Terbit: 24 Agustus 2020 | Diperbarui: 30 November 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Pijat sakit gigi adalah salah satu alternatif yang dipercaya masyarakat tradisional untuk membantu mengatasi gejala sakit gigi. Pijatan tersebut menggunakan teknik akupuntur dan titik tekanan untuk meredakan nyeri gigi. Ketahui bagaimana cara menyembuhkan sakit gigi dengan pijatan dan pengobatan alternatif alami lainnya.

7 Cara Pijat Sakit Gigi Paling Efektif

Cara Pijat Sakit Gigi

Gejala sakit gigi sangat tidak menyenangkan, yaitu nyeri tidak tertahankan hingga menyebabkan sakit kepala, demam, dan sulit makan. Salah satu cara yang dipercaya dapat mengatasi sakit gigi dengan cepat adalah menggunakan teknik pijat sakit gigi.

Teknik pijat akupuntur telah lama digunakan dalam Pengobatan Tradisional Cina atau Traditional Chinese Medicine (TCM) untuk mengatasi berbagai gejala penyakit seperti sakit kepala, sakit gigi, dan lainnya. Metode ini berupa pijatan atau tekanan pada titik-titik refleksi tubuh untuk meredakan nyeri. Berikut ini beberapa cara menyembuhkan sakit gigi dengan pijatan:

1. Jiache (Tulang Rahang)

jiache doktersehat Jiache adalah titik akupuntur pada tulang rahang, tepatnya berada di tengah (tulang rahang) antara sudut mulut dan daun telinga bagian bawah. Titik refleksi ini disebut juga dengan Stomach Meridian (ST6), dapat membantu meredakan sakit gigi dengan cara melenturkan otot-otot di sekitar gigi.

Caranya adalah dengan menekan lembut titik tekanan yang berada di tulang rahang selama beberapa menit. Otot-otot di sekitar tulang rahang dan gigi akan rileks sehingga dapat mengurangi gejala nyeri, kejang, dan bengkak di rahang.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

2. Quanliao (Tulang Pipi)

quanliao doktersehat Quanliao disebut juga dengan SI18 (small intestine meridian) adalah titik akupuntur pada tulang pipi, tepatnya berada di bawah tulang pipi. Anda dapat merasakan lekukan pada pipi, tepat pada garis vertikal ke bawah dari sudut luar mata Anda, itulah titik Quanliao.

Tekan lembut kedua titik akupuntur tulang pipi selama beberapa menit. Anda mungkin memijatnya juga pelan-pelan. Tekanan pada titik ini akan membantu meredakan sakit gigi, gusi bengkak, nyeri, hidung tersumbat, dan kerusakan gigi lainnya.

3. He Gu (Antara Ibu Jari dan Telunjuk)

He Gu doktersehat Titik akupuntur He Gu disebut juga dengan large intestine meridian (LI4). Titik akupuntur ini berada di punggung dari telapak tangan Anda, atau tepatnya sela jaringan kulit antara jari telunjuk dan jempol. Anda akan memberi refleksi pada otot yang berhubungan langsung untuk meringankan gejala nyeri gigi, sakit kepala, atau peradangan.

Cara menyembuhkan sakit gigi dengan pijatan He Gu adalah dengan menekan titik He Gu dengan buku jari kedua jari telunjuk secara dalam namun lembut selama beberapa saat. Lakukan bergantian untuk titik He Gu di punggung telapak tangan lainnya.

4. Jianjing (Otot Bahu)

Jianjing atau titik refleksi gallbladder meridian (GB21) terletak pada otot bahu. Titik refleksi ini dapat membantu mengatasi nyeri rahang dan sakit gigi.

Cara pijat sakit gigi Jianjing, sebagai berikut:

  • Temukan titik pijat Jianjing di antara leher dan ujung bahu.
  • Cubit otot bahu dengan kuat namun lembut.
  • Beri sedikit tekanan dengan jari telunjuk.
  • Lepaskan cubitan tersebut perlahan-lahan.
  • Lakukan pada kedua sisi otot bahu.

Walaupun demikian, UCLA Center for East-West Medicine (CEWM) menyampaikan bahwa ibu hamil harus berhati-hati bila ingin melakukan pijat sakit gigi ini.

Baca Juga: 9 Pijatan untuk Sakit Kepala, Redakan Gejala dalam Sekejap!

5. Bawah Lutut

Titik akupuntur bernama Stomach 36 (ST36) berada di bawah lutut. Letakan telapak Anda pada lutut, titik akupunktur ST36 terletak di sekitar bawah lutut tepat jari kelingking Anda berada.

Berikan tekanan pada titik tersebut, juga tekanan ke bagian luar tulang kering. Titik pijatan ini dapat membantu mengatasi stres, mual, dan kelelahan.

6. Shoulder Meeting Point (Sisi Luar Lengan Atas)

Shoulder Meeting Point atau disebut juga dengan titik akupuntur Triple Warmer 13 (TW13) terletak di sisi luar bagian lengan atas. Pijat atau beri tekanan stabil pada titik tersebut selama sekitar 1 menit.

Anda juga dapat terus menekan lembut titik TW13 hingga terasa nyeri dan nyeri meredakan. Selama melakukan pijat sakit gigi, selalu atur napas Anda. Titik akupuntur pada sisi belakang lengan bagian atas dapat meredakan sakit gigi, nyeri siku, lengan, demam, hingga masalah tiroid.

7. Fluid Gate (Antara Jari Manis dan Kelingking)

Fluid Gate atau disebut juga dengan titik akupuntur San Jiao 2 (SJ2) terletak di antara jari manis dan kelingking, tepatnya pada tepi jaring kedua jari tersebut. Cara menyembuhkan sakit gigi dengan pijatan San Jiao 2 dengan memberi tekanan kuat pada titik tersebut selama sekitar 1-2 menit.

Akupuntur atau pijatan pada titik refleksi tubuh juga dipercaya dapat membantu meredakan sakit gigi dengan cara mengubah cara otak dalam memproses sinyal rasa sakit dari saraf serta meningkatkan sirkulasi darah untuk mengontrol pembengkakan pada gusi.

Itulah beberapa pijat sakit gigi atau teknik akupuntur yang dipercaya dapat meredakan gejala nyeri dan sakit gigi, baik dilakukan sendiri atau dengan tenaga profesional akupuntur yang bersertifikat. Walaupun demikian, Anda mungkin tidak mendapatkan hasil kesembuhan secara langsung tergantung pada penyebab dan tingkat keparahan sakit gigi yang Anda alami.

Seberapa Efektif Pijat Sakit Gigi?

Teknik akupuntur sudah diaplikasikan dalam pengobatan tradisional Cina sejak 3000 tahun lalu. Masyarakat setempat mempercayai alternatif pengobatan tersebut untuk mengatasi berbagai keluhan kesehatan.

Berdasarkan tinjauan pada tahun 2017, World Health Organization (WHO) memasukan pengobatan alternatif akupuntur dan akupresur sebagai perawatan sakit gigi yang efektif pada tahun 2003. Walaupun demikian, pengobatan alternatif tidak dapat menggantikan konsultasi langsung dengan dokter gigi.

Terutama bila Anda sudah mengetahui penyebab sakit gigi Anda, misal akibat gigi berlubang, masalah gusi bengkak, atau kerusakan gigi lainnya. Sebaiknya, perbaiki kondisi gigi ke dokter gigi secara berkala.

Cara Mengatasi Sakit Gigi di Rumah

Selain dengan pijat sakit gigi, Anda dapat meredakan gejala sakit gigi dengan perawatan di rumah, seperti:

  • Kumur Air Garam: Campurkan satu sendok teh garam dengan satu gelas air hangat. Kumur-kumur untuk mengeluarkan sisa makanan atau bakteri yang mungkin nyangkut di sela gigi.
  • Kompres Air Dingin: Kompres air dingin untuk membantu meredakan nyeri dan pembengkakan gigi.
  • Bawang Putih: Kandungan allicin pada bawang putih dapat membunuh bakteri penyebab sakit gigi, namun belum ada penelitian medis yang membuktikannya. Anda mungkin mendapat sensasi rasa nyeri hebat saat mengunyah bawah putih karena bakteri bereaksi dengan antibakteri dari bawang putih.
  • Minyak Cengkeh: Oleskan minyak cengkeh menggunakan kapas ke bagian gusi atau gigi yang nyeri. Minyak cengkeh mengandung benzokain untuk meredakan nyeri.

Baca Juga: 15 Obat Sakit Gigi Paling Ampuh – Alami dan Medis

Kapan Harus ke Dokter?

Anda dapat menggunakan cara menyembuhkan sakit gigi dengan pijatan atau obat alternatif lainnya di rumah, namun itu tidak menyembuhkan sakit gigi secara langsung dan hanya membantu meredakan gejala sementara. Sebaiknya, hubungi dokter gigi untuk konsultasi tentang penyebab sakit gigi agar dapat disembuhkan dari pusat penyakit tersebut.

Segera hubungi dokter bila Anda mengalami nyeri gigi yang tidak sembuh selama beberapa hari, gusi bengkak, demam, pendarahan gigi atau mulut, sulit mengunyah, dan mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Dokter gigi akan memberi Anda opsi perawatan gigi sesuai dengan kondisi Anda.  

  1. Lewsley, Joanne. 2020. What are the best pressure points for treating toothache?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/pressure-points-for-toothache#what-is-it. (Diakses pada 24 Agustus 2020).
  2. Mukherjee, Bipasha. 2015. 10 Soothing Acupressure Points to Relieve Toothache. https://www.modernreflexology.com/acupressure-points-to-relieve-toothache/. (Diakses pada 24 Agustus 2020).
  3. Sawyers, Tessa. 2018. Acupressure Points for Toothaches. https://www.healthline.com/health/pressure-point-for-toothache. (Diakses pada 24 Agustus 2020).
  4. WebMD. 2020. Toothache Home Remedies. https://www.webmd.com/oral-health/home-remedies-toothache#1. (Diakses pada 24 Agustus 2020).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi