Pil KB Diane 35 – Manfaat, Aturan Pakai, dan Efek Samping

DokterSehat.Com – Pil KB Diane 35 obat apa? Pil KB Diane 35 adalah obat kontrasepsi oral yang bisa mencegah kehamilan. Tidak sedikit wanita yang memilih Pil Diane karena pil KB ini juga memiliki manfaat non kontraseptif.

Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang obat Pil Diane 35 termasuk informasi tentang kandungan, harga, indikasi, kontraindikasi, manfaat, cara minum Pil KB Diane, dan efek samping Pil KB Diane.

Rangkuman Informasi Obat Pil KB Diane 35

  • Nama                                       : Pil KB Diane 35
  • Golongan Obat                          : Kontrasepsi » Kontrasepsi Hormonal Kombinasi
  • Bentuk Sediaan                         : Tablet salut gula
  • Kandungan Pil KB Diane             : Etinilestradiol dan Siproteron Asetat
  • Harga Pil KB Diane                    : Rp120.000-150.000 per pcs
  • Manfaat Pil KB Diane                 : Mencegah Kehamilan dan anti jerawat
  • Indikasi Penggunaan                  : Wanita yang ingin menunda kehamilan
  • Kontraindikasi                           : Kehamilan dan menyusui
  • Cara minum Pil KB Diane           : Minum 1 pil setiap hari (selama 21 hari berturut-turut)
  • Efek samping pil KB Diane         : Sakit kepala, migrain, mual, muntah, dan lainnya

Bentuk Sediaan Pil KB Diane 35

Pil KB Diane 35 memiliki bentuk sediaan berupa tablet salut gula. Bentuk sediaan ini juga biasa disebut juga pil. Anda harus menyimpan pil KB ini di tempat yang sejuk dan kering agar tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung.

Kandungan Pil KB Diane 35

Pil kontrasepsi oral dengan merk Diane ini memiliki dua kandungan hormon sintetis, yaitu hormon estrogen (Etinilestradiol) dan hormon anti-androgen (Siproteron Asetat). Kombinasi kedua hormon ini bekerja sama sehingga memberikan manfaat kontraseptif dan non-kontraseptif.

Setiap satu pil KB Diane 35 mengandung Etinilestradiol sebanyak 35 mcg dan Siproteron Asetat sebanyak 2 mg. Kandungan Etinilestradiol di dalam pil Diane 35 akan mencegah kehamilan dengan cara meningkatkan ketebalan cairan vagina.

Hal ini membuat sel-sel sperma sulit menjangkau tuba fallopi. Selain itu, Etinilestradiol juga akan menghambat pelepasan sel telur matang atau ovulasi sehingga tidak ada sel telur yang dibuahi.

Ini membuat peluang terjadinya pembuahan hampir tidak mungkin terjadi. Kandungan Siproteron Asetat pada pil KB Diane 35 bisa menurunkan produksi minyak pada kulit wajah sehingga jerawat bisa diobati dan dicegah.

Harga Pil KB Diane 35

Pil KB Diane tidak dijual per tablet melainkan per strip atau pieces. Ini dikarenakan setiap pieces diperuntukkan untuk satu bulan siklus wanita. Harga Pil Diane adalah Rp120.000-150.000 per pieces.

Setiap satu pieces berisi 21 tablet di mana itu cukup untuk satu bulan siklus haid. Ada masa selama 7 hari di mana Anda tidak perlu minum pil KB Diane 35 karena merupakan hari-hari datang bulan (menstruasi).

Indikasi Pil KB Diane 35

Pil KB Diane 35 digunakan jika Anda sudah memiliki pasangan dan aktif melakukan hubungan intim tetapi belum menginginkan terjadinya kehamilan. Obat pil KB Diane 35 juga memiliki manfaat non-kontraseptif, yaitu mencegah jerawat.

Akan tetapi, penggunaan Pil KB Diane 35 tidak direkomendasikan jika Anda hanya ingin mengatasi jerawat tanpa adanya indikasi utama yakni mencegah kehamilan. Ini dikarenakan kandungan pil Diane 35 merupakan obat dengan kandungan hormonal dan bukan obat anti jerawat semata.

Kontraindikasi Pil KB Diane 35

Ibu hamil dikontraindikasikan terhadap penggunaan pil KB Diane. Tentu saja, ibu hamil tidak boleh menggunakan pil KB Diane 35 karena akan memengaruhi keseimbangan hormon kehamilan.

Selain itu, manfaat kontraseptif pil KB Diane 35 juga menjadi hal yang sia-sia karena sedang hamil. Pil Diane juga tidak boleh digunakan pada ibu menyusui. Hal ini dikarenakan pil KB Diane 35 akan memengaruhi laktasi.

Kandungan etinilestradiol bisa mengurangi jumlah produksi ASI dan mengubah kandungan pada ASI. Kontrasepsi oral ini juga tidak boleh digunakan jika Anda memiliki riwayat hipersensitivitas.

Pasien yang mengalami penyakit hati, tromboembolik, diabetes, pruritus, kanker hati, riwayat jaundis, sindroma Dubin-Johnson, dan sindroma Rotor tidak bisa menggunakan pil KB Diane 35. Diperlukan konsultasi dokter untuk mendapatkan kontrasepsi pengganti yang lebih aman untuk kondisi tersebut.

Manfaat Pil KB Diane 35

Obat KB merk Diane ini memiliki dua manfaat, yaitu manfaat kontraseptif dan manfaat non kontraseptif. Manfaat kontraseptikf dari Pil KB Diane adalah untuk mencegah kehamilan dengan menggagalkan dan  menghambat pertemuan sel sperma dengan sel telur.

Pil KB Diane 35 juga memiliki manfaat non kontraseptif. Manfaat non kontraseptif dari pil Diane 35 bisa mengatasi jerawat yang merupakan salah satu sindrom pramenstruasi.  Inilah juga menjadi alasan mengapa banyak wanita yang memilih untuk menggunakan pil KB Diane 35.

Cara Minum Pil KB Diane 35

Anda perlu mengetahui cara minum pil KB Diane 35 agar tidak keliru dalam menggunakan Pil Diane. Cara minum Pil KB Diane adalah setiap hari secara berurut dengan dosis sebanyak satu tablet per hari.

Namun, sebaiknya Anda masih tetap menggunakan pelindung selama 7 hari pertama minum Pil Diane. Pil KB Diane diminum ketika Anda tidak sedang haid yakni selama 21 hari. Anda tidak perlu minum pil Diane jika Anda sedang menstruasi.

Pil KB Diane 35 diminum sebelum tidur malam dan bukan sebelum atau setelah makan. Ikutilah aturan minum sesuai petunjuk pada kemasan. Bagaimana jika Anda terlupa minum pil KB?

Jika lupa atau terlambat minum pil Diane selama kurang dari 12 jam, maka Anda tidak perlu cemas. Manfaat kontraseptif Pil KB Diane 35 masih aktif. Kehamilan pun bisa dicegah. Anda bisa segera minuml pil Diane setelah Anda makan agar manfaat kontraseptif tidak hilang.

Efek Samping Pil KB Diane 35

Pil KB Diane 35 bisa menimbulkan efek samping tertentu jika digunakan tidak sesuai aturan pakai, anjuran dosis, atau karena memiliki kasus khusus tertentu. Jangan pernah menganggap remeh efek samping pil KB Diane 35.

Orang yang memiliki riwayat hipersensitivitas terhadap kandungan etinilestradiol atau siproteron asetat akan mengalami reaksi alergi. Reaksi alergi tersebut ditandai dengan adanya mual, muntah, pusing, sakit perut, sesak napas, dan masalah kulit.

Efek samping Pil KB Diane 35 juga bisa meningkatkan gairah seksual, disfungsi ereksi, dan inhibisi spermatogenesis sementara. Jangan heran bila berat badan Anda akan mengalami perubahan yang signifikan.

Beberapa efek samping pil Diane lainnya seperti keletihan, kulit memerah, napas menjadi lebih pendek, depresi, ruam kulit, dab berkeringat. Pil KB Diane 35 memiliki beberapa efek samping yang serius walau sangat jarang terjadi.

Efek samping pil KB Diane 35 di antaranya adalah tumor hati, osteoporosis, anemia, meniongioma, tromboembolik, hemoragik intraabdominal, dan efek feminin jika digunakan oleh pria.

 

 

 

Sumber:

  1. PIONAS-BPOM: Diane 35. http://pionas.pom.go.id/obat/diane-35 [diakses pada 5 April 2019]