Perut Membengkak Tanda Liver Bermasalah?

Cara Mengatasi Perut Kembung dan Mual dengan Bahan Alami

DokterSehat.Com– Salah satu organ tubuh yang paling rentan terkena masalah kesehatan akibat gaya hidup yang buruk adalah liver atau hati kita. Masalahnya adalah terkadang gangguan kesehatan pada liver tidak terdeteksi sehingga penderitanya baru memeriksakan kondisi kesehatannya saat sudah berada dalam kondisi yang cukup parah. Sebenarnya, seperti apa sih tanda dari liver yang sedang mengalami masalah kesehatan?

Jika kita mengalami perut yang membengkak dan merasakan nyeri yang luar biasa, ada kemungkinan terjadi masalah pada organ liver kita. Sebagai informasi, liver adalah sebuah organ yang berukuran cukup besar dan berat, yakni berbobot sekitar 1,5 kg. Jika sampai liver mengalami peradangan, maka akan membengkak dan mengeluarkan rasa nyeri. Besarnya ukuran liver ini akan membuat perut ikut-ikutan mengalami pembengkakan.

Selain perut yang mengalami pembengkakan, gangguan liver juga akan menyebabkan penurunan fungsi sistem kekebalan tubuh dengan signifikan. Hal ini disebabkan oleh tidak berfungsinya kemampuan liver dalam mendetoksifikasi berbagai racun yang ada di dalam tubuh. Badan akan terasa tidak bugar, mudah jatuh sakit, dan kulit akan mengalami gangguan seperti jerawat. Bahkan, dalam banyak kasus, penderita penyakit liver akan memiliki warna kulit yang terlihat sangat kuning. Selain kulit, mata juga akan mengalami perubahan menjadi lebih kuning. Selain itu, bagian putih mata akan terlihat kemerahan, mengalami pembengkakan, dan gatal-gatal.

Gejala lain dari liver yang bermasalah adalah kotoran yang kita keluarkan saat buang air besar memiliki warna yang sangat tidak biasa. Sebagai contoh, warna kotoran terlihat keputihan. Padahal, normalnya warna kotoran adalah kuning kecokelatan. Jika sampai kita mengalami hal ini, mau tidak mau kita harus memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter.

Sayangnya, terkadang gangguan kesehatan pada liver hanya menyebabkan gejala berupa semakin menumpuknya lemak di dalam tubuh. Kebanyakan orang berpikir jika hal ini disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat atau tidak menerapkan keseimbangan nutrisi dan malas berolahraga. Padahal, bisa jadi hal ini disebabkan oleh gangguan metabolisme akibat kondisi liver yang sudah sangat buruk.