DokterSehat.Com – Perut gatal saat hamil biasa dialami oleh para ibu hamil selama masa kehamilan. Dorongan gatal saat hamil memang cukup kuat sehingga membuat kebanyakan ibu hamil tidak bisa menahan untuk menggaruk perut.

beberapa-penyebab-perut-gatal-saat-hamil-doktersehat

Sering kali, tanpa disadari, wanita yang sedang gatal saat hamil terus menggaruk perutnya. Hal ini pun menjadi hal yang aneh bagi banyak orang yang melihatnya. Apakah perut gatal saat hamil itu normal terjadi?

Normalkah perut gatal saat hamil?

Perut gatal saat hamil adalah kasus yang normal terjadi. Rasa gatal yang sangat terasa pada perut ibu hamil membuatnya sering menggaruk. Pada beberapa kasus, seorang wanita menderita eksim sebelum hamil maka kondisi gatal yang dirasakan akan menjadi semakin parah saat hamil.

Meskipun beberapa wanita merasakan eksim yang dialami membaik. Perut gatal saat hamil sebagian besar terjadi pada trimester kedua. Akan tetapi, perut ibu hamil bisa saja menjadi gatal pada saat trimester pertama atau ketiga. Perut ibu hamil akan terasa lebih gatal pada ibu yang mengandung janin kembar.

Hal ini dikarenakan kulit pada perut ibu hamil kembar lebih banyak meregang daripada perut ibu hamil dengan janin tunggal. Namun, Anda harus tetap waspada jika gatal menjadi serius, Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter. Tindakan ini bisa mencegah hal-hal buruk terjadi pada perut ibu hamil yang sedang gatal.

Penyebab gatal saat hamil

Sekitar seperempat ibu hamil mengalami perut gatal saat hamil. Mungkin sebagian ibu hamil yang hamil untuk pertama kalinya akan merasa heran. Sebenarnya apakah penyebab gatal saat hamil? Apakah benar penyebab utama perut gatal saat hamil dikarenakan oleh rambut janin di dalam kandungan?

Berikut ini adalah penyebab perut gatal saat hamil :

1. Perut ibu hamil terus mengembang

Penyebab utama perut gatal saat hamil adalah peregangan kulit pada perut ibu hamil. Rahim yang terus bertumbuh bersamaan dengan pertumbuhan janin membuat perut ibu hamil pun juga terus berkembang menjadi semakin besar.

Akibatnya, kulit pada perut ibu hamil pun juga ikut mengalami peregangan. Peregangan perut ini membuat kulit menjadi lembab dan kering sehingga rasa gatal muncul. Jadi, tidak benar apabila penyebab perut gatal saat hamil dikarenakan oleh rambut janin.

Baca juga: Awas, Inilah Bahaya Jika Salah Gunakan Bedak Tabur Ketika Tubuh Gatal!

2. Perubahan hormon selama kehamilan

Perubahan hormon selama kehamilan adalah sebuah kewajaran. Namun, di balik perubahan hormon tubuh selama kehamilan bisa menjadi penyebab perut gatal saat hamil. Peningkatan kadar hormon estrogen adalah salah satu bentuk perubahan hormon yang menyebabkan sensasi gata para perut ibu hamil.

3. Adanya eksim sejak sebelum hamil

Penyebab lain gatal saat hamil dikarenakan oleh penyakit eksim. Jika Anda sudah mengalami eksim maka ini bisa menjadi lebih buruk saat Anda hamil. Rasa gatal akibat eksim pun menjadi semakin parah saat hamil.

4. Aliran darah

Penyebab perut gatal saat hamil bisa disebabkan oleh meningkatnya suplai darah ke kulit sejak trimester pertama. Peningkatan suplai darah ke kulit inilah yang membuat perut ibu hamil terasa gatal.

5. Munculnya stretch mark

Stretch mark biasa terlihat pada perut ibu hamil. Stretch mark umumnya muncul pada trimester ketiga. Dan selama sejak stretch mark muncul maka perut gatal saat hamil akan terasa.

6. Gatal akibat kulit terkelupas

Papular dan plak urtikaria pruritus (PUPP) adalah kondisi di mana rasa gatal yang ekstrim menyebar pada sebagian atau seluruh tubuh. PUPP ini bisa menjadi penyebab perut gatal saat hamil. Sekitar satu dari setiap 100 ibu hamil terpengaruh oleh hal ini dan ini paling sering terjadi pada ibu yang baru pertama kali melahirkan.

7. Prurigo

Hampir sama dengan PUPP, tetapi prurigo memiliki bintik-bintik kecil. Selain itu, gejala prurigo ini akan menyebabkan perut gatal saat hamil dan juga pada bagian tubuh lainnya terutama pada bagian atas.

Cara mengatasi perut gatal saat hamil

Gatal saat hamil tidak boleh dibiarkan karena bisa berkembang menjadi kondisi yang lebih serius. Cobalah beberapa cara mengatasi perut gata saat hamil di bawah ini :

Jangan menggaruk berlebihan

Dorongan saat hamil memang cukup kuat. Akan tetapi, sebaiknya Anda jangan sampai menggaruk perut yang gatal secara berlebihan. Bahkan Anda perlu menahan garukan dengan cara mengalihkan rasa gatal tersebut. Apabila Anda menggaruk dengan berlebihan maka akan menyebabkan iritasi pada kulit perut yang akan membuat gatal saat hamil semakin buruk lagi.

Jaga kelembaban perut

Rasa gatal akan mereda apabila kulit terjaga kelembabannya. Gunakanlah lotion yang lembut dan bebas pewangi untuk mengatasi perut gatal saat hamil.

Kompres dingin

Cara mengatasi perut gatal saat hamil bisa dilakukan dengan menggunakan kompres dingin. Berikanlah kompresan pada perut Anda dengan kain lap yang direndam dalam air dingin untuk mengurangi sensasi gatal.

Baca juga: Perut Terasa Gatal Saat Hamil, Bagaimana Mengatasinya?

Pakai minyak kelapa

Minyak kelapa bisa menjadi cara untuk mengurangi kekeringan pada kulit. Oleskan minyak pada perut yang gatal sepanjang kehamilan Anda untuk mengurangi kekeringan dan gatal.

Mandi Oatmeal

Mandi dengan oatmeal bisa menjadi cara untuk mengatasi perut gatal saat hamil. Caranya adalah dengan menambahkan secangkir oatmeal ke air hangat dan siram dengan itu. Cara ini akan membantu menenangkan kulit yang teriritasi dan mengurangi rasa gatal.