Pilihan Sederhana Ini Buat Makanan Lebih Sehat

doktersehat-kentang-rebus

DokterSehat.Com– Mana yang akan Anda pilih, buah leci dalam kaleng dengan tambahan sirup atau buah leci dalam bentuk segar? Berbagai olahan makanan tersedia dalam banyak variasi sajian. Kita tentu menjadi memiliki lebih banyak pilihan, namun pastikan bahwa apa yang Anda pilih adalah pilihan yang sehat.

US Dietary Guideline menyebutkan contoh pilihan sederhana yang bisa kita buat agar makanan yang kita konsumsi lebih sehat, yaitu:

1. Ayam bakar dengan bumbu rempah dibandingkan dengan ayam goreng tepung

Ayam goreng tepung memang menggoda namun tentu kandungan lemak dan karbohidratnya lebih tinggi. Apalagi metode penggorengan yang digunakan umumnya adalah metode deep frying di mana minyak bisa terserap lebih banyak.
Ayam bakar, utamanya dengan bumbu dan rempah alami, lebih dianjurkan karena metode masak yang rendah lemak dan memiliki manfaat dari bumbu yang digunakan.

2. Produk jajanan kemasan rasa plain dibandingkan dengan yang kaya rasa

Anda tentu tertarik dengan berbagai pilihan rasa yang ditawarkan pada berbagai jajanan. Namun pilihan berbagai rasa tersebut tidak dianjurkan karena penambahan rasa berarti penambahan bumbu buatan yang tinggi kandungan natrium. Untuk itu usahakan pilih jajanan dengan rasa plain atau hambar, atau bisa pula perhatikan kandungan natrium pada jenis makanan yang sama untuk membandingkan produk mana yang memiliki natrium paling sedikit.

3. Sayur rebus dibandingkan sayur bersantan atau tambahan krim

Sayur dengan tambahan kuah santan atau krim memang lebih enak, namun asupan lemak dan kalori yang ada pada bahan tambahan tersebut akan mengurangi fungsi serat yang ada pada sayur. Sehingga olahan sayur rebus lebih dianjurkan dalam mengolah masakan.

4. Buah segar dibandingkan buah dalam kaleng dengan tambahan sirup

Buah segar sudah memiliki kandungan gula alami, penambahan sirup pada olahan buah atau buah kalengan tentu akan meningkatkan asupan gula dalam tubuh. Jika kita masih bisa memperoleh buah dalam bentuk segar maka utamakan konsumsinya dalam bentuk segar terlebih dahulu.

Nah, kini Anda sudah tahu apa saja pilihan-pilihan sederhana yang bisa membuat makanan kita lebih sehat, kan?