4 Perubahan Alami Setelah Melahirkan yang Dirasakan oleh Semua Ibu

doktersehat melahirkan dengan vakum

DokterSehat.Com– Dalam setiap hubungan suami istri, kehamilan adalah sebuah momen ditunggu-tunggu. Sebab, salah satu alasan berumah tangga adalah memperoleh keturunan. Maka tak heran, jika begitu banyak pasangan muda yang menerapkan berbagai cara untuk segera mendapatkan keturunan.

Saat sedang mengandung, biasanya terjadi perubahan hormon yang akan memengaruhi bentuk tubuh seorang wanita. Hal tersebut merupakan kondisi yang wajar dan akan dialami oleh setiap wanita hamil. Namun, tidak sampai di situ saja. Pasalnya, setelah melahirkan, seorang wanita juga akan mengalami perubahan alami yang tak terduga sebelumnya. Apa saja perubahan tersebut? Berikut diantaranya:

1. Perut Buncit

Saat sedang hamil, perut akan membesar dan puncaknya pada usia ke sembilan bulan. Namun, setelah melahirkan, ternyata perut buncit tersebut masih kelihatan hingga beberapa waktu. Anda tak perlu khawatir, sebab perut bunci tersebut akan merata dengan sendirinya. Untuk mempercepat, Anda bisa melakukan olahraga ringan atau senam secara rutin.

2. Sering Ngompol

Mungkin terkesan lucu dan aneh, tapi inilah faktanya. Pada beberapa kasus terjadi, wanita yang baru melahirkan justru rentan mengalami ngompol, alias kencing di celana. Hal itu terjadi akibat masih tidak normalnya saluran kemih sehingga kencing menjadi tak terkendali, bahkan ketawa dan batuk saja bisa menyebabkan air seni keluar.

3. Bentuk Payudara Berubah

Setelah melahirkan, payudara akan menjadi lebih besar dan padat. Jika dipegang, maka akan terasa sangat padat. Hal tersebut dikarenakan payudara telah penuh dengan ASI yang akan digunakan untuk menyusui sang buah hati. Biasanya, payudara yang membesar itu akan mengempis sampai sang anak benar-benar tidak menyusu lagi.

4. Tidak Haid

Setelah melahirkan, seorang wanita tidak akan mendapatkan haid secara langsung. Hal ini sering menjadikan wanita takut dan khawatir, padahal tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Sebab, tidak haid setelah melahirkan adalah hal yang wajar. Biasanya, siklus haid akan kembali normal setelah beberapa minggu atau bulan dari hari persalinan.