Terbit: 26 Januari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Apakah Anda sering mengalami pusing, lemas, atau pandangan mata menjadi gelap saat beranjak dari duduk atau jongkok? Jika iya, mungkin Anda mengidap hipotensi atau penyakit tekanan darah. Dalam beberapa kasus, memiliki tekanan darah rendah bukanlah suatu kondisi yang serius. Namun jika hal ini sering mengganggu aktivitas Anda, sebaiknya Anda bicarakan dengan dokter keluarga Anda.

Pilihan Makanan Sehat Untuk Naikkan Tekanan Darah

Makanan untuk Naikkan Tekanan Darah

Selain berkonsultasi ke dokter, Anda juga dapat mencoba meningkatkan tekanan darah lewat makanan yang sehari-hari Anda santap. Bagi penderita tekanan darah rendah, makanan yang disarankan adalah yang mengandung natrium dan sodium. Sayangnya, kandungan natrium dan sodium paling banyak ditemukan pada makanan kemasan atau makanan siap saji yang mengandung lemak jenuh dan kolesterol sehingga tidak baik untuk kesehatan.

Untuk menghindari konsumsi makanan tidak sehat tersebut, Anda bisa mendapatkan asupan natrium dan sodium dari makanan sehat seperti buah-buahan dan sayur. Meskipun kandungan natrium dan sodium dalam buah dan sayur tidak sebanyak dalam makanan kemasan atau siap saji, namun buah dan sayur juga kaya akan air yang dapat meningkatkan volume darah sehingga juga dapat membantu meningkatkan tekanan darah.

Beberapa buah dan sayur yang baik untuk mengatasi tekanan darah rendah Anda antara lain:

1. Bayam

Kandungan natrium dalam bayam sebenarnya hanya 4 mg per 100 gram. Meskipun terbilang cukup sedikit, namun bayam mengandung 92& air yang cukup baik untuk mengontrol tekanan darah. Selain itu bayam juga kaya akan folat yang dapat membantu melemaskan pembuluh darah dan mempertahankan kelancaran aliran darah.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

2. Wortel

Wortel merupakan salah satu bahan makanan yang kaya akan natrium. Wortel mengandung 70 mg natrium per 100 gram dan mengandung air sebesar 87% yang baik untuk menjaga tekanan darah.

3. Buah bit

Buah bit mengandung natrium sebesar 36 mg dan kalium sebesar 330 mg. Selain berkhasiat untuk mengontrol tekanan darah, buah bit juga kaya akan antioksidan yang baik bagi jantung. Cara mengonsumsinya pun cukup mudah, bisa ditambahkan ke dalam salad, atau diolah menjadi jus bit yang segar.

4. Timun

Kandungan air dalam timun terbilang cukup tinggi yaitu mencapai 96%. Bagi Anda penderita hipotensi, sebaiknya jangan lewatkan timun dalam hidangan Anda. Timun banyak disajikan sebagai pelengkap masakan dalam lalapan, acar, dan gado-gado.

5. Seledri

Jika Anda menemukan seledri dalam hidangan Anda, sebaiknya jangan terburu-buru membuangnya. Bukan hanya daunnya, namun batang seledri juga kaya akan natrium. Daun seledri mengandung 96 mg natrium per 100 gram sedangkan batangnya mengandung 75 mg natrium per 100 gram. Selain itu seledri juga juga banyak mengandung air dan folat. Dalam masakan, seledri berfungsi untuk memperkaya rasa masakan sehingga sayang jika Anda lewatkan.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi