Terbit: 16 Desember 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Siapa sih yang tidak suka dengan buah pisang? Rasanya manis dan mengenyangkan sehingga dianggap cocok untuk dijadikan camilan atau pengganjal perut. Bahkan, ada orang yang menyebut pisang sebagai salah satu makanan yang cocok untuk dikonsumsi saat kita mengalami masalah asam lambung tinggi. Sebenarnya, apakah pisang memang bisa memberikan manfaat kesehatan ini?

Pisang Bisa Mengatasi Masalah Asam Lambung?

Manfaat makan pisang

Di dalam buah pisang memiliki tingkat keasaman atau pH sebanyak 5,6. Hal ini membuatnya mampu mengatasi gejala asam lambung. Hanya saja, pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak sembarangan memilih pisang. Pilihlah yang sudah matang karena bisa memberikan manfaat kesehatan ini. Selain itu, sebaiknya kita tidak makan pisang dengan berlebihan.

Selain makan pisang, kita disarankan untuk mengubah pola makan dengan cara makan dengan porsi yang lebih kecil namun dengan frekuensi yang lebih sering. Kita juga sebaiknya tidak lagi tiduran setelah makan dan memperbanyak asupan air putih setiap hari demi mencegah serangan dari penyakit ini.

Makanan yang terbaik untuk mengatasi gejala asam lambung tinggi

Saat asam lambung tinggi menyerang, pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak sembarangan mengonsumsi obat-obatan, apalagi yang tidak didapatkan dengan saran dokter karena bisa jadi akan memberikan efek buruk bagi kesehatan lambung. Sebaiknya kita mencoba untuk mengatasinya dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan terlebih dahulu.

Berikut adalah makanan dan buah yang cocok untuk mengatasi masalah asam lambung tinggi selain pisang.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

  1. Buah melon

Buah melon memiliki kadar keasaman atau pH 6,1. Hal ini berarti, buah ini sangatlah cocok untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung tinggi. Hanya saja, menurut sebuah penelitian, tidak semua orang yang menderita masalah asam lambung mendapatkan manfaat kesehatan setelah mengonsumsinya. Bisa jadi gejalanya justru akan semakin memburuk.

  1. Semangka, apel, dan pir

Buah semangka, apel, dan pir sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung karena kemampuannya dalam membuat saluran pencernaan menjadi lebih tenang.

  1. Ooatmeal

Oatmeal tidak hanya cocok untuk program diet atau dikonsumsi bagi mereka yang ingin menurunkan kadar kolesterol. Makanan yang terbuat dari gandum ini sangat disarankan untuk dikonsumsi jika ingin mengatasi masalah asam lambung tinggi karena bisa menurunkan kadar kesaman pada lambung dengan signifikan.

  1. Sayuran hijau

Beberapa jenis sayuran hijau seperti brokoli, kembang kol, kentang dan mentimun sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita masalah asam lambung tinggi karena bisa membantu mengatasi gejala dari penyakit ini.

  1. Beberapa jenis tanaman herbal

Beberapa jenis tanaman herbal seperti lidah buaya, adas, atau jahe ternyata cocok untuk dikonsumsi untuk mengatasi masalah asam lambung tinggi. Sebagai informasi, jahe memiliki kandungan anti inflamasi yang bisa meredakan masalah asam lambung. Selain itu, lidah buaya yang bisa memberikan sensasi dingin dan nyaman pada pencernaan juga akan menurunkan produksi asam lambung dengan efektif. Sementara itu, adas memiliki tingkat keasaman 6,9 yang bisa membuat lambung menjadi lebih nyaman sekaligus membuat fungsinya meningkat.

Makanan yang dihindari saat asam lambung tinggi

Selain mengonsumsi makanan-makanan yang disebutkan sebelumnya , pakar kesehatan juga menyarankan kita untuk menghindari beberapa jenis makanan yang bisa membuat masalah asam lambung ini semakin memburuk seperti cokelat, kopi, minuman beralkohol, buah sitrus seperti jeruk atau lemon, tomat, bawang, dan makanan pedas. Selain itu, kita juga sebaiknya mulai menurunkan makanan berlemak yang bisa membebani kinerja saluran pencernaan dan membuat gejala asam lambung menjadi lebih buruk.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi