Saat Perut Masih Kosong, Jangan Lakukan Ini

sakit-perut-masuk-angin-doktersehat

DokterSehat.Com– Setelah bangun tidur, perut berada dalam kondisi kosong karena tidak mendapatkan asupan makanan apapun dalam waktu yang sangat lama. Memang, tidak semua orang akan langsung merasakan lapar akibat hal ini, namun, ada baiknya kita tidak melakukan beberapa hal secara sembarangan saat perut masih kosong.

Salah satu hal yang paling sering dilakukan saat perut kosong di pagi hari adalah minum kopi. Tak hanya nikmat dan mampu menghangatkan badan, minum kopi juga disebut-sebut bisa membuat kita menghilangkan rasa kantuk dengan cepat. Sayangnya, menurut pakar kesehatan, kebiasaan minum kopi di pagi hari ternyata bisa menyebabkan kenaikan asam lambung yang tentu akan membuat perut, dada, atau bahkan mulut terasa tidak nyaman.

Kopi memiliki sifat asam sehingga bisa mempengaruhi kondisi lambung, apalagi jika lambung berada dalam kondisi kosong. Karena alasan inilah pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak melakukan hal ini dan mengonsumsi sarapan terlebih dahulu sebelum meminumnya.

Selain minum kopi, ada baiknya kita juga tidak mengonsumsi jus buah yang memiliki rasa atau sifat yang asam. Meskipun bisa menyegarkan dan kaya akan kandungan nutrisi menyehatkan, dalam realitanya sifat asam dari jus buah ini bisa memicu iritasi pada perut. Dikhawatirkan kita akan mengalami penyakit maag akibat kebiasaan ini.

Banyak orang yang juga sengaja melakukan olahraga saat perut berada dalam kondisi kosong. Biasanya, alasan untuk melakukan hal ini adalah agar perut terasa tetap nyaman saat melakukan olahraga. Jika perut berada dalam kondisi terisi penuh, maka kita akan merasakan begah atau mual-mual saat melakukannya. Sayangnya, jika kita berolahraga dengan perut kosong, tubuh tidak memiliki energi yang cukup untuk melakukannya. Bisa jadi kita akan jatuh pingsan atau bahkan sakit akibat melakukan hal ini.

Ada baiknya kita juga tidak minum obat saat perut masih dalam kondisi kosong. Obat anti peradangan misalnya, akan menyebabkan iritasi lambung jika dikonsumsi saat perut kosong. Selain itu, beberapa jenis obat memang disarankan untuk dikonsumsi setelah makan agar proses penyerapan obat ini bisa berlangsung dengan maksimal sehingga penyakit yang diderita bisa cepat sembuh.