Pijat 5 Titik Tubuh untuk Melawan Kantuk dan Tingkatkan Energi

pijatan-usir-ngantuk-doktersehat

DokterSehat.Com – Saat siang hari di tempat kerja, kita kerap kali merasa mengantuk atau kehilangan energi sehingga kesulitan untuk berkonsentrasi dan menyelesaikan pekerjaan. Beruntung, kita bisa menghilangkan rasa kantuk ini sekaligus dengan mendapatkan energi tambahan jika kita menggunakan metode akupresur. Metode akupresur sendiri adalah salah satu terapi pemijatan dari China dengan cara menekan beberapa titik tubuh tertentu untuk mendapatkan energi tambahan. Bagian tubuh manakan yang bisa kita pijat untuk menghilangkan rasa kantuk dan mendapatkan energi tambahan secara instan ini? Berikut penjeksannya:

1. Area tengah kepala

Titik pertama yang bisa kita pijat agar tidak ngantuk sekaligus mendapatkan energi tambahan adalah memijat bagian tengah kepala. Pijat menghilangkan ngantuk di bagian tengah alis bisa kita tekan dengan jempol selama beberapa waktu sembari memejamkan mata. Tak hanya membuat kita mendapatkan energi tambahan, pijatan ini juga bisa membuat kita menurunkan stres dan lebih rileks.

Baca juga: Lelah? Pijatlah Telinga Untuk Mengatasinya

2. Telapak kaki

Titik pijatan untuk menghilangkan ngantuk berikutnya yang bisa kita tekan adalah bagian telapak kaki. Di sekitar seperempat bagian telapak kaki, kita bisa tekan dengan jari-jari tangan dengan kuat sehingga rasa kantuk pun segera menghilang.

3. Bawah lutut

Untuk mendapatkan tambahan energi secara instan, pijatan agar tidak mengantuk di bagian bawah lutut, tepatnya sekitar 3 inchi atau 7-8 cm dari lutut kita.

4. Antara jempol dan jari telunjuk

Dengan menekan letak urat ngantuk, bagian tubuh di antara jempol dan jari telunjuk, maka tubuh yang sebelumnya terasa lelah, lesu, dan bahkan sangat mengantuk, bisa segera pulih. Pijatan pada area ini juga akan membuat kita bisa mendapatkan energi tambahan untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan.

5. Belakang leher

Titik terakhir yang bisa kita pijat untuk mendapatkan energi ekstra adalah pada bagian belakang leher, tepatnya di dasar tengkorak. Titik ini tepatnya berada satu inchi dari tulang belakang kita.

Selain itu, berikut ini ada 10 tips lainnya yang patut dicoba agar hari-hari Anda menjadi lebih segar.

Baca juga: Mengapa Tubuh Kita Merasa Lebih Segar Setelah Pijat?

Tips Segar Sepanjang Hari

Inilah cara membuat hidup kita lebih mudah dan memberikan perhatian pada diri kita sendiri. Berikut tips mudah yang dapat membantu Anda tetap segar sepanjang hari!

1. Tidur selama 6-8 jam setiap hari

Ini adalah cara sempurna untuk memulihkan diri dari kepala hingga ujung kaki. Letakkan ponsel Anda dan tidur pada jam yang tepat, setelah bekerja seharian.

2. Jangan melewatkan sarapan 

Jika Anda kehilangan sumber energi terpenting yang Anda butuhkan untuk melewati hari, maka secara alami, Anda akan merasa lambat dan malas.

3. Minum banyak air 

Terutama jika Anda merasa lapar sebelum waktunya atau suka makan makanan berminyak.

4. Makan setidaknya satu buah setiap hari 

Buah-buahan mengandung banyak vitamin, mineral dan antioksidan, ini sangat penting untuk kesegaran wajah Anda.

5. Atur postur tubuh Anda dengan benar

Postur tubuh yang tepat tidak hanya baik untuk kesehatan Anda, tetapi juga memberi kepercayaan diri yang tinggi. Dan kepercayaan diri menghasilkan kesegaran apa adanya.

7. Cuci rambut Anda setiap hari 

Mencuci rambut Anda setiap hari tidak akan merusaknya. Itu tidak berarti Anda keramas setiap hari, tetapi pembilasan kering juga bekerja sama banyaknya. Ini akan menyegarkan aktivitas Anda sepanjang hari.

8. Mulailah hari Anda dengan olahraga

Mengawali hari dengan berkeringat benar-benar membuat Anda merasa diremajakan dan segar. Ini berlaku untuk orang yang berolahraga di malam hari juga.

Baca juga: Sederhana Tapi Bermanfaat, Inilah Trik Pijat Jari yang Wajib Anda Coba!

9. Kenakan pakaian bersih setiap hari 

Sementara sebagian dari kita ingin memakai jeans yang sama selama seminggu penuh, disarankan untuk mengubah atau setidaknya mengganti pakaian Anda dengan yang bersih.

10. Sikat gigi dengan benar dan dua kali setiap hari 

Sempatkan 5-7 menit untuk membersihkan gigi Anda, dua kali setiap hari. Mulut kotor adalah perasaan kotor dan menyebabkan orang di sekitar malas berbicara dengan orang bau mulut.