Pil KB Yasmin – Manfaat, Aturan Pakai, dan Efek Samping

efek-samping-pil-kb-yasmin-doktersehat

DokterSehat.Com – Pil KB Yasmin obat apa? Pil KB Yasmin adalah obat kontrasepsi oral sehingga bisa mencegah kehamilan. Banyak perempuan yang memilih Pil KB Yasmin karena dosisnya rendah dan memiliki manfaat non kontraseptif.

Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang obat Pil KB Yasmin termasuk informasi tentang kandungan, harga, indikasi, kontraindikasi, manfaat, cara minum Pil KB Yasmin, dan efek samping Pil KB Yasmin.

Rangkuman Informasi Obat Pil KB Yasmin

  • Nama                                       : Pil KB Yasmin
  • Golongan Obat                          : Kontrasepsi » Kontrasepsi Hormonal Kombinasi
  • Bentuk Sediaan                         : Tablet salut selaput
  • Kandungan Pil KB Yasmin           : Drospirenon dan Etinilestradiol
  • Harga Pil KB Yasmin                  : Rp230.000-260.000 per pcs
  • Manfaat Pil KB Yasmin               : Mencegah Kehamilan
  • Indikasi Penggunaan                 : Wanita yang ingin menunda kehamilan
  • Kontraindikasi                           : Kehamilan dan menyusui
  • Cara minum Pil KB Yasmin         : Minum 1 pil setiap hari (selama 21 hari berturut-turut)
  • Efek samping pil KB Yasmin       : Sakit kepala, migrain, mual, muntah, dan lainnya

Bentuk Sediaan Pil KB Yasmin

Pil KB Yasmin memiliki bentuk sediaan berupa tablet salut selaput atau biasa disebut juga pil. Simpanlah pil KB ini di tempat yang sejuk dan kering sehingga tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung.

Kandungan Pil KB Yasmin

Kontrasepsi oral bermerk Yasmin ini memiliki dua kandungan hormon, yaitu hormon progestin (Drospirenon) dan hormon estrogen (Etinil Estradiol). Kombinasi kedua hormon ini bekerja sama untuk mencegah ovulasi sehingga tidak terjadi pembuahan.

Drospirenin dan Etinil Estradiol juga meningkatkan ketebalan cairan vagina sehingga sel-sel sperma sulit menjangkau tuba fallopi. Kedua kandungan Pil KB Yasmin juga membuat lapisan rahim mengalami perubahan sehingga sel zigot tidak bisa melekat.

Ini akan membuat sel zigot tersebut keluar sendiri dari tubuh. Jumlah kandungan drospirenon lebih banyak daripada kandungan etinilestradiol. Pil KB Yasmin mengandung 3 mg drospirenon dan etinilestradiol sejumlah 0,03 mg.

Harga Pil KB Yasmin

Pil KB Yasmin dijual per strip atau pieces. Harga Pil KB Yasmin adalah Rp230.000-Rp260.000 per pieces. Setiap satu pieces berisi 21 tablet yang cukup untuk satu bulan karena ada 7 hari di mana Anda haid dan tidak perlu minum pil KB.

Indikasi Pil KB Yasmin

Pil KB Yasmin hanya digunakan jika Anda sudah aktif berhubungan seksual tetapi belum atau tidak ingin hamil. Sebenarnya, Pil KB Yasmin memiliki manfaat selain mencegah kehamilan, yaitu seperti mengatasi jerawat.

Namun, penggunaan Pil KB Yasmin hanya untuk mengatasi jerawat tidaklah direkomendasikan. Anda perlu memiliki indikasi utama terlebih dahulu, yaitu mencegah kehamilan lalu Anda bisa juga sekalian mengatasi jerawat.

Kontraindikasi Pil KB Yasmin

Ibu hamil jelas tidak bisa menggunakan Pil KB Yasmin. Selain sia-sia karena telah hamil, penggunaan Pil KB Yasmin pada ibu hamil bisa membahayakan kondisi kandungan. Bisakah Pil KB Yasmin untuk ibu menyusui?

Pil KB Yasmin juga tidak boleh digunakan pada ibu menyusui. Hal ini dikarenakan kontrasepsi hormonal per oral dapat memengaruhi laktasi. Kandungan drospirenon dan etinilestradiol bisa mengurangi jumlah produksi ASI dan mengubah komposisi ASI.

Di samping itu, kontrasepsi oral ini juga dikontraindikasikan oleh riwayat hipersensitivitas, trombosis vena atau arteri, serangan iskemia, angina pektoris, dan migrain. Penderita hipertensi tingkat parah, pankreatitis, dan diabetes melitus tidak bisa menggunakan Pil KB Yasmin.

Orang yang memiliki penyakit hati berat atau gagal ginjal tidak boleh menggunakan pil KB ini. Pil KB Yasmin tidak bisa digunakan oleh penderita kanker hati dan karsinomal alat genital.

Manfaat Pil KB Yasmin

Obat KB merk Yasmin ini memiliki manfaat kontraseptif dan manfaat non kontraseptif. Manfaat kontraseptik Pil KB Yasmin di antaranya adalah mencegah terjadinya ovulasi, menghambat pertemuan sel sperma dengan sel telur, dan menggagalkan perlekatan sel zigot.

Pil KB Yasmin juga memiliki manfaat non kontraseptif. Inilah salah satu alasan mengapa banyak wanita yang memilih untuk menggunakan pil KB ini. Manfaat non kontraseptif dari Pil KB Yasmin bisa mengatasi jerawat sedang yang biasa muncul menjelang haid.

Manfaat non kontraseptif lainnya dari Pil KB Yasmin adalah membuat siklus menstruasi menjadi lebih teratur. Selain itu, pil KB ini juga bisa meredakan nyeri haid, mengurangi jumlah darah ketika haid.

Risiko terkena penyakit kista ovarium juga bisa ditekan dengan menggunakan Pil KB Yasmin karena kombinasi drospirenin dan etinilestradiol bisa meningkatkan kesehatan ovarium. Namun, perlu diingat bahwa Pil KB Yasmin tidak bermanfaat mencegah penyakit menular seksual.

Cara Minum Pil KB Yasmin

Jangan sampai keliru dalam menggunakan Pil KB Yasmin. Cara minum Pil KB Yasmin adalah setiap hari secara berurut dengan dosis satu tablet per hari. Sebaiknya Anda menggunakan pelindung selama 7 hari pertama minum Pil KB Yasmin.

Pil KB Yasmin diminum ketika Anda tidak sedang haid yang umumnya berjumlah sekitar 21 hari. Jika Anda sedang menstruasi, maka Anda tidak perlu meminumnya dan minum Pil KB Yasmin kemasan baru setelah haid selesai.

Tidak seperti obat-obatan lainnya, Pil KB Yasmin tidak diminum sebelum atau setelah makan melainkan sebelum tidur malam atau sesuai dengan petunjuk pada kemasan. Bagaimana jika Anda terlupa minum pil KB?

Anda tidak perlu cemas jika lupa atau terlambat minum pil KB ini selama kurang dari 12 jam. Manfaat kontraseptif Pil KB Yasmin masih bekerja sehingga kehamilan dapat dicegah. Minumlah obat kontrasepsi ini setelah Anda makan karena perlindungan kontrasepsinya mulai berkurang jika tidak diminum lebih dari 12 jam.

Efek Samping Pil KB Yasmin

Pil KB Yasmin memang memiliki manfaat unggul baik bersifat kontraseptif maupun non kontraseptif. Akan tetapi, penggunaan Pil KB yang menyalahi aturan pakai, dalam jangka panjang, atau pada kasus khusus memiliki efek samping tertentu.

Orang yang memiliki riwayat alergi terhadap kandungan Pil KB Yasmin akan mengalami reaksi alergi berupa mual, muntah, pusing, sakit perut, sesak napas, dan masalah kulit. Efek samping Pil KB Yasmin juga bisa mengakibatkan migrain, perubahan gairah seks, gangguan pencernaan, dan masalah kulit.

Penggunaan Pil KB Yasmin juga telah dilaporkan berefek pada payudara sehingga membuat penggunanya merasakan nyeri payudara, tenderness, dan membesar ukuran payudara. Masalah urogenital dan retensi cairan juga merupakan efek samping Pil KB Yasmin.

Peringatan Penggunaan Pil KB Yasmin

Jangan menggunakan Pil KB Yasmin tanpa berkonsultasi dengan dokter. Hal ini bertujuan untuk memastikan Anda memiliki indikasi dan terbebas dari kontraindikasinya. Anda juga perlu memberi tahu kepada dokter semua jenis obat yang digunakan.

Ini dikarenakan terdapat kemungkinan interaksi obat jika menggunakan Pil KB Yasmin bersamaan dengan obat-obatan tertentu seperti AINS, penghambat ACE, obat diuretik, , aldosteron antagonis, antibiotik, dan sebagainya.

 

 

Sumber:

  1. PIONAS-BPOM: Etinilestradiol + Drospirenon. http://pionas.pom.go.id/monografi/etinilestradiol-drospirenon [diakses pada 25 Maret 2019]
  2. WebMD: Drospirenone-Ethinyl Estradiol Tablet Contraceptives. https://www.webmd.com/drugs/2/drug-21091-656/drospirenone-ethinyl-estradiol-oral/ethinyl-estradiol-drospirenone-24-4-oral/details [diakses pada 25 Maret 2019]