Terbit: 3 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Badan gemuk bisa diidentikkan dengan perut buncit. Perut buncit akan mengganggu penampilan seseorang sehingga dapat menurunkan rasa percaya diri. Selain itu, memiliki perut buncit juga membuat Anda sulit untuk memilih ukuran celana yang pas. Tentunya hal tersebut cukup mengganggu, bukan?

Perut Buncit Dapat Memicu Risiko Timbulnya 3 Penyakit Berbahaya ini

Perlu Anda ketahui bahwa perut buncit tidak hanya memberikan efek buruk pada penampilan saja, tetapi juga pada kesehatan. Sebab, ada beberapa penyakit yang akan mengintai kesehatan Anda yang memiliki perut buncit, diantaranya:

Diabetes Tipe 2

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang cukup berbahaya. Penyakit ini disebabkan oleh tingginya kadar gula darah dalam tubuh akibat terlalu banyak mengonsumsi makanan manis dan tinggi karbohidrat. Diabetes seringkali dikaitkan dengan obesitas, begitu pula dengan perut buncit. Hal ini dapat mengakibatkan tumpukan lemak visceral dapat mengganggu kerja insulin dan akhirnya berisiko diabetes tipe 2.

Kanker

Selain diabetes, penyakit yang sangat berbahaya dan banyak memakan korban adalah kanker. Kanker bisa menyerang siapa saja, terutama bagi Anda yang tidak menerapkan pola hidup sehat. Perut buncit juga dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kanker dikarenakan tumpukan-tumpuka lemak visceral akan menghasilkan senyawa bernama sitokin yang dapat menimbulkan peradangan di dalam tubuh. Peradangan ini yang nantinya akan memicu berubahnya sel sehat menjadi sel kanker. Jenis kanker yang diakibatkan oleh perut buncit adalah kanker payudara dan kolorektal.

Serangan Jantung

Selain dapat memicu diabetes dan kanker, tumpukan lemak pada perut juga bisa memicu terjadinya peradangan yang berisiko menimbulkan penyakit jantung. Lemak visceral yang menumpuk dapat menghasilkan zat sitokin yang mampu meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung. Selain itu, lemak visceral juga berkaitan dengan kolesterol yang tinggi. Seperti yang Anda ketahui bahwa kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko timbulnya penyakit jantung.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi