Terbit: 21 September 2020 | Diperbarui: 5 Oktober 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Pistanthrophobia adalah kesulitan untuk mempercayai orang lain terutama dalam hubungan romantis. Ketahui apa itu pistanthrophobia, penyebab, gejala, dan cara mengatasinya.

Pistanthrophobia: Ciri, Penyebab, dan Cara Mengatasi

Apa Itu Pistanthrophobia?

Pistanthrophobia adalah jenis fobia spesifik di mana seseorang takut dan sulit mempercayai orang lain dalam hubungan romantis. Penderita fobia ini takut akan disakiti oleh pasangan atau orang lain dalam hubungan emosional.

Umumnya, rasa takut untuk mempercayai orang lain ini muncul akibat kekecewaan dari hubungan romantis di masa lalu. Orang tersebut pun cenderung sulit untuk menjalani hubungan baru dengan orang lain atau bahkan menghindari hubungan romantis dengan siapa pun.

Bila penderita pistanthrophobia mulai mencoba menjalani hubungan baru, orang tersebut memiliki masalah kepercayaan dengan pasangannya. Ia memiliki ketakutan tidak rasional, perasaan cemburu berlebihan, kecemasan, dan tidak dapat menjalin hubungan baik dengan pasangannya.

Baca Juga: Fobia: Penyebab, Gejala, Diagnosis, dan Pengobatan,

Ciri-Ciri Pistanthrophobia

Gejala fobia secara umum adalah gangguan kecemasan dan ketakutan tidak rasional terhadap suatu objek, hewan, aktivitas, atau situasi spesifik. Penderita pistanthrophobia takut mempercayai seseorang dengan ciri-ciri sebagai berikut:

  • Cenderung menghindari hubungan romantis dengan siapa pun karena takut akan disakiti lagi.
  • Tidak menerima kehadiran orang lain yang berpotensi menjadi hubungan percintaan.
  • Memiliki kecemasan, ketidaknyamanan, dan ketakutan berlebihan terhadap hubungan emosional dengan keintiman.
  • Membutuhkan waktu yang sangat lama atau sangat sulit mempercayai orang lain.
  • Anda berpikir berlebihan tentang orang-orang di sekitar Anda akan membohongi Anda.
  • Tidak mau mengenal orang baru.
  • Anda cenderung menganggap semua orang akan membohongi atau menipu Anda.
  • Anda berjanji pada diri sendiri bahwa Anda tidak akan mempercayai orang lain lagi.

Bila seorang penderita pistanthrophobia menjalani hubungan dengan orang lain, mereka cenderung memiliki sikap:

  • Mudah cemburu terhadap pasangan tanpa alasan yang jelas.
  • Menuntut terlalu banyak pada pasangan.
  • Membutuhkan validasi secara konstan untuk membuktikan pasangan Anda benar-benar mencintai Anda.
  • Anda suka menguntit (stalking) pasangan Anda secara berlebihan, baik dalam media sosial atau secara langsung.
  • Anda mudah curiga bila pasangan Anda membohongi Anda.
  • Anda selalu berpikir berlebihan (overthinking) tentang kemungkinan skenario terburuk dalam hubungan Anda dan pasangan.
  • Anda mungkin mengetes pasangan Anda untuk membuktikan kejujurannya.
  • Anda bertanya banyak sekali pertanyaan pada pasangan Anda.
  • Anda mudah memutuskan hubungan.
  • Anda pun memutuskan untuk tidak memiliki hubungan dengan siapa pun dalam waktu yang lama.

Beberapa riwayat kegagalan hubungan di masa lalu akan berefek buruk pada perspektif dan kondisi mental bila Anda tidak menyembuhkannya. Sebagian besar penderita pistanthrophobia mengalami kegagalan hubungan di masa depan.

Kapan Harus ke Dokter?

Mempercayai seseorang memang pekerjaan yang sulit terutama bila Anda memiliki pengalaman pernah dikhianati oleh mantan pasangan di masa lalu. Bila Anda merasa masalah kepercayaan yang Anda miliki mengganggu kehidupan personal Anda, maka disarankan untuk konsultasi ke profesional.

Anda dapat menghubungi psikiater untuk menyembuhkan rasa kecemasan, kesedihan, dan masalah kesehatan dan kesimbangan mental Anda secara keseluruhan. Psikiater akan memberikan sesi terapi untuk membantu Anda mengontrol gejala kecemasan dan masalah kepercayaan pada orang lain.

Penyebab Pistanthrophobia

Penyebab utama fobia adalah pengalaman buruk di masa lalu terhadap suatu benda, objek, situasi, binatang, tempat, atau peristiwa tertentu. Pengalaman tersebut meninggalkan trauma, ketakutan, kecemasan, kesedihan, dan kenangan buruk sehingga Anda tidak mau merasakannya lagi.

Begitu pun penyebab pistanthrophobia, berasal dari pengalaman traumatis pada hubungan masa lalu di mana seseorang merasa sangat dikhianati, dibohongi, dimanipulasi, ditipu, dan disakiti. Peristiwa tersebut membuat seseorang sulit mempercayai orang lain di masa depan.

Walaupun demikian, masalah kepercayaan atau ketakutan untuk disakiti mungkin saja terjadi pada seseorang yang tidak memiliki pengalaman buruk dalam hubungan romantis. Rasa ketidakpercayaan pada orang lain bisa muncul pada orang yang mengalami gangguan kecemasan (anxiety disorder), ketakutan, atau harga diri rendah (low self-esteem).

Diagnosis Pistanthrophobia

Dokter atau terapis akan bertanya seputar gejala fobia yang Anda alami, termasuk tingkat keparahan gejala, durasi gejala, riwayat kesehatan mental, juga riwayat penyakit dalam keluarga. Dokter akan mengambil tindakan lanjut bila fobia tersebut mengganggu aktivitas sehari-hari atau mengurangi kemampuan Anda dalam menjalani kehidupan dengan baik.

Pistanthrophobia tidak termasuk dalam dalam jenis fobia dalam edisi terbaru Manual Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental (DSM-V), yaitu buku panduan untuk menentukan penyakit mental. Psikiater atau terapis akan mempertimbangkan kriteria fobia berdasarkan buku DSM-V, yaitu:

  • Fobia jenis hewan.
  • Fobia jenis lingkungan alam.
  • Fobia situasional.
  • Fobia cedera infeksi darah.
  • Fobia tipe lainnya.

Setelah itu, Anda harus menjalani konsultasi dengan psikiater selama 6 bulan atau lebih. Pihak profesional akan memantau pengaruh fobia tersebut dalam aspek kehidupan Anda serta memberikan terapi untuk mengelola gejala fobia tersebut.

Cara Mengatasi Pistanthrophobia

Cara mengatasi fobia adalah dengan terapi perilaku kognitif atau cognitive behavioral therapy (CBT). Metode yang diberikan adalah modifikasi perilaku agar penderita fobia memiliki cara berpikir berbeda terhadap pemicu fobia tersebut.

Terapis akan membantu Anda dalam mengembangkan toleransi terhadap pemicu fobio serta cara mengelola perasaan cemas dan takut saat Anda berhadapan dengan fobia tersebut. Dalam pengelolaan pistanthrophobia, terapis akan mendorong Anda untuk berbicara tentang masalah kepercayaan dan memvisualisasikan bagaimana rasanya berada dalam hubungan romantis.

Baca Juga: Fobia Gelap (Nyctophobia): Gejala, Penyebab, Pengobatan, dll

Cara Mencegah Pistanthrophobia

Pistanthrophobia mungkin tidak dapat dicegah karena fobia ini adalah bentuk dari perasaan dan emosi Anda terhadap sebuah hubungan yang gagal. Bila Anda mengalami masalah kepercayaan, Anda dapat mengelolanya dengan beberapa cara, seperti:

  • Ketahui apa yang menjadi pemicu Anda menjadi tidak percaya pada pasangan. Pelajari tentang diri Anda sendiri agar Anda tidak terpancing oleh hal-hal kecil yang membuat Anda curiga pada pasangan.
  • Beri diri Anda waktu untuk mempercayai diri sendiri dan orang lain. Jangan berhubungan secara emosional bila diri Anda belum siap.
  • Selalu berpikir positif.
  • Beritahu diri Anda sendiri kalau tidak ada sesuatu yang buruk yang akan terjadi pada hubungan Anda.
  • Bicarakan dengan pasangan dengan cara yang baik bila Anda merasa ada yang salah.
  • Hubungi terapis untuk mengelola mental diri sendiri atau konsultasi khusus untuk pasangan.

Bila Anda, pasangan Anda, atau seseorang yang Anda cintai memiliki ciri-ciri pistanthrophobia, sebaiknya konsultasikan pada psikiater atau terapis. Sebagian besar orang mungkin terlihat baik-baik saja namun sebenarnya menyimpan masalah psikologis atau mental yang kemudian memengaruhi cara hidup atau mengganggu kehidupan.

 

  1. Cooper, Riley. 2020. 10 Clear Signs Your Fear Of Trusting Other People (Pistanthrophobia) Is Destroying Your Relationships. https://curiousmindmagazine.com/10-clear-signs-your-fear-of-trusting-other-people-pistanthrophobia-is-destroying-your-relationships/. (Diakses pada 21 September 2020).
  2. Lindberg, Sara. 2020. Understanding Pistanthrophobia, or the Fear of Trusting People. https://www.healthline.com/health/mental-health/pistanthrophobia. (Diakses pada 21 September 2020).
  3. Keller, hristine. 2020. Pistanthrophobia: Definition, Symptoms, And Ways To Overcome It. https://herway.net/life/pistanthrophobia-definition-symptoms-and-ways-to-overcome-it/.  (Diakses pada 21 September 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi