Terbit: 31 Januari 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo


Apakah Anda pernah merasakan sakit kepala? Berdasarkan data dari WHO, hampir setengah populasi orang dewasa di seluruh dunia pernah mengalami sakit kepala pada satu titik tertentu. Apabila Anda ingin mengatasi sakit kepala dengan cara alami, ketahui teknik pijatan untuk sakit kepala dalam artikel ini.

pijatan-untuk-kepala-tulang-pipi-doktersehat

Manfaat Pijatan untuk Sakit Kepala

Sakit kepala adalah keluhan medis paling umum yang pernah dirasakan oleh kebanyakan orang. Sakit kepala dapat menjadi tanda adanya tekanan emosional yang dikaitkan dengan kelainan medis seperti migrain, tekanan darah tinggi, masalah kesehatan mental, dll.

Terdapat berbagai cara mengatasi sakit kepala, termasuk cara tradisional seperti pijatan sakit kepala. Berikut ini adalah manfaat pijatan sakit kepala, yaitu:

  • Mengurangi ketegangan yang menyebabkan sakit kepala
  • Mengurangi efek gangguan tidur dan rasa tertekan akibat sakit kepala
  • Merelaksasi pikiran
  • Mengembalikan keseimbangan dalam tubuh
  • Membantu mengatasi gejala stres
  • Membantu mengatasi kejang otot yang memicu sakit kepala

Berdasarkan studi lain, pijatan juga dapat memperbaiki kualitas tidur pada penderita sakit kepala jenis migrain daripada mereka yang tidak melakukan terapi pijatan.

Teknik Pijatan untuk Sakit Kepala

Pengobatan Tiongkok mempercayai bahwa teknik pijatan dapat bekerja efektif untuk mengurangi rasa sakit kepala melalui sentuhan pada titik refleksi atau bagian-bagian sensitif tubuh untuk merangsang penyembuhan dalam tubuh.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi titik refleksi atau akupresur untuk mengatasi sakit kepala, yaitu:

1. Third Eye

third-eye-doktersehat

Third eye atau mata ketiga adalah titik akupuntur dan akupresur Tiongkok yang terletak pada tengah kening di antara kedua alis Anda. Memijat lembut titik mata ketiga ini dapat membantu mengurangi rasa sakit kepala, nyeri, meredakan hidung tersumbat, hingga mengatasi insomnia.

Cara melakukan titik refleksi third eye adalah:

  • Tutup mata dan pastikan Anda dalam posisi yang lebih rileks
  • Sentuh titik third eye Anda dengan jari telunjuk dengan tekanan yang sedikit kuat selama satu menit
  • Lakukan dengan lembut dan tenang hingga Anda merasa lebih baik

Titik refleksi ini juga berguna untuk mengatasi mata lelah dan sinus yang umumnya menyebabkan sakit kepala juga.

2. Drilling Bamboo

pijatan-untuk-kepala-drilling-bamboo-doktersehat

Drilling bamboo adalah teknik akupresur yang terletak pada dua titik pangkal hidung Anda dekat dengan ujung alis Anda. Teknik ini dipercaya dapat meringankan sakit kepala.

Cara melakukan titik refleksi drilling bamboo adalah:

  • Letakkan kedua jari telunjuk Anda di kedua titik drilling bamboo
  • Sentuh dengan tekanan kuat sekaligus
  • Tahan selama 10 detik
  • Lepaskan lalu ulangi lagi sampai gejala sakit kepala terasa lebih ringan

Teknik pijatan drilling bamboo ini juga bermanfaat untuk meredakan gejala kelelahan mata, sinus, demam, hidung tersumbat, serta pilek atau flu.

3. Gates of Consciousness (Feng Chi)

Gates of consciousness atau gerbang kesadaran adalah titik akupresur yang terletak di pangkal tengkorak di daerah berongga paralel antara dua otot leher vertikal Anda. Lebih jelasnya, titik ini terletak di belakang kepala bagian bawah atau di dekat leher tepatnya di bawah telinga.

Cara melakukan titik refleksi gates of consciousness adalah:

  • Letakan telunjuk dan jari tengah Anda dari kedua tangan di titik refleksi gates of consciousness tersebut
  • Sentuh kedua titik tersebut dengan tekanan kuat selama sekitar 10 detik
  • Lepaskan dan ulangi lagi hingga Anda merasa lebih baik

Teknik ini juga disebut dengan Feng Chi dalam pengobatan tradisional Tiongkok. Teknik pijatan ini bermanfaat untuk mengurangi gejala sakit kepala dan sensasi tegang di leher.

Baca Juga: 14 Obat Sakit Kepala Alami (Terbukti Secara Ilmiah!)

4. Shoulder Well

shoulder-well-doktersehat

Manfaat shoulder well adalah untuk meringankan sakit kepala dengan titik refleksi di bahu Anda. Ini terletak pada dua titik di tengah-tengah antara tepi sendi bahu dan pangkal leher.

Cara melakukan titik refleksi shoulder well adalah:

  • Gunakan ibu jari Anda untuk menekan dengan kuat ke satu titik ini dengan gerakan melingkar selama 1 menit
  • Ulangi pada satu titik lainnya
  • Bergantian hingga Anda merasa gejala sakit kepala hilang
  • Pastikan gerakannya kuat namun tetap lembut

Teknik shoulder well ini dipercaya dapat mencegah sakit kepala, meredakan kaku leher, dan gejala nyeri terkait sakit kepala lainnya.

5. Union Valley

pijatan-untuk-kepala-union-valley-doktersehat

Union valley adalah teknik akupresur yang terletak di antara ibu jari dan jari telunjuk pada tangan Anda. Buka telapak tangan Anda dan raba bagian kulit longgar di antara ibu jari dan telunjuk, itulah letak titik union valley.

Cara melakukan pijatan untuk sakit kepala dengan titik refleksi union valley adalah:

  • Cubit titik union valley ini dengan ibu jari dan telunjuk tangan Anda yang lain
  • Lakukan tekanan dengan kuat namun jangan sampai menyakitkan
  • Hentikan cubitan tersebut lalu buat gerakan memutar pada titik tersebut dengan ibu jari Anda selama 10 detik
  • Ulangi gerakan ini selama 10 detik dan lakukan bergantian dengan tangan yang lain

Manfaat union valley adalah untuk meredakan gejala ketegangan di leher dan kepala yang dikaitkan dengan sakit kepala.

6. Deep Tissue Massage

deep-tissue-massage-doktersehatDeep tissue massage atau pijatan jaringan dalam adalah teknik pijatan dengan tekanan kuat namun lembut untuk memijat lapisan otot yang lebih dalam. Pijatan ini hanya dapat dilakukan oleh terapis profesional.

Penelitian menyampaikan bahwa pijatan ini dapat mengurangi sakit kepala, leher kaku, nyeri punggung, ketegangan otot kaki, pegal, serta masalah muskuloskeletal, seperti cedera otot dan akibat aktivitas olahraga.

7. Trigger Point Massage

trigger-point-massage-doktersehat

Trigger point massage adalah teknik pijatan pada titik-titik pemicu atau titik sensitif di jaringan lunak untuk melemaskan otot-otot yang tegang.

Berdasarkan seorang terapis pijat di North Carolina, teknik pijatan neuromuskuler ini dapat membantu terapis untuk mencari sumber rasa sakit kepala dan meredakan gejalanya.

Baca Juga: 5 Titik Refleksi Sakit Kepala dan Teknik Pijat yang Benar

8. Pijatan di Tulang Pipi

pijatan-untuk-kepala-tulang-pipi-doktersehat

Pijatan ini dilakukan dengan sentuhan di tulang pipi dekat telinga dengan ibu jari Anda. Lakukan dengan tekanan yang sedikit kuat namun tetap lembut. Lalu, pijatkan sampai pelipis yaitu titik di antara sudut mata dan telinga Anda.

9. Pijatan Kepala

pijatan-kepala-doktersehat

Lakukan pijatan dengan jari-jari Anda  ke atas sepanjang garis rambut sampai ke tengah dahi. Pijat dengan tekanan yang kuat dan gerakan memutar.

Pijat seluruh dahi Anda sampai Anda merasa gejala sakit kepala berkurang. Anda mungkin juga menggunakan minyak aromaterapi untuk menambah sensasi hangat dan menenangkan.

Apakah Pijatan untuk Sakit Kepala Efektif?

Meskipun teknik pijatan berupa akupuntur dan akupresur sudah dipercaya sejak lama sebagai cara alami untuk mengatasi sakit kepala, namun penelitian tentang penyembuhan ini masih dibutuhkan.

Pengobatan tradisional ini mungkin aman, tapi Anda juga disarankan untuk mencari bantuan medis apabila gejala sakit kepala memburuk dan bertahan lama.

Itulah pembahasan tentang pijatan sakit kepala. Teknik ini menjadi alternatif lain untuk mengatasi sakit kepala, namun Anda tidak boleh menyepelekannya dan tetap hubungi dokter untuk pengobatan terbaik sesuai dengan kondisi Anda.

 

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Jati Satriyo.

 

  1. Cirino, Erica. 2018. The Best Pressure Points to Treat Headaches. https://www.healthline.com/health/pressure-points-for-headaches#1. (Diakses pada 31 Januari 2020).
  2. Eske, Jamie. 2019. Can acupressure relieve headaches?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326121.php. (Diakses pada 31 Januari 2020).
  3. ME. 2020. Massage Therapy Re-lieves Headache. https://www.massageenvy.com/massage/massagebenefits/relieves-headaches/. (Diakses pada 31 Januari 2020).
  4. Seliger, Susan. 2008. Massage Therapy for Stress Relief and Much More. https://www.webmd.com/balance/stress-management/features/massage-therapy-stress-relief-much-more#1. (Diakses pada 31 Januari 2020).
  5. Zagozdon, Renee. 2018. Massage and Headache Relief. https://www.amtamassage.org/articles/3/MTJ/detail/3836/massage-and-headache-relief. (Diakses pada 31 Januari 2020).



DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi