Pria Juga Bisa Mengalami Kondisi PMS Seperti Wanita

doktersehat PMS pada pria

DokterSehat.Com – PMS atau Pre Menstrual Syndrome adalah sindrom yang mengganggu wanita menjalang siklus menstruasi tiba. Salah satu tanda dari menstruasi adalah perubahan suasana hati yang cepat dan susah sekali dicegah. Selain itu, wanita juga mulai mengalami rasa nyeri di area perut akibat proses peluruhan dinding rahim.

Kondisi PMS yang terjadi pada wanita terjadi karena ada fluktuasi hormon seperti estrogen dan progesteron. Pada pria kondisi yang hampir mirip dengan PMS ini ternyata juga ada. Jed Diamond mengklaim kalau fluktuasi testosteron yang tinggi saat pagi dan rendah saat malam bisa menyebabkan pria mengalami Irritabel Male Syndrome atau IMS.

Kondisi IMS ini memang belum ada pembuktian secara ilmiah. Namun, kadar testosteron memang berpengaruh besar pada kondisi kesehatan seksual dan juga psikologi.

Penyebab IMS pada pria

Kalau PMS pada wanita terjadi karena perubahan hormon dan perubahan rahim untuk mempersiapkan reproduksi, pada pria kondisi IMS juga disebabkan hormon. Saat ini pembuktian tentang hormon memengaruhi IMS pada pria memang belum bisa dibuktikan, tapi fakta testosteron memengaruhi kehidupan pria adalah fakta.

Hormon testosteron menyebabkan pria menghasilkan sperma dengan baik, libido naik, hingga perubahan emosi seperti stres kalau terjadi penurunan. Dari sini terlihat jelas kalau fluktuasi hormon laki-laki ini berpengaruh banyak para pria.

Selain masalah hormon, beberapa faktor yang menyebabkan kondisi IMS ini adalah usia dari pria. Usia di atas 30 tahun lebih rentan alami IMS. Selanjutnya stres berlebih, dan obesitas juga menyebabkan IMS mudah muncul. Terakhir, kondisi kesehatan yang buruk dan kurang tidur juga ikut menyumbang.

Tanda IMS pada pria

Tanda dari IMS mirip sekali dengan PMS pada wanita. Namun, tidak ada perubahan fisik yang terjadi seperti wanita alami perubahan lapisan rahim hingga menstruasi. Secara umum, tanda-tanda dari IMS terdiri dari:

  • Rasa capai berlebihan padahal pria tidak melakukan banyak aktivitas. Rasa capai ini biasanya muncul saat siang hari atau menjelang sore.
  • Pria akan mudah sekali bingung dan tidak fokus dengan apa yang dilakukan. Kondisi ini bisa mengganggu pekerjaannya.
  • Pria juga mengalami depresi yang cukup parah sehingga malas melakukan banyak hal dab lebih banyak diam di dalam rumah saja.
  • Pria memiliki emosi yang susah sekali dikendalikan dengan baik.
  • Pria tidak memiliki percaya diri. Mereka akan sering minder dengan apa yang dimilikinya. Kondisi ini akan membuat pria susah sekali berkembang.
  • Pria sering gelisah dan khawatir dengan apa yang akan dilakukan.
  • Libido yang dimiliki pria menurun dengan signifikan dan sering malas berhubungan badan.
  • Pria jadi terlalu sensitif dengan keadaan seperti mudah marah atau mudah sedih.

Cara mengatasi IMS pada pria

IMS bukanlah gangguan yang berhubungan dengan masalah fisik. Jadi, cara terbaik untuk mengatasi adalah mengakomodir gejala yang muncul. Beberapa cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan beradaptasi dengan apa yang terjadi. Misal tahu kapan saja saat IMS muncul sehingga Anda sudah siap dengan efek yang ditimbulkan.

Kalau mood swing muncul, pria bisa mengatasinya dengan banyak melakukan relaksasi atau pelesir. Kalau ada comfort food bisa dimakan asal tidak berlebihan. Kalau stres melanda dan menyebabkan konsentrasi menurun, coba cari cara untuk meredakannya, mungkin berbicara dengan pasangan bisa membantu menurunkan tekanan yang berlebihan.

Demikianlah sedikit ulasan tentang IMS yang bisa terjadi pada pria. Nah, selama ini pernahkah Anda mengalami kondisi IMS seperti tanda-tanda yang telah disebutkan di atas? Kalau pernah bagaimana cara mengatasinya?