Terbit: 2 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Apakah Anda sering membuat MPASI buatan sendiri atau home made? MPASI buatan sendiri maupun MPASI instan atau kemasan merupakan pilihan jenis MPASI yang bisa diberikan pada balita.

MPASI Buatan Sendiri, Apa Saja Manfaat & Kekuranganya?

Masing-masing jenis MPASI tersebut tentu memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri. Akan tetapi, apapun pilihannya, ibu tetaplah harus memahami apa saja plus minus yang ada pada MPASI yang ibu berikan pada anak.

Mengapa penting mengetahui plus minus MPASI?

Memilih memberi MPASI buatan sendiri tentu menjadi pertimbangan sendiri bagi ibu.

Kekurangan dan kelebihan MPASI buatan sendiri menjadi hal yang penting diketahui, agar ibu bisa meminimalisir dampak yang mungkin terjadi dari kekurangan yang ada dan memaksimalkan manfaat yang ada pada MPASI buatan sendiri.

Lantas, apa saja sih manfaat dari MPASI buatan sendiri?

MPASI buatan sendiri memiliki keunggulan, antara lain:

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Tempo Scan Baby Fair - Advertisement

1. Menggunakan bahan baku yang segar

Bahan baku MPASI buatan sendiri tentu lebih segar dan bebas pengawet. Untuk memaksimalkan hal tersebut, ibu haru selalu menjaga kesegaran bahan makanan, baik makanan pokok, yaitu beras, lauk hewani maupun nabati, serta sayur dan buah.

Hal ini dapat dijaga dengan cara menyimpan bahan baku MPASI pada suhu yang tepat. Hindari memilih bahan baku MPASI buatan sendiri dari bahan baku kemasan atau kalengan karena mengandun pengawet.

2. Komposisi dan jenis MPASI disesuaikan kebutuhan anak

Ibu bisa mengombinasikan MPASI buatan sendiri sesuai dengan kebutuhan gizi anak. Baik dari komposisi, misalnya MPASI lengkap atau sederhana, dan jenis makanan yang dikenalkan pada anak.

Hal ini tentu sangat baik karena anak bisa mendapatkan beragam zat gizi dan mengenal banyak bahan makanan. Akan tetapi, manfaat ini tentu harus diiringi dengan konsistensi penyajian MPASI buatan sendiri dari bahan baku yang beragam.

3. Ibu bisa menentukan tekstur MPASI

Salah satu keunggulan yang ada pada MPASI buatan sendiri adalah tekstur MPASI yang bisa disesuaikan dengan tumbuh kembang anak.

MPASI buatan sendiri bisa dengan mudah diatur teksturnya sesuai dengan usia anak dan merupakan media pengenalan makan yang sangat penting untuk mendukung pola makan yang baik untuk anak.

Sedangkan kekurangan MPASI buatan sendiri adalah:

1. Proses pembuatannya membutuhkan waktu

Membuat MPASI home made tentu membutuhkan waktu, sehingga ibu yang hendak membuat MPASI sendiri harus menyediakan waktu tersendiri dalam membuatannya.

Untuk mengatasinya, ibu bisa membuat jadwal MPASI dalam satu minggu. Ibu juga bisa menyiapkan bahan untuk MPASI buatan sendiri selama 5-7 hari, misalnya buah dalam jumlah yang cukup dan disimpan dalam kulkas.

Hal ini akan menghemat waktu ibu saat membuat MPASI karena tidak perlu bingung menentukan apa jenis MPASI yang akan dibuat.

2. MPASI buatan sendiri tidak awet

MPASI buatan sendiri dibuat dari bahan makanan yang segar, sehingga tentu lebih cepat basi atau rusak ketimbang MPASI kemasan.

Ibu harus memastikan MPASI segera dikonsumsi kurang dari 3 jam setelah pembuatan. Hal ini membuat MPASI buatan sendiri tidak cocok dipilih untuk perjalanan jauh.

3. Nilai zat gizi kurang terukur

Dibandingkan dengan MPASI kemasan, MPASI buatan sendiri memiliki kandungan gizi yang kurang terukur. Hal ini tentu wajar mengingat MPASI kemasan dibuat dengan proses industri yang bisa diperkirakan dengan tepat nilai gizinya.

Untuk itu, ibu bisa berusaha memaksimalkan MPASI buatannya dengan cara memilih bahan makanan yang berkualitas baik dan mengolah atau memasak MPASI dengan metode yang tepat tanpa merusak gizinya agar manfaat MPASI tetap optimal.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi