20 Manfaat Pisang untuk Kesehatan Tubuh

doktersehat-pisang

DokterSehat.Com – Jika Anda cermat memerhatikan, asupan gizi yang menjadi favorit kebanyakan atlet tenis dunia adalah pisang! Ya, pisang menjadi penyelamat bagi mereka. Pisang mampu dengan mudah diserap tubuh dan mengembalikan energi puncak mereka.

Secara umum, kandungan gizi yang terdapat dalam setiap buah pisang matang adalah sebagai berikut:

  • Kalori 99 kalori
  • Protein 1,2 gram
  • Lemak 0,2 gram
  • Karbohidrat 25,8 miligram (mg)
  • Serat 0,7 gram
  • Kalsium 8 mg
  • Fosfor 28 mg
  • Besi 0,5 mg
  • Vitamin A 44 RE
  • Vitamin B 0,08 mg
  • Vitamin C 3 mg dan air 72 gram.

Kandungan buah pisang sangat banyak, terdiri dari mineral, vitamin, karbohidrat, serat, protein, lemak, dan lain-lain, sehingga apabila hanya mengonsumsi buah pisang saja, gizinya sudah tercukupi secara minimal.

Baca juga: Ajaib, Inilah 3 Penyakit yang Bisa Disembuhkan dengan Pisang

Pilih Pisang Berkualitas Terbaik!

Pilihlah pisang yang sudah matang, yang berkulit hijau kekuning-kuningan dengan bercak cokelat atau kuning, sebab ini akan mudah dicerna, dan gula buah diubah menjadi glukosa alami secara cepat diabsorbsi ke dalam peredaran darah, sementara pisang yang mentah akan sulit dicerna.

Manfaat Pisang untuk Kesehatan

Nah, berikut 20 khasiat pisang yang perlu Anda ketahui untuk memaksimalkan manfaat pisang.

1. Sumber energi

Buah pisang dengan mudah dapat dicerna, gula yang terdapat di dalam pisang diubah menjadi sumber tenaga secara cepat, dan itu bagus dalam pembentukan tubuh, untuk kerja otot, dan sangat bagus untuk menghilangkan rasa lelah.

2. Baik ibu hamil

Pisang juga disarankan untuk dikonsumsi para wanita hamil karena mengandung asam folat, yang mudah diserap janin melalui rahim. Namun, jangan terlalu berlebihan, sebab satu buah pisang mengandung sekitar 85-100 kalori.

3. Mengatasi anemia

Sebanyak dua buah pisang yang dimakan oleh pasien anemia setiap hari sudah cukup, karena mengandung Fe (zat besi) tinggi.

4. Mengatasi penyakit usus dan perut

Pisang yang dicampur susu cair (atau dimasukkan dalam segelas susu cair) dapat dihidangkan sebagai obat dalam kasus penyakit usus. Juga dapat direkomendasikan untuk pasien sakit perut dan cholik untuk menetralkan keasaman lambung.

Sebuah pisang dihidangkan sebagai pertahanan terhadap inflamasi karena Vitamin C dapat secara cepat diproses. Ia mentransformasikan bacillus berbahaya menjadi bacillus yang bersahabat. Dengan demikian, keduanya akan tertolong.

Pisang utuh ataupun krim pisang (seperti untuk makanan bayi), dapat dikonsumsi oleh pasien yang menderita diare.

5. Manfaat bagi penderita lever

Khasiat pisang baik untuk penderita penyakit lever, baiknya mengonsumsi pisang dua buah ditambah satu sendok madu, akan menambah nafsu makan dan memperkuat tubuh.

6. Menyembuhkan luka bakar

Daun pisang dapat digunakan untuk pengobatan kulit yang terbakar dengan cara dioles, campuran abu daun pisang ditambah minyak kelapa mempunyai pengaruh mendinginkan kulit.

7. Manfaat bagi diabetes

Bagi masyarakat Gorontalo (Sulawesi Utara), jenis pisang goroho yakni pisang khas daerah setempat, merupakan makanan tambahan atau makanan pokok bagi orang yang menderita penyakit gula atau diabetes melitus, terutama buah pisang goroho yang belum matang, kemudian dikukus dan dicampur dengan kelapa parut muda.

8. Mempercantik kulit

Bubur pisang dicampur dengan sedikit susu dan madu, dioleskan pada wajah setiap hari secara teratur selama 30-40 menit. Basuh dengan air hangat kemudian bilas dengan air dingin atau es, diulang selama 15 hari, akan menghasilkan pengaruh yang menakjubkan pada kulit.

Baca juga: Cara Mengatasi Jerawat dengan Kulit Pisang

9. Mengontrol berat badan

Pisang juga mempunyai peranan dalam penurunan berat badan seperti juga untuk menaikkan berat badan. Telah terbukti pada seseorang kehilangan berat badan dengan melakukan diet empat buah pisang dan empat gelas susu non-lemak atau susu cair per hari sedikitnya tiga hari dalam seminggu, jumlah kalori hanya 1250 dan menu tersebut cukup menyehatkan.

Selain itu, diet tersebut membuat kulit wajah tidak berminyak dan bersih. Pada sisi yang lain, mengonsumsi satu gelas banana milk-shake dicampur madu, buah-buahan, kacang, dan mangga sesudah makan, akan menaikkan berat badan.

10. Mengatasi depresi

Mafaat pisang membantu mengatasi depresi karena kadar tryptophan yang tinggi, diubah menjadi serotoninneurotransmitter otak suasana bahagia.

11. Mencegah kram otot

Lindungi diri dari kram otot selama latihan dan kram kaki di malam hari dengan makan pisang.

12. Memperkuat tulang

Hitung kehilangan kalsium saat buang air kecil dan membangun tulang yang kuat dengan suplementasi dengan pisang.

13. Mengatasi mood

Tingkatkan suasana hati Anda dan kurangi gejala PMS dengan makan pisang, yang mengatur gula darah dan menghasilkan relaksasi penghilang stres.

14. Menurunkan hipertensi

Tinggi kalium dan rendah garam, pisang secara resmi diakui oleh FDA mampu menurunkan tekanan darah dan melindungi terhadap serangan jantung dan stroke.

Manfaat pisang untuk pencernaan:

15. Membuang racun

Kaya akan pektin, pisang membantu pencernaan dan dengan lembut mengelupas racun dan logam berat dari tubuh.

16. Prebiotik

Pisang bertindak sebagai prebiotik, merangsang pertumbuhan bakteri ramah di usus. Mereka juga memproduksi enzim pencernaan untuk membantu menyerap nutrisi.

17. Mengatasi sembelit

Sembelit? Serat yang tinggi dalam pisang dapat membantu menormalkan motilitas usus.

Baca juga: Bolehkah Penderita Diabetes Makan Pisang?

 

18. Meredakan sakit maag

Pisang adalah satu-satunya buah mentah yang dapat dikonsumsi tanpa distres untuk meredakan sakit maag dengan melapisi selaput lambung terhadap asam korosif.

Khasiat pisang untuk penyembuhan alami:

19. Mencegah kanker ginjal

Makan pisang akan membantu mencegah kanker ginjal, melindungi mata terhadap degenerasi makula dan membangun tulang yang kuat dengan meningkatkan penyerapan kalsium.

20. Pemulihan setelah berhenti merokok

Anda berhenti merokok? Pisang mengandung kadar vitamin B yang tinggi serta kalium dan magnesium untuk mempercepat pemulihan dari efek merokok.

Itulah manfaat pisang yang menakjubkan untuk kesehatan tubuh maupun sebagai pencegahan penyakit. Yuk, tambahkan pisang sebagai sarapan atau buah favoritmu, Teman Sehat!