Perut Kencang Saat Hamil: 7 Penyebab dan 7 Cara Mengatasi

perut-kencang-saat-hamil-doktersehat

DokterSehat.Com – Apakah Anda sedang merasakan perut kencang saat hamil? Anda tak perlu khawatir karena pengencangan perut merupakan salah satu gejala kehamilan normal yang dirasakan oleh ibu hamil sejak awal kehamilan.

Sensasi perut keras saat hamil tidak terus menerus ada. Terkadang Anda merasakan perut Anda kencang pada pagi hari dan kembali longgar pada siang hari. Ada penjelasan yang perlu Anda ketahui tentang perut kencang saat hamil. Simak penjelasannya!

Penyebab perut kencang saat hamil

Begitu banyak perubahan di dalam tubuh yang dirasakan oleh para ibu hamil. Sering kali perubahan ini menimbulkan ketidaknyamanan bagi ibu hamil. Salah satu bentuk ketidaknyamanan yang sering dirasakan adalah perut kencang saat hamil. Sebenarnya apakah yang menyebabkan perut keras saat hamil?

Berikut ini adalah beberapa penyebab perut kencang saat hamil:

1. Pertumbuhan rahim dan janin

Semakin hari perut ibu hamil semakin tumbuh menjadi lebih besar. Pertumbuhan janin semakin besar begitu pula dengan pertumbuhan rahim. Pertumbuhan janin dan rahim yang semakin besar mengakibatkan adanya tekanan pada perut. Tekanan inilah yang sering menyebabkan perut kencang saat hamil.

2. Sembelit

Beberapa perubahan yang dirasakan oleh ibu hamil saling terkait. Salah satu perubahan yang dirasakan oleh ibu hamil yakni berupa sembelit atau konstipasi juga bisa menjadi penyebab pengencangan perut. Perut menjadi semakin kencang dan keras akibat sembelit.

Baca juga: 5 Cara Alami Mengobati Sembelit Selama Kehamilan

3. Gerakan janin

Semakin janin bertumbuh besar maka ia akan semakin melakukan banyak gerakan seperti menendang. Anda pasti senang merasakan gerakan janin yang begitu aktif walau terkadang suka membuat Anda geli atau tak bisa konsentrasi. Namun, gerakan janin di dalam rahim juga bisa membuat perut keras saat hamil.

4. Makan berlebih

Pada sebagian ibu hamil, nafsu makan ibu hamil pada trimester ketiga meningkat drastis. Para ibu hamil juga sering merasa cepat lapar. Peningkatan konsumsi makanan yang berlebih akan menekan rahim sehingga membuat perut keras.

5. Gejala braxton hikcs (kontaksi palsu)

Braxton hicks adalah salah satu sensasi yang sering dirasakan oleh para ibu hamil. Gejala braxton hicks hampir mirip dengan kontraksi persalinan. Braxton hikcs dapat menyebabkan perut kencang saat hamil. Braxton hicks bisa terjadi sejak trimester kedua kehamilan.

6. Adanya masalah kehamilan

Ibu hamil juga perlu mewaspadai bahwa perut yang kencang atau kaku bisa juga disebabkan oleh masalah kehamilan. Masalah kehamilan seoertu persalinan prematur, keguguran, kehamilan ektopik, dan abrupsi plasenta juga bisa membuat perut menjadi kencang.

7. Waktunya melahirkan

Apabila Anda sering merasakan perut kencang sejak minggu ke-38 maka besar kemungkinan dikarenakan Anda telah mendekati persalinan. Pengecangan perut yang diikuti oleh sensasi kontraksi secara teratur yakni 2-4 menit sekali merupakan tanda bahwa bayi siap untuk dilahirkan.

Cara mengatasi perut kencang saat hamil

Perut kencang saat hamil perlu diatasi segera agar Anda tidak perlu merasakan ketidaknyamanan terlalu lama. Ada beberapa cara mengatasi perut kencang saat hamil yang akan disebutkan di bawah ini:

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi perut kencang saat hamil:

1. Memperbanyak konsumsi cairan

Pada kasus perut kencang yang ringan, cara mengatasinya adalah dengan mengonsumsi banyak cairan seperti air dan jus buah segar. Konsumsi cairan ini akan menjaga tubuh tetap terhidrasi. Tubuh yang tetap terhidrasi akan membuat perut kencang menjadi rileks.

2. Lakukan perubahan posisi tubuh

Perut keras saat hamil bisa kembali dibuat rileks kembali dengan melakukan perubahan posisi tubuh. Apabila perut mengencang pada saat Anda duduk maka berdirilah kemudian berjalan perlahan selama beberapa menit. Perut yang kencang akan kembali tenang.

3. Bangun dengan perlahan

Biasanya, kebanyakan orang akan bangun dari tempat tidur atau kursi dengan begitu tergesa-gesa termasuk ibu hamil. Ibu hamil sebaiknya lebih berhati-hati pada hal ini. Bangun dari tempat tidur atau kursi dengan cepat akan membuat perut kencang. Jadi, apabila ibu hamil ingin bangun dari tempat tidur atau kursi maka lakukanlah perlahan.

4. Terapi pemijatan khusus ibu hamil

Perut kencang saat hamil bisa diatasi dengan melakukan pemijatan. Namun, pemijatan ini tidak boleh sembarangan. Anda harus berkonsultasi dulu dengan dokter kandungan Anda tentang hal ini. Pilihlah pemijatan khusus ibu hamil agar kehamilan Anda tetap aman.

Baca juga: Bolehkah Ibu Hamil Dipijat?

5. Mandi air hangat

Anda bisa mengatasi perut yang keras saat hamil di rumah dengan cara mudah. Mandilah dengan air hangat saat perut Anda sedang kencang. Dengan mandi air hangat, kekakuan yang ada di perut bisa segera hilang.

6. Latihan pernapasan

Ibu hamil yang rajin mengikuti senam hamil bisa mengatasi perutnya saat sedang kaku. Pada senam hamil diajarkan latihan pernasan yang bermanfaat untuk memperkuat otot perut. Otot perut yang kuat akan membuat perut kaku menghilang.

7. Konsultasi dengan dokter atau bidan.

Khusus untuk perut kencang yang disebabkan oleh adanya indikasi masalah kehamilan dan saatnya melahirkan, cara mengatasinya adalah dengan konsultasi dengan dokter atau bidan. Dengan begitu, dokter atau bidan akan segera menanganinya.