Minum Pil Kontrasepsi, Wanita Ini Terkena Stroke

sarah_pil_kontrasepsi_doktersehat_1
Photo Source: Nottingham Post

DokterSehat.Com– Sarah Revill-Dews menderita stroke hanya gara-gara mengonsumsi pil kontrasepsi setelah pulang dari bulan madu. Ia pun harus belajar untuk membaca dan menulis kembali gara-gara serangan stroke ini.

Dilansir dari metro.co.uk, wanita dari Nottingham, Inggris ini baru saja pulang dari bulan madu di Sri Lanka dan Maladewa. Saat berada di kantor, tiba-tiba saja Sarah mengalami sakit kepala parah pada Mei 2018 lalu. Wanita berusia 28 tahun ini menganggap sepele sakit kepala ini. Ia pun tetap melanjutkan pekerjaannya.

Sayangnya, tatkala ditanya oleh rekannya tentang pengalaman bulan madunya, ia tidak mampu menjawab apapun meskipun sudah berusaha untuk berbicara. Sarah kehilangan kemampuan untuk berkomunikasi, baik itu berbicara, membaca, ataupun menulis.

Rekan-rekan kerjanya tahu ada yang tidak beres pada kesehatan Sarah dan langsung menelepon ambulans. Tenaga medis yang menerima telepon ini kemudian meminta rekan kerjanya untuk memberikan aspirin kepada Sarah karena menduga ia terkena stroke.

Setelah dibawa ke rumah sakit, dokter yakin bahwa konsumsi pil kontrasepsi menjadi pemicu dari stroke ini. Meski kasusnya tergolong langka, pil kontrasepsi memang bisa meningkatkan risiko terkena penyakit berbahaya ini.

“Aku menerapkan gaya hidup sehat dan selalu berolahraga setiap hari. Karena alasan inilah aku tidak menyangka bisa terkena stroke,” ucap Sarah.

“Sangat berat menjalani empat bulan masa pemulihan, tapi aku mendapatkan dukungan dari suami dan keluarga. Aku seperti balita yang harus kembali belajar membaca dan menulis dengan teka-teki silang atau bermain Sudoku. Aku bahkan ikut kelas Tai Chi demi mengembalikan keseimbangan tubuh,” lanjutnya.

Kondisi Sarah kemudian semakin membaik meskipun belum benar-benar pulih dari efek stroke yang dideritanya.