Perut Tidak Nyaman Setelah Bersendawa, Berbahayakah?

perut-buncit-kembung-begah-doktersehat

DokterSehat.Com– Setelah makan atau minum, kita bisa saja mengeluarkan sendawa dari mulut. Pakar kesehatan menyebut aktifitas ini wajar untuk dilakukan namun terkadang dianggap sebagai hal yang tidak sopan. Hanya saja, terkadang sendawa juga menandakan adanya masalah kesehatan, khususnya pada bagian pencernaan.

Bersendawa terlalu sering biasanya menandakan masalah perut kembung. Jika kita mampu mengeluarkan gas dalam jumlah banyak melalui sendawa ini, perut biasanya akan menjadi terasa lebih nyaman. Sayangnya, terkadang perut justru terasa kurang nyaman setelah kita bersendawa. Sebenarnya, apakah hal ini menandakan adanya masalah kesehatan yang patut untuk kita waspadai?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa jika setelah kita mengeluarkan sendawa perut bukannya lega namun justru semakin tidak nyaman, bisa jadi hal ini disebabkan oleh areafagi, sejenis sindrom yang disebabkan oleh kelainan fungsi pada saluran pencernaan. Kondisi ini menyebabkan sekitar 50 persen gangguan pencernaan.

Lantas, apa penyebab dari areafagi ini? Pakar kesehatan menyebut pemicunya dari udara yang kita telan saat makan atau produksi gas yang disebabkan oleh proses fermentasi bakteri di dalam perut. Selain itu, kebiasaan mengunyah permen karet, merokok, mulut kering, hingga stres emosional juga bisa menjadi penyebabnya. Penyebab lain dari kondisi kesehatan ini adalah terjadinya gangguan penyerapan makanan.

Seringkali, sensasi tidak nyaman pada perut ini akan hilang dengan sendirinya. Hanya saja, jika gejala ini disertai dengan tanda-tanda mencurigakan seperti lambung yang meregang, usus besar yang meregang hingga membuat kita lebih sering buang angin, ada baiknya kita mewaspadai adanya gangguan pencernaan seperti maag, batu empedu, hingga kanker usus besar.

Demi mencegah datangnya masalah kesehatan ini, pakar kesehatan menyarankan kita untuk mulai menurunkan kebiasaan mengunyah permen karet, menurunkan konsumsi minuman gas seperti soda, memperbanyak asupan makan kacang-kacangan, dan rajin mengonsumsi buah-buahan seperti apel, anggur, dan pisang.

Jika sensasi tidak nyaman ini terus berlangsung, ada baiknya kita segera menemui dokter yang bisa mengetahui apa penyebab utamanya. Jika memang penyebabnya adalah gangguan pencernaan, maka ada baiknya kita meminta obat atau saran yang tepat untuk mengatasinya.