Terbit: 19 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Apa jenis susu yang Anda berikan untuk mendukung kesehatan tulang anak? Salah satu manfaat utama konsumsi susu adalah untuk pembentukan tulang anak. Meskipun semua susu sama-sama memiliki kandungan gizi yang baik untuk anak, namun ada lo susu yang bisa memberikan manfaat maksimal untuk tulang anak.

Pilihan Susu Terbaik Untuk Tulang Anak

Hal yang perlu diperhatikan dalam memberikan susu yang tepat untuk tulang anak adalah kandungan lemaknya. Kandungan lemak yang berlebih pada susu akan meningkatkan risiko anak mengalami obesitas.

Obesitas tentu akan memengaruhi banyak hal terkait kesehatan tulang. Seperti risiko terjadinya osteoarthritis pada usis dewasa atau terganggunya pembentukan kekuatan tulang sejak masa anak-anak. Maka dari itu susu yang tepat untuk kesehatan tulang anak adalah susu yang rendah lemak.

Seperti yang kita ketahui, beberapa jenis susu berdasarkan kandungan lemaknya adalah whole milk, low fat milk dan fat free milk atau susu skim. Kira-kira, dari ketiga jenis susu di atas, mana susu yang paling baik untuk tulang anak?

Nutrition Newsletters for Parent of Young Children dibawah US Departement of Agriculture membandingkan kandungan lemak yang ada pada ketiga jenis susu per satu sajinya. Hasilnya adalah sebagai berikut:

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

Whole milk

Kandungan lemak totalnya adalah sebesar 8 gram, sedangkan kandungan lemak jenuhnya adalah sebesar 5 gram.

Low fat milk 1%

Kandungan lemak total pada susu low fat adalah sebesar 2,5 gram, dan kandungan lemak jenuhnya adalah sebesar 1,5 gram.

Fat free milk atau skim

Susu bebas lemak memiliki 0 gram kandungan lemak total dan lemak jenuh.

Dari penjelasan di atas, kita bisa melihat bahwa kandungan lemak yang ada pada susu skim adalah yang paling rendah. Ketiga susu di atas memiliki kandungan lemak yang berbeda, namun kandungan kalsium ketiganya tetap sama.

Hal ini yang menyebabkan susu skim menjadi susu yang paling paling baik mendukung kesehatan tulang anak.

Jadi usahakan untuk memberikan susu rendah lemak, agar kesehatan tulang anak terbentuk maksimal, ya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi