Pilek Selama 5 Tahun, Ternyata Karena Penyakit Mematikan Ini

doktersehat flu

DokterSehat.Com– Jangan pernah menyepelekan pilek meskipun penyakit ini terlihat ringan. Bisa jadi, pilek tak kunjung bisa disembuhkan dalam waktu yang lama sehingga tentu akan cukup mengganggu aktivitas sehari-hari. Sayangnya, hal inilah yang dianggap sepele oleh seorang pria dari negara bagian North Carolina, Amerika Serikat bernama Greg Phillpotts.

Greg mengalami pilek selama lima tahun berturut-turut. Hidungnya bahkan sampai mengeluarkan cairan terus-menerus sehingga cukup mengganggu kegiatannya. Hanya saja, Greg menganggap hal ini sebagai gejala dari alergi sehingga cenderung menyepelekannya. Selain itu, Greg ternyata juga pernah memeriksakan kondisi ini ke dokter. Saat itu, ia didiagnosis terkena pneumonia dan bronchitis. Sayangnya, obat yang didapatkannya sama sekali tidak mampu mengatasi pilek tersebut.

“Aku bisa merasakan gejala pilek ini di mana saja. Saat menggunakan pesawat terbang, saat harus bertemu dengan orang lain atau melakukan pertemuan yang penting, cairan ini terus keluar dari hidungku,” ungkap Greg sebagaimana dilansir dari The Sun.

Februari 2018 lalu, Greg akhirnya tidak tahan lagi dengan kondisi kesehatannya, apalagi setelah gejala yang dirasakannya disertai dengan batuk-batuk. Greg pun akhirnya mendatangi dokter spesialis yang ada di Mount Sinai Hospital, New York.

Sang dokter, dr. Alfred Iloreta terkejut dengan hasil pemeriksaan yang ia lakukan. Ternyata, Greg mengalami kebocoran cairan otak, tepatnya di bagian serebrospinal. Cairan otak ini memiliki fungsi sebagai pelindung otak dan sumsum tulang belakang. Dr. Alfred lebih terkejut karena Greg sudah mengalaminya hingga bertahun-tahun lamanya.

“Sebenarnya, kebocoran cairan otak ini juga bisa memicu infeksi. Sebagai contoh, ada bakteri yang bisa saja naik dari bagian hidung ke otak sehingga menyebabkan meningitis yang mematikan,” ucap dr. Alfred.

Tak ingin kondisi ini terjadi, dr. Alfred pun langsung meminta Greg menjalani operasi. Operasi ini pun membuat Alfred harus merelakan sebagian kecil jaringan kulitnya untuk dijadikan salah satu solusi untuk mengatasi kebocoran cairan otak yang selama ini dialaminya.

Beruntung, operasi berjalan dengan baik. Setelah menjalani proses pemulihan, Greg tidak lagi merasakan pilek yang selama ini membebaninya.