Terbit: 7 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Anda tentu sering ya mendengar ada banyak produk yang ditawarkan dalam berbagai jenis. Misalnya saja minuman soda bebas gula atau gula khusus penderita diabetes. Namun ternyata ada cukup banyak lho produk yang kini sudah memiliki versi lebih sehatnya. Apa sajakah?

Pilih Yang Sehat, Ini 4 Makanan Yang Sudah Banyak Versi Sehatnya

Produk yang dibuat dalam bentuk yang lebih sehat umumnya adalah produk yang jika dikonsumsi berlebihan akan berisiko untuk kesehatan. Selain itu, penggunaan produk yang lebih sehat kerap dianjurkan untuk beberapa penderita penyakit.

Tetapi, produk dengan versi lebih sehat tetap boleh dikonsumsi untuk pencegahan berbagai penyakit.Beberapa produk yang sudah tersedia versi lebih sehatnya adalah:

1. Gula dengan bahan alami

Pernahkah Anda perhatikan bahwa belakangan ini penggunaan pemanis alami, misalnya daun stevia, kerap digunakan sebagai bahan baku dalam berbagai produk gula. Hal ini tentu lebih sehat karena kandungan gula dari bahan alami lebih baik untuk tubuh dan tidak memberikan efek samping seperti kandungan gula buatan.

Beberapa produk gula dengan pengurangan penggunaan gula, juga semakin mudah ditemui utamanya dengan klaim pencegahan diabetes.

2. Garam rendah sodium

Belum banyak dikenal, namun penggunaan garam rendah sodium atau low sodium salt sangat dianjurkan untuk penderita hipertensi. Garam rendah sodium juga boleh digunakan untuk non penderita hipertensi agar dapat mengontrol asupan sodium dalam tubuh untuk menjaga tekanan darah. Garam ini sudah diproduksi di Indonesia meskipun perolehannya belum semudah produk sehat lainnya.

3. Kecap rendah natrium dan gula

Kecap kerap tidak disadari kandungan natriumnya, hal ini kerap membahayakan penderita hipertensi. Untuk itu, kecap rendah natrium kini mulai bisa kita peroleh di pasaran. Selain rendah natrium, kecap rendah gula atau terbuat dari bahan alami juga mulai hits belakangan ini.

4. Susu rendah lemak

Yang satu ini tentu sudah tidak asing di telinga. Ya, susu rendah lemak merupakan versi lebih sehat dari susu. Kini kita semakin mudah memperoleh susu rendah lemak karena banyak diproduksi dalam bentuk susu kemasan.

Nah, itu dia bahan makanan yang tersedia dalam versi lebih sehatnya, Anda tertarik mencoba yang mana?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi