Terbit: 3 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Anak-anak memang seakan tidak bisa lepas dari makanan manis. Berbagai jenis produk makanan manis untuk anak hadir dalam berbagai variasi, mulai dari camilan, es krim, cokelat hingga permen. Jumlah pemberiannya memang harus dibatasi, namun disamping itu pemilihan yang tepat dan sehat juga penting, utamanya untuk pemilihan permen.

Pilihan Permen yang Baik Untuk Anak

Photo Credit: flickr/ Philippe Put

Seperti yang kita ketahui, permen tampil dalam banyak bentuk, tekstur kekenyalan hingga, warna, dan rasa. Lalu kira-kira permen apa yang baik untuk diberikan pada anak?

Jenis permen yang baik diberikan untuk anak tentu saja harus memerhatikan bentuk, tekstur hingga hingga kandungan gizinya. Beberapa jenis permen yang baik untuk anak adalah:

    - Iklan -
    Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

  1. Permen dengan bentuk yang lembut

  2. Livestrong menganjurkan memberikan permen dalam bentuk lembut dengan ukuran yang besar, seperti gula kapas atau permen cokelat batangan yang lembut. Pemberian permen dalam bentuk kecil, bundar atau bola-bola kecil serta teksturnya keras rentan membuat anak tersedak, sehingga tidak dianjurkan. Selain itu jeli kenyal bisa dijadikan pilihan bentuk dan tekstur yang baik.

  3. Permen dengan tambahan kandungan buah dan susu

  4. Dengan memberikan permen yang terbuat dari buah dan atau susu tentu asupan gizi menjadi lebih baik dibandingkan dengan memberi permen yang hanya berisi gula saja. Permen cokelat yang terbuat dari susu dengan tambahan buah bisa dijadikan pilihan.

  5. Permen dengan warna yang tidak mencolok

  6. Penggunaan bahan tambahan pangan pada makanan anak sebaiknya dikurangi, usahakan untuk memberikan permen, misalnya permen berbentuk kapas, permen cokelat atau jeli, yang tidak banyak menggunakan warna tambahan. Ajarkan pada anak agar memahami bahwa pewarna makanan tidak baik untuk banyak dikonsumsi.

  7. Pilih permen bebas gula

  8. Produk permen yang menyediakan permen bebas gula bisa dijadikan yang tepat untuk anak agar asupan kalori anak tidak berlebihan.

Nah, itu dia empat pilihan permen yang baik untuk anak. Perlu diingat bahwa konsumsi permen anak sebaiknya dibatasi agar kesehatan gigi dan asupan kalori anak bisa terjaga. Jadi berikan permen pada anak secukupnya saja, ya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi