Terbit: 18 Februari 2018 | Diperbarui: 23 Oktober 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Siapa yang tidak suka salad? Baik salad buah maupun salad sayur kini mulai banyak digemari. Salad menjadi salah satu contoh makanan sehat dan bentuk dari kesukaan akan konsumsi buah dan sayur. Proses pembuatan yang cenderung mudah dan dapat kita buat sendiri dirumah membuat semakin banyak orang yang menyukai salad.

Pilih Buah Ini Untuk Ditambahkan di Saladmu

Salad yang cukup mudah kita buat salah satunya adalah salad buah. Bahan yang digunakan cenderung mirip dengan rujak buah sehingga salad buah lebih bisa diterima oleh banyak orang meskipun dengan saus atau dressing yang berbeda. Buah yang umum digunakan untuk salad buah adalah apel, pir, semangka, melon, dan stroberi. Sedangkan untuk salad sayur yang sering digunakan adalah selada, kol dan tomat.

Buah dan sayur dalam salad tentu tidak hanya segar dan berwarna, buah dan sayur tersebut memiliki kandungan yang bermanfaat untuk tubuh. Kandungan yang pasti banyak terdapat di buah dan sayur tersebut adalah berbagai jenis vitamin. Vitamin yang banyak terdapat pada buah dan sayur yang sering di gunakan di salad adalah vitamin A, C dan E. Ternyata ada buah lain yang bisa kita tambahkan dalam salad yang mampu membuat vitamin pada salad dapat kita serap dengan lebih baik. Buah itu adalah alpukat.

Alpukat masih jarang kita gunakan dalam pembuatan salad padahal alpukat memiliki kandungan asam oleat. Asam oleat yang ada pada alpukat ini dapat meningkatkan penyerapan vitamin yang larut lemak yang ada pada salad seperti vitamin A dan E. Pakar kesehatan Rita Ramayulis menyarankan bahwa alpukat sebaiknya dimakan bersamaan dengan makanan lain yang memiliki banyak kandungan vitamin. Hal ini akan meningkatkan penyerapan vitamin dan karoten pada bahan makanan yang kaya vitamin.

Meskipun masih jarang kita olah sebagai bahan untuk pembuatan salad, tidak ada salahnya kita mencoba menambahkan alpukat pada salad sehingga penyerapan vitamin dalam tubuh kita semakin optimal.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi