berbuka dengan yang manis akan sangat sehat jika Anda lakukan dengan mengonsumsi makanan yang manisnya alami. Buah kurma, olahan buah atau kolak sehat bisa Anda jadikan pilihan.

Perhatikan agar porsi takjil yang tidak berlebihan ya, hal ini penting untuk menjaga nafsu makan Anda dalam makan utama saat berbuka puasa.

5. Selalu memenuhi kebutuhan air putih

Sudahkah Anda mencukupi kebutuhan air minum harian selama puasa? Sering dilupakan, padahal justru hal ini yang sangat penting bagi tubuh lho.

Anda harus mampu menyiasati dengan jitu agar bisa membagi asupan air putih Anda dengan tepat, hal ini sangat baik agar tubuh tetap terhidrasi selama puasa dan mendukung kesehatan organ dan sistem tubuh selama sebulan penuh menjalani puasa.

6. Sediakan waktu untuk ngemil sehat

Menyediakan waktu untuk ngemil diantara waktu setelah salat tarawih dan sebelum tidur serta sebelum makan sahur akan menjadi kebiasaan makan yang super sehat lho. Kondisi ini akan mendukung asupan makan tercukupi dalam waktu yang terbatas.

Untuk itu manfaatkan waktu ngemil ini mengonsumsi camilan padat gizi untuk penuhi vitamin, mineral, fitonutrien dan serat yang rentan kurang saat puasa.

Contoh camilan sehat yaitu buah dan kacang-kacangan dalam porsi yang cukup yaitu 1-2 porsi buah misalnya, pisang, apel atau jambu dan 1 porsi, setara 6 sendok makan, kacang edamame atau kacang kedelai.

7. Perhatikan porsi sesuai kebutuhan

Pola makan sehat selalu beriringan dengan porsi yang tepat pula. Pastikan Anda mengonsumsi berbagai golongan makanan sesuai dengan kebutuhan harian Anda, gunakan tips gizi seimbang saat berpuasa agar porsi makanan yang Anda konsumsi selalu terkontrol, ya.

Nah, itu dia 7 kebiasaan sederhana yang bisa kita lakukan agar pola makan tetap sehat.

Penerapan 7 hal di atas tentu akan mendukung kesehatan tubuh yang optimal selama bulan Ramadan, ya.