Perut Sudah Sampai Seperti Ini? Waspada Usus Buntu Akan Pecah!

doktersehat-sakit-perut-haid-haids-mestruasi-radang-usus-buntu

DokterSehat.Com– Salah satu penyakit dalam yang kerap menyerang masyarakat tanah air adalah usus buntu. Satu hal yang pasti, penderita usus buntu harus melakukan operasi demi mengatasi masalah kesehatan ini dan mencegah komplikasi lain yang jauh lebih parah. Jika sampai tidak diambil, usus buntu yang sudah meradang dengan parah ini bahkan bisa saja menyebabkan kematian. Lantas, seperti apa tanda dari usus buntu yang akan pecah sehingga sebaiknya harus segera diperiksakan ke dokter?

Perut terasa sangat sakit
Jika kita sudah merasakan sakit yang luar biasa dari bagian sekitar pusar dan perut bawah bagian kanan, maka hal ini menandakan usus buntu sudah akan pecah. Rasa sakit ini bahkan sudah terasa meskipun kita hanya melakukan hal-hal sederhana layaknya berjalan kaki dan batuk-batuk.

Kerap mual dan muntah
Pakar kesehatan Jennifer Caudle yang berasal dari Rowan School of Osteopathic Medicine menyebutkan bahwa peradangan usus buntu akan membuat kita lebih sering mual, muntah, dan bahkan kehilangan nafsu makan.

Kerap buang air kecil dengan rasa yang sakit
Sebagian orang memiliki usus buntu yang berada di dekat dengan kandung kemih. Jika sampai usus buntu meradang, maka kandung kemih juga bisa mengalami iritasi sehingga meningkatkan intensitas buang air kecil. Sayangnya, buang air kecil ini ternyata juga diiringi dengan rasa sakit.

Demam dan menggigil
Tubuh yang sedang demam, apalagi sampai menggigil menandakan bahwa tubuh kita mengalami peradangan yang cukup parah, termasuk pada bagian usus buntu.

Disorientasi yang parah
Infeksi pada usus buntu yang semakin parah membuat kita mengalami disorientasi atau kebingungan yang luar biasa. Hal ini disebabkan oleh tubuh yang memusatkan energinya untuk mengatasi infeksi sehingga otak pun kekurangan pasokan oksigen dan tidak lagi bisa bekerja dengan semestinya.

Jika anda sudah mengalami kondisi seperti ini, segeralah memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter agar bisa segera ditangani dengan tepat dan usus buntu tidak sampai pecah.