Perut Langsung Mulas Setelah Makan, Berbahayakah?

Cara Mengatasi Perut Kembung dan Mual dengan Bahan Alami

DokterSehat.Com– Setelah makan, perut biasanya terasa kenyang dan penuh. Hanya saja, terkadang kita justru langsung merasakan sensasi mulas dan ingin buang air besar setelah menyelesaikan makan. Sebenarnya, apakah hal ini menandakan adanya masalah kesehatan?

Pakar kesehatan Lisa Ganjhu dari NYU Langone Medical Center menyebutkan bahwa langsung mulas setelah makan belum tentu menandakan adanya gangguan pada kesehatan tubuh. Bahkan, bisa jadi hal ini justru menjadi tanda bahwa pencernaan kita berada dalam kondisi yang sangat efisien.

Sebenarnya, refleks untuk langsung ingin buang air besar setelah makan ini juga terjadi saat kita masih bayi. Dalam beberapa kasus, sebagian orang masih mengalami refleks ini meski usianya sudah dewasa sehingga lebih mudah merasakan perut mulas setelah makan.

Pakar kesehatan lainnya, Felice Schnool-Sussman, MD yang berasal dari Jay Monahan Center for Gastrointestinal Health, New York, Amerika Serikat menyebutkan bahwa meskipun kita langsung merasakan mulas setelah makan, bukan berarti kotoran yang kita keluarkan saat buang air besar ini berasal dari makanan yang baru kita makan. Kotoran ini tentu saja berasal dari makanan yang dikonsumsi sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh sistem pencernaan tubuh yang membutuhkan waktu untuk mengolah dan menyerap makanan.

Meskipun biasanya tidak menunjukkan adanya gejala penyakit, dalam beberapa kasus, sensasi mulas setelah makan juga disertai buang air besar dengan kotoran mencair dan beraroma sangat tidak sedap. Bisa jadi hal ini adalah tanda bahwa ada yang salah dengan makanan yang kita konsumsi.

Sebagai contoh, jika kita minum kopi di antara waktu makan siang dan makan malam, maka kita akan cenderung lebih mudah mengalami sensasi mulas atau keinginan untuk buang air besar. Keberadaan kandungan kafein di dalam kopi memang mampu merangsang pencernaan untuk mengeluarkan kotoran. Selain itu, kafein juga membuat usus berkontraksi dan akhirnya membuat kotoran melaju ke bagian rektum.

Kebiasaan mengonsumsi makanan yang sangat pedas juga bisa menjadi penyebab utama mengapa kita ingin buang air besar. Hanya saja, jika sampai kita mengalami diare, jangan ragu untuk segera memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.