Menonton Piala Dunia Bisa Memicu Serangan Jantung?

DokterSehat.Com– Sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam Canadian Journal of Cardiology menghasilkan fakta tentang peningkatan denyut jantung hingga 75 persen saat para partisipan melihat pertandingan hoki di televisi dan meningkat hingga 110 persen saat melihatnya secara langsung.

Dilansir dari Asia One, penelitian lain yang dipublikasikan hasilnya dalam New England Journal of Medicine menyebutkan bahwa melihat pertandingan sepak bola yang membuat frustrasi karena tim yang didukung tak mampu mencetak gol atau mendapatkan kemenangan bisa meningkatkan risiko terkena penyakit kardiovaskular hingga 2 kali lipat.

Hanya saja, kondisi ini terjadi pada mereka yang terbiasa menerapkan gaya hidup kurang gerak dan malas melakukan olahraga. Kebiasaan ini memang bisa merusak kesehatan jantung dan organ kardiovaskular sehingga menonton pertandingan sepak bola yang menegangkan memang bisa berbahaya bagi jantung.

Penelitian lain yang dilakukan di Tiongkok dan dipublikasikan dalam jurnal American Heart Association menghasilkan fakta bahwa banyak pria yang mengalami serangan jantung karena mengalami penurunan aliran darah menuju jantung (iskemik) dan mengalami penyumbatan pembuluh darah tatkala melihat acara olahraga di televisi.

Risiko untuk terkena serangan jantung ini bahkan meningkat andai pertandingan sepak bola berlanjut hingga babak adu penalti. Dalam sebuah peneltian yang dilakukan dengan mengecek 4.279 pasien dari Jerman yang menonton 6 dari 7 pertandingan di Piala Dunia 2006 silam, didapatkan fakta bahwa terjadi perubahan kesehatan jantung saat menonton pertandingan sepakbola dibandingkan dengan saat tidak menontonnya.

Bagi fans netral, pertandingan sepak bola bisa menjadi hiburan yang menyenangkan dan tidak membahayakan kesehatan. Namun, jika kita mendukung sebuah tim dan kecewa atau merasakan ketegangan saat melihat pertandingan maka risiko untuk terkena serangan jantung pun meningkat dengan signifikan.

Selain ketegangan saat menonton pertandingan, kurang tidur, dan kecenderungan mengonsumsi makanan dan minuman tidak sehat saat melihat pertandingan sepakbola juga bisa memicu datangnya serangan jantung.

Mengingat Piala Dunia akan diselenggarakan sebentar lagi, pastikan untuk menjaga kesehatan dengan baik agar tidak mudah jatuh sakit sehingga bisa tetap menikmatinya.