Terbit: 25 Januari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Ginjal memegang fungsi penting dalam tubuh kita. Terdiri dari dua pasang di bagian kiri dan kanan di bawah tulang rusuk, ginjal berfungsi penyaring darah, perangsang sumsum tulang belakang untuk menghasilkan sel darah. mengatur keseimbangan asam basa dan tekanan darah serta membantu mempertahankan kalsium bagi tulang.

Pilihan Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Ginjal Anda

Begitu pentingnya peranan ginjal dalam tubuh, sudah selayaknya kita menjaga kesehatahn ginjal sebagaimana kita menjaga organ tubuh lainnya. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi makanan yang baik bagi kesehatan ginjal. Berikut ini beberapa makanan yang diketahui memiliki manfaat bagi ginjal.

1. Minyak zaitun
Tak hanya dikenal berkhasiat untuk menjaga kesehatan kulit, sebuah studi baru-baru ini menyebutkan bahwa pasien ginjal kronis yang menerapkan diet dengan minyak zaitun dapat memperbaiki kualitas kesehatannya. Kandungan aktif dalam buah zaitun diketahui dapat menjaga kualitas hidup penderita ginjal kronis sehingga kesehatan ginjal pun lebih terjaga.

2. Kayu manis
Kayu manis dikenal mampu membantu mengatur kadar glukosa. Hal ini dapat membantu menjaga kadar glukosa lebih baik dan melindungi Anda dari gangguan gula darah. Bagi para penderita diabetes, kelebihan glukosa dapat semakin memperparah kondisi ginjal. Karena itu beberapa penderita diabetes disarankan untuk mengkonsumsi air rebusan kayu manis untuk menjaga gula darah.

3. Bawang
Bawang bukan hanya berguna untuk memperkaya rasa masakan, namun juga mampu menjaga kesehatan ginjal. Baik bawang merah dan bawang putih mengandung quercentin, yaitu flavonoid yang memiliki efektivitas tinggi sebagai antioksidan. Beberapa penelitian menemukan bahwa quercentin membantu menjaga ginjal dari kerusakan, khususnya bagi para perokok berat.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

4. Kubis
Kubis yang kerap ditemui dalam santapan sehari-hari ini ternyata juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan ginjal. Kubis mengandung zat belerang yang berkhasiat mengikat racun yang mengendap di hati, sehingga mudah dikeluarkan melalui keringat dan urine. Selain itu kubis juga mengandung asam folat, vitamin K, C, dan serat yang baik bagi ginjal.

5. Apel
Apel tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan kulit, namun ternyata juga baik bagi ginjal. Apel yang kaya akan vitamin E dan serat mampu membantu membersihkan saluran pencernaan dan memaksimalkan kesehatan hati. Apel kaya akan pektin yang didalamnya terdapat vitamin, zat besi, dan mineral lengkap. Pektin banyak terdapat dalam kulit buah apel yang telah dimurnikan.

6. Putih telur
Jika Anda mengalami gangguan ginjal, Anda membutuhkan protein dengan kandungan sedikit fosfor. Putih telur adalah pilihan makanan yang tepat karena kaya protein namun kandungan fosfornya lebih rendah dari sumber protein lainnya.

Untuk menjaga kesehatan ginjal, Anda dapat secara rutin mengonsumsi makanan-makanan tersebut. Namun sebaiknya konsultasikan dulu pola makanan Anda pada dokter atau ahli gizi yang berwenang,


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi