Terbit: 12 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Anda tentu sudah sering mendengar beragam cara untuk menghilangkan perut buncit, bukan? Mulai dari berolahraga, memilih makanan tertentu, dan melakukan beberapa kebiasaan yang bisa menyebabkan perut buncit perlahan berkurang.

Lengkap, Ini 3 Poin Penting yang Efektif Hilangkan Perut Buncit!

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa untuk mengurangi perut buncit, harus dilakukan dengan berbagai cara yang saling mendukung dan dilaksanakan dalam waktu yang bersamaan.

Lantas apa saja sih poin penting yang harus dilakukan untuk dapat mengurangi perut buncit?

Dilansir dari Eatingwell.com, cara untuk mengurangi perut buncit adalah dengan melakukan olahraga, mengontrol pilihan makanan dan melakukan beberapa kebiasaan baik yang akan mendukung kebiasaan perut buncit segera berkurang.

Untuk lebih jelasnya, inilah 3 poin penting yang super lengkap untuk mengurangi perut buncit secara efektif:

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Tempo Scan Baby Fair - Advertisement

1. Berolahraga

doktersehat-olahraga-setelah-melahirkanSalah satu cara yang paling ampuh untuk mengurangi perut buncit adalah dengan berolahraga, namun, olahraga yang bagaimana yang dapat efektif mengurangi perut buncit?

Beberapa jenis olahraga yang dianjurkan untuk mengurangi perut buncit adalah:

  • Side plank, side plank dapat melatih otot sekitar perut cukup baik. Hal ini juga membuat pembakaran lemak dan pemebntukan otot sekitar area perut menjadi semakin optimal.
  • Berlari di tanjakan atau tangga, hal ini disebut membakar lebih banyak kalori, sehingga pembakaran lemak di perut semakin meningkat, sekaligus melatih jantung dengan baik.
  • HIIT, atau High Intensity Interval Training, yaitu melakukan olaharaga dengan intensitas yang cukup tinggi, misalnya push-up atau squat, dalam waktu yang lama dengan jeda waktu. Hal ini juga cukup baik mendukung pembakaran lemak tubuh yang berlebihan lebih cepat

2. Mengontrol pilihan makanan

Setelah berolahraga, agar perut buncit bisa hilang dengan cepat, pemilihan bahan makanan juga harus dilakukan dengan tepat, yaitu dengan memerhatikan pilihan seperti:

– Hindari memilih bahan makanan yang menyebabkan perut buncit

Bahan makanan yang menyebabkan perut buncit adalah makanan yang:

  • Banyak mengandung karbohidrat, utamanya karbohidrat sederhana dan pemanis buatan
  • Makanan yang banyak mengandung sodium, misalnya makanan kemasan

– Penuhi kecukupan asupan protein

Protein memiliki fungsi penting karena dapat memberikan asupan energi yang bisa mendukung pembentukan otot setelah berolaharga terbentuk optimal. Memilih makanan berprotein yang tepat untuk mengurangi perut buncit adalah makanan berprotein yang:

  • Tidak banyak mengandung lemak, yaitu daging tanpa gajih dan ayam tanpa kulit
  • Tidak diolah dengan banyak minyak atau digoreng

– Selalu cukupi asupan serat

Serat merupakan salah satu jenis zat gizi penting untuk tubuh dalam mengurangi perut buncit.

Tips mencukupi asupan serat untuk mengurangi perut buncit adalah:

  • Selalu konsumsi 1 porsi sayuran atau buah dalam setiap waktu makan atau camilan, minimal 5-6 porsi dalam sehari
  • Perhatikan bahwa satu porsi sayuran atau buah setara dengan 1 buah apel ukuran sedang, atau 5-6 sendok besar sayuran berdaun

3. Melakukan kebiasaan baik yang mengurangi perut buncit

Doktersehat-tindihan-saat-tidurBeberapa kebiasaan yang perlu dilakukan untuk mengatasi perut buncit setelah beolahraga dan melakukan pemilihan makanan adalah:

  • Tidur cukup, yang akan mendukung metabolisme tubuh lebih lancar dan tubuh beristirahat dengan baik, sehingga olahraga dan pilihan makanan bisa sangat terasa hasilnya
  • Cukup minum air putih, menghidrasi tubuh dengan baik dan metabolisme tubuh juga semakin optimal sehingga kesehatan tubuh prima
  • Tidak melewatkan waktu makan, hal ini akan membuat asupan makan menjadi lebih teratur, nafsu makan terkontrol dan terhindar dari makan berlebihan yang berisiko membuat perut menjadi buncit.

Nah, kini Anda sudah tahu bukan apa saja 3 poin peting yang ampuh untuk mengurangi perut buncit? Selamat mencoba, ya!


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi