Terbit: 10 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Saat sedang melakukan diet penuruan berat badan, asupan makanan baik saat makan besar dan snack perlu diperhatikan. Tidak hanya jumlah atau porsi makanannya saja namun juga penting memilih jenis makanan yang tepat agar diet dapat berhasil.

Pilih Snack Ini Agar Membantu Dietmu

Menurut Almatsier, serat pada makanan memiliki waktu tinggal yang lebih lama apabila dibandingkan dengan makanan lain yang berbentuk halus. Hal ini dapat menyebabkan pengosongan lambung menjadi lebih lama dan kita dapat merasa kenyang lebih lama. Sehingga, dalam pemilihan makanan selama diet penurunan berat badan makanan yang kaya serat dapat dipertimbangkan untuk dikonsumsi salah satunya sebagai pilihan snack saat ngemil.

Makanan yang banyak mengandung serat adalah buah dan sayur. Sehingga, buah atau sayur tepat dipilih menjadi snack saat diet. Selain dapat menyebabkan tubuh kenyang lebih lama serat juga dapat melancarkan pembuangan feses sehingga pencernaan selama diet tidak terganggu.

Meski makanan yang kaya akan serat baik untuk dipilih saat diet, kita perlu memperhatikan bahwa tubuh juga membutuhkan zat gizi lain seperti protein dan lemak untuk memenuhi kebutuhan dasar tubuh. Sehingga, tidak tepat jika kita hanya mengganti asupan makan selama diet dengan makanan yang kaya serat saja.

Perlu pula diperhatikan, serat dari buah-buahan umumnya mengandung gula. Pemilihan jenis buah dapat dilakukan pergantian antara buah yang manis (misalnya semangka) dengan yang tidak terlalu manis (misalnya apel) atau dapat pula kombinasi keduanya. Olahan buah umumnya bisa dibentuk dalam berbagai macam seperti jus atau salad buah. Serat dari sayur umumnya tidak mengandung gula. Pengolahan atau metode memasak sayur dengan cara yang tepat (misalnya sayur tidak diolah/ dimasak hingga menjadi sangat layu) akan membantu asupan serat dari sayur lebih optimal.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi