Terbit: 3 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Siapa sih yang tidak suka makan daging? Memang, ada sebagian orang yang memilih untuk menjadi vegetarian sehingga tidak lagi mengonsumsi bahan makanan hewani ini, namun, mengingat daging bisa diolah menjadi berbagai makanan yang lezat, kita tentu akan bisa menikmatinya.

Perut Kembung Setelah Makan Daging? Bisa Jadi Karena Hal Ini

Dikutip dari Jogja Update, cukup banyak orang yang mengaku mengalami sensasi perut kembung setelah mengonsumsi daging. Menurut Rachna Govani dari Foodstand, ada kemungkinan hal ini disebabkan oleh tiga hal, yakni kemampuan tubuh dalam mencerna daging, seberapa banyak daging yang kita konsumsi, dan kebiasaan kita dalam mengunyah makanan.

Menurut Govani, terdapat sebagian orang yang cenderung mengalami kesulitan untuk mencerna daging. Padahal, daging yang kaya akan protein ini membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna. Jika kita mengonsumsi daging dengan jumlah yang banyak, maka pencernaan akan bekerja keras untuk mencernanya dan membuat perut akan terasa kembung.

Menurut pakar kesehatan, ada baiknya kita membatasi asupannya hanya seukuran telapak tangan saja. Jika kita sampai mengonsumsi lebih banyak dari jumlah tersebut, ada kemungkinan perut akan mengalami kesulitan saat mencernanya dan akhirnya mengalami masalah perut kembung.

Hal lain yang bisa membuat kita mengalami perut kembung setelah makan daging adalah karena kita tidak mengunyah daging tersebut hingga benar-benar lembut. Jika kita langsung menelannya begitu saja meski baru dikunyah, maka perut akan semakin kesulitan dalam mencernanya dan akhirnya membuat kita mengalami gangguan pencernaan seperti perut kembung.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita tidak sembarangan dalam mengonsumsi daging. Meski rasanya enak, pastikan untuk tidak mengonsumsinya dengan berlebihan dan mengunyahnya hingga lebih lembut sehingga perut pun akan lebih mudah untuk mencernanya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi