Terbit: 12 Januari 2020 | Diperbarui: 13 Januari 2020
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Salah satu kegiatan yang biasa kita lakukan hampir setiap minggu adalah memotong kuku. Tak hanya membuatnya menjadi lebih rapi, memotong kuku juga bisa mencegah kuku patah atau risiko tercakar tanpa sengaja. Hanya saja, jika dicermati, kuku jari tangan cenderung lebih cepat tumbuh dibandingkan dengan kuku jari kaki. Apa penyebab dari hal ini?

Mengapa Kuku Tangan Lebih Cepat Tumbuh daripada Kuku Kaki?

Penyebab Kuku Jari Tangan Tumbuh Lebih Cepat

Kita bisa memotong kuku setiap seminggu sekali atau beberapa hari sekali, namun khusus untuk kuku kaki, bisa saja kita baru memotongnya setiap beberapa minggu. Sebelum membahas tentang perbedaan pertumbuhan kuku ini, kita sebaiknya memahami bagaimana cara kuku tumbuh terlebih dahulu.

Sebagaimana tulang dan gigi, kuku cenderung lebih keras dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya. Hal ini disebabkan oleh kadar cairan di dalam bagin tubuh ini yang sangat minim. Sementara itu, sebagian besar pembentuk kuku adalah protein berjenis keratin yang sebenarnya bisa ditemukan di dalam rambut dan juga kulit.

Di bagian bawah kulit, tepatnya di bagian jari, terdapat semacam kantong kecil yang dikenal sebagai matriks kuku. Di bagian inilah sel-sel baru kuku dibentuk. Sel-sel ini akan terus mendorong sel-sel kuku yang sudah lama dan mengeras sehingga membuat kuku terus tumbuh dan memanjang.

Jika kita mengecek di bagian pangkal kuku, terdapat bagian putih yang disebut sebagai lunula. Bagian inilah yang sebenarnya adalah sel-sel baru kuku yang akan terus mendorong sel-sel kuku lama.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Tempo Scan Baby Fair - Advertisement

Pakar kesehatan menyebut pertumbuhan kuku jari tangan bisa sampai tiga kali lebih cepat jika dibandingkan dengan kuku jari kaki. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul American Academy of Dermatology, disebutkan bahwa setiap hari kuku jari tangan tumbuh sekitar 0,1 mm. Di setiap bulan, pertumbuhannya sekitar 3 mm. Hanya saja, terkadang pertumbuhan kuku ini bisa lebih cepat pada sebagian orang.

Satu hal yang pasti, pertumbuhan kuku jari tangan cenderung lebih cepat dari jari kaki. Hal ini disebabkan oleh letak jari tangan yang lebih dekat dengan jantung. Dampaknya adalah sirkulasi darah menuju jari tangan tentu akan lebih cepat dibandingkan dengan yang menuju ke jari kaki.

Faktor lain yang bisa mempengaruhi pertumbuhan kuku adalah usia. Pakar kesehatan menyebut kuku orang dewasa cenderung tidak tumbuh secepat kuku anak-anak. Selain itu, di musim panas, kuku juga cenderung lebih cepat tumbuh dibandingkan dengan saat musim hujan atau di suhu yang jauh lebih rendah.

Tips Merawat Kuku

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa cara yang bisa kita lakukan demi menjaga kuku tetap sehat dan kuat. Berikut adalah cara-cara tersebut.

  1. Menjaganya Tetap Kering

Jari tangan yang sering berada dalam kondisi basah atau terendam ternyata lebih rentan rusak, lho. Hal ini disebabkan oleh bakteri atau jamur yang bisa berkembang dengan lebih pesat. Kita bisa mencegahnya dengan memakai sarung tangan karet jika mencuci atau memakai cairan lainnya dalam waktu yang cukup lama.

  1. Menjaga Kebersihannya

Pastikan untuk mengguntingnya secara rutin agar kuku terjaga kebersihannya dan tidak mudah terselip kotoran di bagian bawah kuku.

  1. Jangan Menggigitnya

Meski terlihat sepele, kuku yang sering digigit cenderung mudah rusak. Hal ini juga meningkatkan risiko terkena masalah jamur atau infeksi.

  1. Jangan Sering Memakai Kuteks

Penggunaan cat kuku atau kuteks, khususnya yang memiliki kandungan aseton bisa menyebabkan kerusakan kuku seperti pecah-pecah atau kuku rapuh.

 

Sumber:

  1. Kirschner, Chanie. 2015. Why do fingernails grow faster than toenails?. www.mnn.com/health/fitness-well-being/stories/why-do-fingernails-grow-faster-than-toenails (Diakses pada 12 Januari 2020).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi