Terbit: 14 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Diet adalah proses menurunkan berat badan dengan cara mengurangi jumlah makanan dan minuman yang dikonsumsi. Dengan diet, seseorang dipercaya bisa menurunkan berat badan dengan jumlah besar dalam waktu yang ditentukan. Selain itu, diet juga terbilang sebagai salah satu cara yang aman dilakukan dan telah banyak fakta tentang keberhasilan program diet.

Otot Perut Sering Tegang Saat Diet? Jangan Disepelekan!

Namun, pada sisi lain, diet pun kadang memberikan efek yang tidak nyaman bagi pelakunya. Ketika seseorang sedang diet, biasanya akan mengalami kondisi tak biasa, seperti lelah, lemas, tak bergairah, pusing, kantuk, dan sebagainya. Kondisi itu terbilang wajar dan normal terjadi ketika sedang diet.

Tapi Anda satu kondisi yang perlu diperhatikan dan tidak boleh disepelekan sedikitpun, kondisi tersebut adalah tegang pada otot perut. Ketika sedang diet, ada beberapa orang yang kerap mengalami tegang pada otot perut. Tegang ini juga bisa disebut sebagai kram yang memberikan efek nyeri luar biasa, bahkan sampai ada yang jatuh pingsan karenanya.

Tegang pada perut bisa terjadi karena organ di dalam perut Anda belum siap menerima kebiasaan baru. Sebab, ketika Anda sedang diet, organ di dalam tubuh akan kehilangan sedikit pekerjaan mereka, sehingga membuat mereka melakukan pekerjaan lain yang bisa mengakibatkan kram. Kramnya sendiri bervariasi, bisa dengan intensitas rendah maupun tinggi.

Jika Anda mengalami kram pada perut, yang pertama harus Anda lakukan adalah minum air putih dan beristirahat. Rebahkan tubuh Anda dan lakukan rileksasi dengan memejamkan mata sembari memijat perut dengan perlahan. Biasanya, dengan cara sederhana ini kram tersebut akan hilang dengan sendirinya.

Tapi jika kram tersebut tak kunjung hilang, maka segeralah makan dan membatalkan program diet Anda. Sebab, itu adalah sebuah pertanda bahwa tubuh Anda belum siap untuk diajak melakukan diet. Jika dibiarkan, maka akan menjadikan masalah yang lebih serius, misalnya kerusakan lambung atau masalah kronis lainnya.

Namun, jika Anda tetap ingin melakukan diet, ada baiknya untuk berkonsultasi ke dokter mengenai cara diet yang sehat dan baik bagi kondisi tubuh Anda. Sebab, bagaimanapun juga kesehatan adalah hal utama yang tidak bisa disepelekan dengan alasan apapun.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi