Terbit: 8 Desember 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Meski tergolong dalam makanan yang baik bagi kesehatan, buah-buahan tidak bisa sembarangan dikonsumsi oleh penderita diabetes. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan gula alami di dalamnya yang dikhawatirkan bisa menyebabkan peningkatan kadar gula darah. Hanya saja, apakah benar jika pisang juga sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita diabetes?

Pisang, Aman Tidak bagi Penderita Diabetes?

Bolehkah Penderita Diabetes Makan Pisang?

Pisang dikenal sebagai buah yang bisa memberikan sensasi kenyang. Rasanya juga cenderung manis karena adanya kandungan gula alami di dalamnya. Rasa yang manis inilah yang membuat banyak penderita diabetes takut untuk mengonsumsinya.

Jika kita mengonsumsi pisang berukuran kecil dengan berat sekitar 101 gram, maka kita sudah mendapatkan energi sebanyak 89.9 kkal, 74, 91 gram air, 1,1 gram protein, 23,1 gram karbohidrat, 2,63 gram serat, 5,05 miligram kalsium, 27,3 miligram magnesium, 0,26 miligram zat besi, 22,2 miligram fosfor, 262 miligram potasium, 0,152 miligram seng, 1,01 mikrogram selenium, 20,2 mikrogram asam folat, dan berbagai macam vitamin seperti vitamin A, vitamin K, vitamin B1,B2, B3, serta B6.

Berdasarkan penelitian, disebutkan bahwa pisang yang masih hijau atau masih mentah bisa membantu menurunkan kadar gula darah. Hal ini tentu bisa berimbas pada menurunnya risiko diabetes atau kemungkinan terkena komplikasi diabetes tipe 2. Hal ini juga bisa membantu mengatasi masalah pada lambung, menjaga berat badan, kondisi hati, dan ginjal.

Rutin makan pisang juga disebut-sebut mampu mencegah datangnya penyakit kardiovaskular dan berbagai penyakit kronis lainnya. Indeks glikemiknya yang cenderung rendah juga tidak akan mudah meningkatkan kadar gula darah dengan cepat.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

Jika kita mengonsumsi karbohidrat, maka kandungan ini akan diubah menjadi glukosa oleh hormon insulin yang diroduksi pankreas. Karbohidrat inilah yang kemudian diubah menjadi energi.

Bagi mereka yang menderita diabetes, kondisi resistensi insulin yang ada di dalam tubuhnya bisa meningkatkan kadar gula darah akibat sulitnya tubuh mengubah karbohidrat menjadi energi. Karena alasan inilah pakar kesehatan menyarankan penderita diabetes untuk membatasi asupan karbohidrat demi mencegah datangnya komplikasi.

Sebenarnya, bukan masalah apakah pisang bisa membahayakan kondisi penderita diabetes atau tidak. Penderita penyakit ini haruslah lebih cermat dalam mengecek asupan karbohidrat harian. Jika mereka mengonsumsi pisang berukuran kecil setiap hari dengan kandungan karbohidrat sebanyak 23,1 gram, maka mereka juga harus memperhatikan asupan makanan tinggi karbohidrat lain seperti nasi dan lain-lain. Hal ini harus dilakukan demi mencegah lonjakan kadar gula darah.

Berbagai Manfaat Sehat Pisang bagi Penderita Diabetes

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari rutin makan pisang.

Berikut adalah manfaat-manfaat kesehatan tersebut.

  1. Tinggi Kandungan Serat

Kandungan serat di dalam pisang bisa membantu memperlambat proses penyerapan karbohidrat di dalam saluran pencernaan sehingga aka membuat kenaikan gula darah bisa dikendalikan. Hal ini tentu bisa membantu penderita diabetes menjaga kondisinya.

  1. Memiliki Kandungan Pati Resisten

Kandungan pati resisten yang tinggi di dalam pisang hijau bisa membantu mengendalikan sensitivitas insulin dan kadar gula darah. Hal ini tentu juga bisa mencegah datangnya komplikasi.

  1. Tinggi Kandungan Viamin B6

Kandungan ini bisa mencegah kerusakan pada saraf, sesuatu yang sering terjadi pada penderita diabetes.

Pakar kesehatan lebih menyarankan penderita diabetes untuk memilih pisang yang cenderung masih hijau karena indeks glikemiknya masih rendah. Pastikan untuk mengonsumsinya satu buah saja dengan ukuran yang kecil. Selain itu, ada baiknya kita tidak mengonsumsi produk turunan pisang seperti keripik pisang karena bisa jadi kandungan kalori dan gulanya tidak aman bagi penderita diabetes.

 

Sumber:

  1. Karn, Shivangi. 2019. Are Bananas Safe For Diabetics?. boldsky.com/health/wellness/are-bananas-safe-for-diabetics-131228.html (Diakses pada 8 Desember 2019).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi