Terbit: 28 April 2018 | Diperbarui: 29 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Anda mungkin sudah mengenal teknik pijat payudara untuk melancarkan ASI, namun pernahkah Anda mendengar tentang pijat oksitosin?. Pijat oksitosin dikenal sebagai salah satu cara untuk meningkatkan pengeluaran hormon oksitosin sehingga dapat meningkatkan produksi ASI. Seperti apa pijat oksitosin ini?

Pijat Oksitosin, Stimulasi Untuk Melancarkan Produksi ASI

Photo Credit: TijsB

Mengenal pijat oksitosin

Pijat oksitosin adalah pijat yang dilakukan di punggung. Pijatan ini mampu memicu hormin oksitosin yang dilakukan untuk mengeluarkan ASI. Karena itu pijatan ini dikenal dengan nama pijat oksitosin.

Oksitosin adalah hormon yang bereaksi ketika tubuh mendapat sentuhan. Hormon ini diproduksi oleh hipotalamis di otak, kemudian dikeluarkan oleh kelenjar yang berada di bagian belakang otak. Hormon oksitosin dapat membuat seseorang bahagia dan tidak merasa sakit, serta memberi stimulasi pada puting untuk membantu porses menyusui.

Cara melakukan pijat oksitosin

Pijat oksitosin bisa Anda lakukan di rumah, dengan memanggil terapis atau meminta suami Anda melakukannya. Pijatan ini pun tidak terlalu sulit untuk dipelajari sendiri. Cara melakukan pijat oksitosin yaitu:
1. Duduklah dalam posisi duduk bersandar ke depan. Anda bisa memeluk bantal agar merasa lebih nyaman.
2. Pijat kedua sisi tulang belakang menggunakan kepalan tangan dengan ibu jari menunjuk ke depan. Gunakan minyak zaitun atau minyak lainnya agar pijatan lebih mudah dilakukan.
3. Pijat kuat dengan gerakan melingkar.
4. Pijat sisi tulang belakang ke arah bawah hingga ke dada, dari leher ke tulang belikat.
5. Pijat selama 2-3 menit dan lakukan dengan rutin.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Manfaat pijat oksitosin

Pijatan oksitosin dapat membantu Anda lebih rileks, mengurangi stres, dan membuat Anda lebih nyenyak tidur. Pijat ini juga dapat membantu pemulihan pascaoperasi lebih cepat.

Untuk menyusui, pijatan ini dapat membantu meningkatkan pengeluaran oksitosin dan prolaktin yang dibutuhkan saat menyusui. Selain itu pijatan ini juga dpaat meningkatkan let-down reflex, sebuah refleks yang diperlukan untuk membuat ASI cepat turun.

Bagaimana Mom? Tertarik untuk mencoba pijat oksitosin?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi