Terbit: 12 Juni 2018 | Diperbarui: 19 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Liburan panjang menanti didepan mata! Sudah siapkah Anda mengajak buah hati untuk berlibur dalam rangka lebaran maupun berjalan-jalan?

Praktis & Sehat! Ini 4 Pilihan MPASI Anak Selama Liburan

Jika buah hati Anda sedang dalam masa mengonsumsi MPASI, maka MPASI yang praktis namun tetap sehat haruslah sudah mulai Anda siapkan dari sekarang, lho.

doktersehat-bayi-makan

Waktu hari raya maupun liburan yang membuat buah hati jauh dari rumah, merupakan tantangan bagi Anda agar bisa tetap memenuhi asupan gizi dari pemilihan MPASI yang tepat.

Tips sehat memilih MPASI sehat dan praktis selama liburan

Sebelum menentukan pilihan MPASI untuk liburan, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam membuat MPASI sehat dan praktis selama liburan, yaitu:

1. Pastikan asupan gizi tetap lengkap dan seimbang

Pastikan MPASI terdiri dari bahan makanan berkarbohidrat, protein, baik hewani maupun nabati, serta sayur dan buah

2. Keamanan makanan

Keamanan makanan menjadi hal vital dalam mempersiapkan MPASI selama liburan karena hal ini dapat memengaruhi kualitas makanan.

Misalnya jika MPASI tidak disiapkan pada suhu yang aman akan berisiko terkontaminasi bakteri atau MPASI yang dipilih adalah makanan yang mudah basi atau berisiko masih belum matang saat disajikan yang akan menyebabkan MPASI jadi tak layak makan.

3. Tetap perhatikan porsi, tekstur dan frekuensi pemberian MPASI

Memilih MPASI yang praktis dan sehat bukan berarti mengabaikan porsi, tekstur dan frekuensi pemberian MPASI pada anak, ya.

Pastikan porsi yang diberikan tidak terlalu sedikit atau terlalu banyak, tekstur tidak terlalu keras atau frekuensi yang terlalu sering. Hal ini bisa memengaruhi nafsu makan anak.

Pilihan MPASI praktis dan sehat selama liburan

Nah, setelah mengetahui 3 hal penting dalam mempersiapkan MPASI selama liburan, yuk cari tau apa saja sih pilihan MPASI tersebut?

1. MPASI dalam bentuk bubuk kering buatan sendiri atau MPASI instan rendah natrium

Membuat MPASI sendiri dalam bentuk kering bisa Anda lakukan dengan menghaluskan makanan berkarbohidrat seperti beras, beras merah atau jagung dengan blender dan meletakkanya dalam wadah tertutup untuk kemudian dipanaskan dengan lauk segar lainnya.

Hal ini bisa Anda lakukan jika mengajak buah hati ke tempat dimana tersedia dapur untuk memasak MPASI kering dengan lauk segar tersebut.

Akan tetapi, jika Anda berada dalam perjalanan yang termasuk cukup jauh, MPASI instan dengan kandungan natrium yang rendah bisa jadi pilihan selama perjalanan liburan.

2. MPASI beku

MPASI beku bisa Anda buat dalam menu dengan komposisi gizi lengkap. Anda hanya perlu membawa wadah berisi pendingin selama liburan dan memanaskan kembali MPASI saat akan dimakan.

membekukan-makanan-doktersehat

Photo Credit: flickr/ Sean Freese

Perhatikan bahwa suhu dingin menjadi hal yang harus dijaga selama memilih untuk membawa MPASI beku ya.

3. Bawalah camilan kering

doktersehat-cokelat-biskuit-cookies

pic credit: inna dee

Camilan kering seperti biskuit atau buah segar yang dipotong panjang agar mudah digenggam anak selama perjalanan. Camilan sehat penting dipertimbangkan untuk membantu mencukupi kebutuhan gizi harian anak.

4. Selalu siapkan minuman

Selama liburan, kebutuhan cairan anak bisa jadi meningkat karena aktivitasnya cenderung lebih banyak dari hari biasa. Untuk itu membawa minuman bisa jadi hal yang harus diperhatikan oleh Anda.

doktersehat-bayi-minum-teh

Photo Credit: Chris Parfitt

Sediakan air putih dan pilihan minuman sehat yang tetap menghidrasi tubuh anak dengan baik, misalnya sari buah.

Nah, itu dia pilihan MPASI yang praktis dan sehat untuk anak selama liburan, dengan memilih MPASI yang tepat, maka anak tetap akan memenuhi asupan gizi dan dapat menikmati liburan dengan kondisi kesehatan yang tetap fit, bukan?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi