Terbit: 6 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Masalah perut kembung biasa dialami oleh banyak orang. Perut kembung berdampak pada seringnya buang angin. Normalnya, orang buang angin sebanyak 14 kali dalam sehari. Tentunya, perut kembung membuat orang yang sedang mengalaminya menjadi tidak nyaman.

Ini Dia 7 Cara Mengatasi Perut Kembung Saat Hamil

Ibu hamil cederung mengalami peningkatan masalah perut kembung pada masa kehamilan. Perubahan hormonal yang terjadi pada ibu hamil membuat produksi gas di dalam perut menjadi berlebih sehingga mengakibatkan perut kembung. Gas yang sangat berlebih pada ibu hamil yang sedang memiliki masalah perut kembung akan keluar melalui buang angin dan sendawa.

Penyebab perut kembung pada ibu hamil

Perut kembung yang terjadi pada ibu hamil memang merupakan hal yang normal. Ibu hamil yang sedang mengalami masalah perut kembung pun tidak perlu khawatir. Akan tetapi, penting juga bagi ibu hamil untuk memahami penyebab perut kembung saat hamil.

Berikut adalah alasan yang menyebabkan kelebihan gas dalam tubuh selama kehamilan

  • Perubahan hormonal yang terjadi sejak hamil muda yakni peningkatan hormon progesteron
  • Pencernaan yang melambat sehingga menghasilkan lebih banyak gas.
  • Berat badan janin menekan saluran pencernaan sehigga membuat pencernaan melambat
  • Pada saat hamil tua, rahim menyempit sehingga merasa seperti mengandung gas dalam waktu lama

Baca juga: Perut Kembung – Pencegahan dan Prognosis

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Tempo Scan Baby Fair - Advertisement

Cara mengatasi perut kembung saat hamil

Hampir semua ibu hamil yang mengalami perut kembung baik pada masa hamil muda maupun hamil tua, tentunya merasa tidak nyaman. Pastinya ada keinginan untuk segera mengatasi perut kembung tersebut.

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi perut kembung bagi ibu hamil :

1. Jangan mengonsumsi makanan yang memicu gas

Hindarilah mengonsumsi makanan yang mengakibatkan masalah terkait perut kembung. Jenis makanan tersebut adalah makanan yang banyak menghasilkan gas, seperti minuman berkarbohidrat tinggi, pemanis buatan, soda, minuman buah, kacang, jagung, daun bawang, bawang dan daun bawang, kubis, brokoli, kembang kol, asparagus, buah kering, pir, apel, pir, artichoke, madu, jagung, kentang, gandum dan oat bran.

2. Konsumsi cairan

Mengonsumsi cairan juga merupakan salah satu cara mengatasi perut kembung bagi ibu hamil baik pada masa hamil tua maupun hamil muda. Anda bisa mengonsumsi air putih sebanyak 8-10 gelas setiap hari untuk mengatasi perut kembung.

Pastikan jenis minuman selain air putih tidak memicu produksi gas berlebih yang akan memperparah kondisi perut kembung. Pilihlah jus buah seperti anggur, nanas, jeruk yang memiliki produksi gas yang cukup rendah.

3. Makan dengan porsi lebih kecil dan lebih sering

Memiliki porsi makan yang lebih sedikit tetapi sering adalah salah satu cara mengatasi perut kembung bagi ibu hamil. Sebelumnya, ibu hamil memiliki 2 porsi makan berat selama sehari. Pecahlah porsi makan ini menjadi 5-6 porsi kecil. Cara ini bisa menjaga sistem pencernaan sehingga produksi gas menurun.

4. Membuat jurnal makanan

Penting bagi ibu hamil, untuk membuat jurnal makanan. Jurnal makanan dapat membantu Anda menganalisis hubungan antara mengonsumsi makanan tertentu dengan efek perut kembung sehingga memiliki lebih banyak gas.

Jika Anda merasa Anda mengalami gas lebih dari normal maka Anda bisa melacak makanan yang Anda makan. Jadi catat apa pun yang Anda makan dan periksa setelah 6 jam makan apakah Anda merasa mengandung gas.

5. Mengunyah makanan lebih lama

Makanan yang dikunyah dengan baik yakni dikunyah lebih lama akan berdampak pada tekanan sistem pencernaan. Tekanan yang ada pada sistem pencernaan akan menurun. Hal ini membuat masalah perut kembung dapat diatasi. Selain itu, jangan berbicara sambil makan agar udara yang terserap lebih sedikit.

6. Konsumsi serat tinggi

Salah satu cara mengatasi perut kembung baik saat masih hamil muda maupun hamil tua bisa dilakukan dengan cara  mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi. Serat akan membawa air ke dalam usus sehingga tinja melunak dan produk gas di dalam perut bisa diatasi.

Konsumsilah 25-30 gram makanan berserat tinggi ke dalam diet Anda untuk membantu meringankan masalah gas. Contoh makanan dengan kandungan serat tinggi seperti buah plum, buah ara, dan pisang, sayuran, dan biji-bijian utuh seperti gandum.

Baca juga: Bahan Alami Ini Atasi Perut Kembung

7. Bernapaslah secukupnya dan rilekskan diri

Ibu hamil memang cenderung merasakan kecemasan dan stres. Hal ini bisa terjadi pada masa hamil muda dan juga pada masa hamil tua. Ternyata, kecemasan dan stres dapat meningkatkan jumlah udara yang dihirup.

Udara yang masuk tentunya akan meningkatkan gas pada perut bagian atas sehingga menyebabkan perut kembung. Oleh karena itu, janganlah terlalu cemas dan stres sehingga bisa memiliki pernapasan yang normal. Bersantailah untuk menghilangkan rasa cemas dan stres tersebut.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi