Terbit: 17 September 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Salah satu masalah kesehatan yang paling sering kita alami adalah perut kembung. Meski terlihat seperti masalah yang sepele, dalam realitanya perut kembung bisa sangat mengganggu karena munculnya sensasi tidak nyaman di dalam perut. Sebagai contoh, kita sedang merasa haus dan ingin minum air putih namun khawatir jika setelah minum masalah perut kembung ini menjadi semakin parah. Sebenarnya, apakah saat kembung sebaiknya kita tidak minum air?

Saat Perut Kembung Jangan Minum Air?

Bukannya membuat kembung menjadi semakin parah, minum air justru bisa membantu kita mengatasi perut kembung. Dengan minum air, tidak ada lagi ruang bagi asam lambung atau angin ada di dalam perut kita. Hanya saja, ada baiknya kita memilih air hangat atau teh yang berjenis chamomile dan peppermint yang bisa menenangkan perut. Selain itu, jangan mengonsumsi minuman bersoda atau minuman beralkohol karena minuman-minuman ini justru bisa membuat masalah perut menjadi lebih parah.

Demi mencegah datangnya perut kembung, pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak telat makan. Meski terlihat sepele, dalam realitanya telat makan bisa menyebabkan masalah perut kembung. Jam biologis tubuh yang sudah terbiasa untuk mengeluarkan asam lambung demi mencerna makanan kebingungan karena tak ada makanan yang diolah sehingga bisa menyebabkan asam lambung naik. Selain itu, saat makan, ada baiknya kita makan dengan perlahan dan mengunyah makanan dengan maksimal sehingga bisa membuat sistem pencernaan bisa bekerja dengan lebih maksimal dan tidak akan menyebabkan masalah perut kembung.

Jika kita makan terlalu cepat, kita juga akan menelan udara dalam jumlah yang terlalu banyak sehingga kita lebih rentan mengalami perut kembung.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi