Piring Bisa Cegah Diabetes, Begini Caranya!

kebiasaan-setelah-makan-doktersehat
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Demi mencegah datangnya diabetes, pakar kesehatan menyarankan kita untuk selalu menjaga pola makan yang sehat dan rajin berolahraga. Sayangnya, masih banyak orang yang menyepelekan kedua hal ini.

Sebagai contoh, untuk makanan, kita masih terbiasa mengonsumsi makanan, minuman, dan camilan yang kaya akan kalori dan gula karena memang rasanya sangat enak. Padahal, kebiasaan ini bisa membuat risiko diabetes meningkat.

Selain faktor pola makan dan kebiasaan untuk aktif bergerak, diabetes juga bisa disebabkan oleh faktor genetik, namun faktor genetik ini juga bisa ditekan dengan cara menerapkan pola makan yang sehat. Berdasarkan alasan inilah pakar kesehatan meminta kita untuk lebih cermat dalam memperhatikan piring yang kita gunakan untuk makan demi mencegah diabetes.

Pakar kesehatan dr. Hemi Sinorita dari RSP dr. Sardjito Yogyakarta menyebutkan bahwa agar tidak mudah terkena diabetes, kita harus menerapkan pola makan “piring sehat”. Sebagai informasi, “piring sehat” adalah pola makan yang menunjukkan bahwa di dalam satu piring justru lebih banyak jumlah sayuran dan lauknya jika dibandingkan dengan nasi.

Piring dibagi menjadi 4 bagian di mana 2/4 dari bagian ini dipenuhi dengan sayuran non tepung yang kaya akan vitamin dan serat namun tidak akan dengan mudah meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. ¼ bagian lain diisi oleh makanan berprotein seperti telur, daging ayam, daging ikan, tempe, atau daging tanpa lemak. Setelahnya, barulah ¼ sisanya diisi oleh sumbera karbohidrat seperti nasi.

Kita juga masih bisa mengonsumsi makanan pencuci mulut. Hanya saja, ada baiknya kita tidak mengonsumsi kue atau makanan manis lainnya. Konsumsilah yoghurt yang tidak mengandung pemanis buatan karena jauh lebih sehat bagi tubuh kita.