Pijat Perineum: Cara Melahirkan Mudah Tanpa Robek

mau-melahirkan-mudah-tanpa-robek-dengan-pijat-perineum-doktersehat

DokterSehat.Com – Saat ini telah banyak wanita hamil yang melakukan pijat perineum. Pijat perineum adalah salah satu persiapan menjelang proses melahirkan normal bagi ibu hamil. Sebagian besar wanita hamil yang melakukan pijat perineum telah merasakan manfaat besar terutama saat mereka melahirkan normal.

Apa sih manfaat besar dari melakukan pijat perineum ini? Dan bagaimana cara melakukan pijat perineum? Baca terus untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan tersebut. Namun, sebelum masuk kepada manfaat dan cara melakukan pijat perineum, sebaiknya Anda mengetahui lebih dulu apa itu perineum dan pijat perineum.

Apa itu perineum?

Perineum adalah daerah antara vagina dan anus yang terdiri dari kulit dan otot. Area perineum ini memang sangat dekat dengan tempat bayi keluar melalui saluran vagina. Tekanan yang ada pada saat melahirkan normal untuk mendorong bayi keluar membuat area perineum ini menjadi sangat rentan untuk robek.

Pada wanita yang baru pertama kali melahirkan normal, area perineum ini menjadi lebih rentan lagi untuk robek. Robekan pada area perineum bisa terjadi secara alami karena tekanan saat melahirkan normal. Selain itu, robekan area perineum juga bisa terjadi secara sengaja melalui tindakan tenaga medis yang biasa disebut episiotomi.

Robekan pada area perineum adalah hal yang cukup mengerikan bagi para wanita yang ingin melahirkan normal. Pasalnya, tidak semua robekan memiliki kondisi yang sama untuk semua wanita. Ada yang kecil dan cepat sembuh. Namun, di lain sisi ada juga robekan area perineum yang memiliki luka mendalam dan jahitan yang banyak.

Pastinya banyak wanita yang tidak ingin mengalami robekan para area perineum ini. Apakah mungkin untuk melahirkan normal tanpa mengalami robekan sama sekali pada area perineum ini? Temukan jawabannya pada penjelasan selanjutnya.

Apa itu pijat perineum?

Para wanita bisa melahirkan normal tanpa membuat area perineum robek dengan melakukan pijat perineum. Pijat perineum adalah gerakan menarik area perineum ke arah bawah dan ke arah luar sebagai persiapan untuk proses melahirkan normal.

Beberapa wanita bisa melakukannya untuk diri mereka sendiri. Pijat perineum juga bisa dilakukan dengan meminta pasangan mereka untuk membantu melakukannya. Sebaiknya, pijat perineum dilakukan secara teratur dalam 3 hingga 4 minggu terakhir kehamilan.

Baca juga: Pijat Yoni, Metode Baru untuk Memanjakan Miss V

Manfaat pijat perineum untuk melahirkan normal

Manfaat dari pijat perineum ini telah dipelajari oleh para peneliti dan sekarang terbukti secara ilmiah memberikan manfaat apabila pijat perineum dilakukan secara teratur. Berikut ini adalah beberapa manfaat pijat perineum untuk melahirkan normal :

1. Meringankan rasa sakit pada saat kepala bayi keluar

Manfaat pertama dari pijatan perineum adalah dapat meredakan rasa nyeri hebat yang sering dialami saat kepala bayi sudah muncul keluar. Hal ini dikarenakan pijatan pada perineum secara teratur akan membuat peregangan menjadi lebih mudah ketika kepala bayi keluar sehingga rasa sakit pun mereda.

2. Membantu kepala bayi keluar lebih mudah dan cepat

Prinsip dari pijat perineum adalah membuat area perineum menjadi lebih mudah regang. Jadi, ketika area perineum meregang, kepala bayi dapat keluar lebih mudah dan cepat.

3. Menghindari robek

Manfaat utama pijat perineum adalah untuk meningkatkan peluang Anda melahirkan bayi secara normal tanpa merusak perineum. Para peneliti menemukan bahwa pijat perineum sebelum kelahiran mengurangi kejadian trauma pada area perineum sehingga membutuhkan penjahitan pada ibu yang baru pertama kali melahirkan.

4. Menghindari episiotomi

Penelitian yang sama menemukan bahwa pijat perineum selama kehamilan juga membantu mengurangi episiotomi sebesar 16% untuk ibu yang baru pertama kali melahirkan. Otot yang mudah meregang pada area perineum menjadikan wanita tersebut tidak memerlukan episiotomi.

Baca juga: Tips Agar Miss V Tidak Robek Saat Melahirkan Normal

Bagaimana melakukan pijat perineum?

Setelah mengetahui beberapa manfaat pijat perineum, pasti Anda akan semakin ingin melakukan pijat perineum agar bisa mendapatkan semua manfaat yang telah disebutkan. Namun, sebelum melakukan pijat perineum, sebaiknya Anda melakukan beberapa persiapan.

Persiapan sebelum pijat perineum

  • Bersihkan tangan
  • Pastikan kuku Anda telah dipotong
  • Siapkan minyak pijat yang aman
  • Siapkan handuk bersih

Cara melakukan pijatan perineum sendiri

Informasi terakhir tentang pijat perineum adalah tentang cara melakukan pijatan perineum. Setelah semua persiapan selesai, selanjutnya adalah melakukan pijatan pada area perineum. Bagaimana cara melakukan pijat perineum sendiri? Simak informasi di bawah ini :

  1. Tarik napas dan rilekskan diri Anda
  2. Olesilah minyak pada area perieneum Anda
  3. Masukkan satu ibu jari atau keduanya ke dalam area perineum Anda dalam keadaan ibu jari ditekuk
  4. Pijat perineum dengan tekanan yang sama.
  5. Pijatlah ke arah atas dan bawah lalu ke arah kanan dan kiri
  6. Pijat area perineum hingga merasakan rasa hangat
  7. Pijat area perineum membentuk huruf U secara berirama selama 3 menit
  8. Lakukan pijatan ke arah luar perineum dengan gerakan seperti kepala bayi akan keluar pada saat melahirkan nanti. Jangan memijat ke arah lubang buang air kecil (uretra) karena bisa menimbulkan iritasi.
  9. Pijatan pun selesai. Lalu berikan kompresan hangat pada area perineum selama 10 menit.

 

Sumber:

  1. Stuart Campbell. 2008. Kehamilan Hari demi Hari. Jakarta: Erlangga
  2. Tim Admin Grup Sharing ASI-MPASI. 2015. Superbook for Supermom. Jakarta: FMedia