Terbit: 27 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Camilan apa yang paling disukai anak Anda? Biasanya camilan kegemaran anak adalah camilan yang berwarna-warni, rasanya manis dan kaya rasa ya. Meskipun kerap dianggap tidak sehat, namun sebenarnya makanan tersebut tetap bisa diberikan pada anak namun dengan pilihan yang lebih tepat dan sehat.

Ganti Camilan Anak Yang Tidak Sehat Dengan Ini

Kebiasaan ngemil anak tentu harus kita manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan gizinya, ya. Maka dari itu, ganti lima camilan tidak sehat anak dengan pilihan makanan dibawah ini:

1. Minuman rasa buah diganti dengan jus buah

Jika anak tertarik dengan warna-warni pada minuman kemasan, baik minuman rasa buah atau soda buah. Maka kini biasakan anak untuk memilih minuman berwarna-warni dari jus buah ya. Sama-sama berwarna-warninya namun kandungan gizi dan gula pada jus buah tentu lebih baik untuk anak, kan?

2. Cokelat manis diganti dengan cokelat rendah lemak

Siapa sih yang tidak suka cokelat? Anak-anak tentu sudah sangat mengenal berbagai jenis camilan dari cokelat ya. Namun sebaiknya biasakan anak untuk mengonsumsi cokelat yang rendah lemak atau pilih jenis dark chocolate karena kandungan fitokimianya lebih tinggi.

3. Keripik dengan bumbu buatan diganti dengan keripik buah atau keripik tanpa rasa

Anak akan seakan kecanduan dengan keripik yang kaya bumbu dari bahan tambahan buatan karena umumnya memiliki banyak kandungan MSG. Untuk itu biasakan anak memilih keripik tanpa rasa atau keripik buah dan sayur.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

4. Permen diganti dengan buah kering

Anak-anak tentu suka sekali dengan permen ya. Namun konsumsi permen yang berlebihan akan menyebabkan kerusakan gigi hingga obesitas pada anak. Maka dari itu biasakan anak mengonsumsi buah kering seperti prune atau sesekali manisan buah.

5. Susu aneka rasa dengan susu skim

Penggunaan gula untuk rasa buah pada susu dengan rasa tentu akan meningkatkan asupan gula dalam tubuh anak. Susu yang baik untuk tulang anak adalah susu skim atau susu rendah lemak yang umumnya tersedia dalam rasa alami atau vanila.

Jadi, kini biasakan anak mengganti camilan tidak sehatnya dengan pilihan makanan pengganti di atas, ya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi