Terbit: 6 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Merawat kulit agar tetap bersih ternyata tidak mudah untuk dilakukan. Terutama jika Anda yang memilik jenis kulit kombinasi. Sebagai pemilik kulit kombinasi, Anda tentu sudah mengetahui apa saja kesulitan yang kerap dihadapi dalam memilih skincare yang tepat, terutama dalam memilih face scrub. Namun, kali ini Anda tidak perlu lagi bingung dalam memilih facial scrub dari brand tertentu yang jarang menyediakan varian untuk kulit kombinasi. Sejumlah facial scrub ala rumahan berikut dapat dijadikan referensi.

Pilihan Scrub untuk Si Kulit Kombinasi

1. Scrub Gula

Salah satu bahan yang direkomendasikan oleh laman Consumer Health Digest untuk dijadikan scrub adalah gula. Gula merupakan salah satu bahan alami yang banyak digunakan sebagai eksfolian alami. Bahkan, tidak hanya meluruhkan kotoran dan sel kulit mati secara optimal, scrub yang terbuat dari gula juga dapat menstimulasi produksi minyak alami kulit. Minyak alami inilah yang akan menjaga kelembapan kulit.

2. Green Tea

Teh asal negeri Sakura, Jepang ini dikenal karena kandungan antioksidannya yang cukup tinggi. Tidak heran jika green tea sangat disarankan untuk merawat kesehatan kulit. Selai itu, green tea juga dapat mencegah munculnya komedo dan jerawat. Penggunaan green tea sebagai scrub alami juga ampuh menyerap kelebihan minyak.

3. Kopi

Anda yang memiliki jenis kulit kombinasi juga dapat menjatuhkan pilihan pada kopi. Bubuk kopi mengandung kafein yang juga berperan penting dalam menjaga kesehatan dan mencerahkan kulit. Selain itu, kopi juga membantu mencegah dampak buruk dari radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini.

4. Kacang Almond

Jenis kacang yang juga kerap diolah menjadi susu ini ternyata juga sangat disarankan untuk pemilik kulit kombinasi. Tidak hanya melembapkan, scrub yang terbuat dari almond juga menjadikan kulit lebih terlindungi. Terutama dari paparan sinar UV yang dapat menyebabkan penuaan dini.

Memiliki kulit kombinasi bukanlah halangan untuk merawat kulit. Anda dapat memanfaatkan sejumlah bahan alami seperti di atas. Selain mudah didapatkan, bahan-bahan tersebut juga aman bagi semua jenis kulit.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi