Terbit: 21 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Biasanya apa yang Anda sajikan untuk sarapan anak? Sarapan anak harus dipersiapkan dengan maksimal namun dalam waktu yang relatif singkat. Kira-kira, apa saja sih pilihan makanan sehat untuk sarapan anak?

Pilihan Makanan Sehat Untuk Sarapan Anak

Anak dianjurkan untuk terbiasa sarapan sebelum berangkat sekolah. Hal ini akan membuat anak disiplin, asupan gizinya terpenuhi dan lebih berkonsentrasi selama di sekolah. Sarapan yang tepat juga akan mencegah anak jajan makanan yang tidak sehat.

Untuk itu pilihan sarapan anak haruslah sesuai dengan kebutuhannya. Menurut US Departement of Agriculture, ada lima pilihan makanan sehat yang dianjurkan ada untuk sarapan anak, yaitu:

1. Makanan berkarbohidrat

Whole grain menjadi pilihan yang tepat untuk sarapan agar anak merasa kenyang lebih lama dan tercukupi kebutuhan vitamin mineralnya. Pilih sereal atau roti dari whole grain untuk sarapan anak, olahan tepung dari whole grain, misalnya mi, juga bisa menjadi pilihan yang tepat.

2. Protein

Pilih makanan tinggi protein untuk mendukung kebutuhan energi awal harian anak. Daging, telur, atau kacang hijau bisa menjadi pilihan bahan makanan untuk anak saat sarapan. Olahlah menjadi menu yang praktis dan sehat agar sarapan anak menjadi super sehat.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

3. Sayur

Jangan lupa selalu sertakan sayur dalam setiap waktu makan anak. Hal ini akan memenuhi kebutuhan sayur hariannya dan juga membuat tubuh anak merasa kenyang lebih lama. Potong sayur menjadi bentuk dadu, rebus atau kukus dan tambahkan bumbu alami. Maka jadilah sajian sayur praktis untuk sarapan anak.

4. Buah

Jadikan buah bagian dari sarapan anak, sajikan buah segar atau dalam bentuk jus buah alami agar anak lebih mudah mengonsumsinya.

5. Olahan susu

Kalsium menjadi zat gizi penting untuk anak, maka dari itu selalu sajikan susu, yoghurt atau keju setiap kali anak sarapan. Olahlah keju atau yoghurt menjadi bagian dari lauk atau olahan buah anak sehingga kebutuhan kalsium anak bisa terpenuhi.

Itu dia pilihan makanan sehat untuk sarapan anak, cukup mudah kita terapkan, kan?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi