Perut Tidak Nyaman Karena Susah Kentut? Lakukan Ini

sakit-perut-masuk-angin-doktersehat

DokterSehat.Com– Meski terlihat sebagai tindakan yang jorok, dalam realitanya kentut atau buang angin bisa memberikan manfaat besar bagi kesehatan tubuh. Jika kita sampai tidak bisa kentut, maka besar kemungkinan perut akan terasa begah atau tidak nyaman. Hal ini tentu bisa membuat aktivitas kita terganggu, bukan?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada banyak sekali penyebab dari masalah susah kentut. Biasanya, hal ini disebabkan oleh udara yang terperangkap di dalam usus setelah kita mengonsumsi makanan atau minuman yang bisa memicu produksi gas layaknya sawi, kol, dan minuman bersoda.. Hanya saja, kondisi ini juga terkait dengan adanya gangguan pada pencernaan.

Beruntung, untuk mengatasi sensasi perut tidak nyaman atau kembung akibat susah kentut ini, kita hanya perlu rajin-rajin minum air hangat di pagi hari. Pastikan untuk tidak mengonsumsi yang terlalu panas agar bisa merangsang pergerakan usus dengan lebih baik. Dengan melakukannya, maka kita akan menjadi ingin buang air besar dan udara yang sebelumnya terperangkap akan ikut keluar.

Selain air hangat, kita juga bisa mengatasi susah kentut dengan mengonsumsi susu. Hanya saja, pastikan untuk memilih susu yang rendah lemak karena jika kita mengonsumsi susu full cream, yang terjadi justru di dalam perut akan terjadi produksi gas dengan berlebihan dan akhirnya membuat perut menjadi semakin tidak nyaman.

Jika berbagai cara ini tidak mempan untuk mengatasi masalah susah kentut sehingga perut pun terasa semakin tidak nyaman, segera pergi ke dokter untuk mendapatkan solusi kesehatan yang tepat.

Halo, Teman Sehat!

Anda diundang ke #AksiSehatCeria bersama DokterSehat di Ciputra Medical Center, Lotte Shopping Avenue Lt. 5, Jakarta Selatan pada hari Sabtu, 15 September 2018 pukul 10.00 – 13.00 WIB.

Yuk, datang dan ikut donor darah + health talk*, lomba blog berhadiah jutaan rupiah, dan dapatkan merchandise keren. GRATIS!

*Registrasi: http://bit.ly/AksiSehatCeria